SILABUS
Nama Madrasah :
Mata Pelajaran :
FIQIH
Kelas/Semester :
II / I
Standar Kompetensi : Mampu melakukan shalat dengan
menserasikan bacaan, gerakan dan mengerti syarat sah shalat dan yang
membatalkannya,
Alokasi Waktu :
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER/
BAHAN/ALAT
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.
Menjelaskan tata cara pelaksanaan shalat fardlu.
|
Tata cara shalat fardlu.
|
1. Siswa memperhatikan contoh bacaan lafadz niat shalat fardlu melalui
ucapan guru.
2. Siswa menirukan bacaan niat shalat fardlu secara berkelompok.
3. Siswa mengucapkan lafadz niat shalat fardlu secara bergantian
4. Siswa memperhatikan tayangan VCD tentang pelaksanaan shalat
yang benar.
5. Siswa mempraktekan shalat fardlu lengkap dengan bacaannya
secara bergantian
6.
Siswa mengisi monitor ibadah shalat fardlu dan
melaporkan kepada guru.
7.
Siswa menuliskan urutan pelaksanaan shalat
fardlu pada lembar kerja.
|
1. Hafal niat shalat fardlu.
2. Hafal bacaan shalat fardlu.
3. Memperagakan gerakan shalat fardlu.
4.
Menyeserasikan gerakan dengan bacaan shalat
fardlu.
5.
Mau melaksanakan shalat Fardlu dengan benar.
6. Terbiasa melaksanakan shalat fardlu.
|
Jenis Tagihan:
1. Tugas Indivdu
2. Tugas kelompok
Bentuk Tagihan :
1. testertulis :
PG, isian dan uraian.
2. tes lisan.
Performance, Praktek
|
8 x 35 menit
|
Buku Sumber yang sesuai dengan materi,VCD dan LKS.
|
2. Menyebutkan ketentuan shalat fardlu
|
Shalat Fardlu
|
1.
Siswa membaca teks tentang syarat wajib shalat.melalui
lagu.
2.
Secara berkelompok siswa
berlomba menepelkan potongan teks syarat wajib shalat dalam lembar
kerja dan yang selesai lebih dahulu menempelkan di papan pajangan.
3.
Siswa memperhatikan guru
tentang penjelasan syarat syah shalat.
4.
Siswa berlomba dan
berkelompok menyebutkan dan menuliskan
syarat syah shalat dalam lembar kerja.
5.
Siswa membaca teks rukun shalat melalui lagu.secara bersama
sama.
6.
Siswa memperhatikan guru mempraktekan rukun shalat yang bersifat
afal (perbuatan) dan mengucapkan rukun shalat yang bersifat qauliah
(ucapan).
7.
Dengan berkelompok dan berlomba siswa menyusun potongan
tulisan rukun shalat secara urut dan yang sudah selesai langsung menempelkan
pada papan pajang.
8.
Siswa berkelompok mencari bahan diperpustakaan tentang
hal-hal yang sunah dalam shalat dan hal-hal yang membatalkan shalat.
9.
Siswa melaporkan hasil kerjanya tentang materi sunah dalam
shalat dan hal-hal yang mebatalkan shalat.
|
1. Menyebutkan syarat wajib syalat.
2. Menyebutkan syarat syah shalat
3. menyebutkan rukun shalat.
4. Menyebutkan sunah dalam shalat.
5. Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat.
|
Jenis Tagihan:
1.
Tugas Indivdu
2.
Tugas kelompok
Bentuk Tagihan :
1. tes tertulis :
PG, isian dan uraian.
2. tes lisan.
Pofermance.
|
16 x 35 menit
|
Buku Sumber yang sesuai dengan materi,VCD dan LKS.
|
SILABUS
Nama Madrasah :
MI ABU BAKAR
Mata Pelajaran :
FIQIH
Kelas/Semester :
II / II (dua)
Standar
Kompetensi :
Mampu melakukan shalat dengan menserasikan bacaan, gerakan dan mengerti syarat
sah shalat dan yang membatalkannya,
Alokasi Waktu :
17 x 2 x 35 menit
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER/
BAHAN/ALAT
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1. Melaksana kan adzan dan iqamah dengan benar
|
Adzan dan
iqamah, jawaban bacaan adzan dan doa setelah adzan
|
1.
siswa mendengarkan suara adzan, iqamah dan doa
setelah adzan dari tape ricorder/melihat di VCD
2.
Siswa mempraktekan adzan dan iqamah secara
bergiliran dan temannya menjawab bacaan adzan dan iqamah.
3.
Setelah mendengar bacaan adzan, iqamah di
VCD/kaset, siswa mengucapkan doa setelah Adzan dan Iqamah di bawah bimbingan
guru.
4.
Siswa menepekan bacaan adzan , iqamah dan doa
setelah adzan pada lembar kerja.
5.
Siswa melaksanakan adzan dan iqamah setiap
setiap waktu shalat .
|
1.
Melafalkan adzan dan iqomah
2.
Menjawab bacaan adzan dan iqomah
3.
Membaca doa setelah adzan
4.
Melaksanakan adzan dan iqomah
|
Jenis Tagihan:
1.
Tugas Indivdu
2.
Tugas kelompok
Bentuk Tagihan :
1.
tes tertulis :
PG, isian dan uraian.
2.
tes lisan. Performance,Praktek
|
12 x 35 menit
|
Buku Sumber yang sesuai dengan materi,VCD dan LKS.
|
2. Melaksanakan doa
qunut dalam shalat.
|
Qunut dalam shalat
|
1. Medengarkan lafadz qunut yang diucapkan guru
2. Menghafal doa qunut dengan gams. Dan mebaca berulang-ulang.
3. Secara bergantian siswa mebacakan doa qunut didepan teman
temannya.
4. Siswa menyusun potongan-potongan kalimat doa qunut dengan
menempel pada LKS.
5. Mebiasakan membaca doa qunut dalam shalat.
|
1.
Melafalkan doa qunut
2.
Hafal doa qunut
3.
Mempraktekkan doa qunut.
4.
Mampu melaksanakan doa qunut
dalam shalat.
|
Jenis Tagihan:
1.
Tugas Indivdu
2.
Tugas kelompok
Bentuk Tagihan :
1.
tes tertulis :
PG, isian dan uraian.
2.
tes lisan. Performance, Praktek
|
10 x 35 menit
|
Buku Sumber yang sesuai dengan materi,VCD dan LKS.
|
3.
Melaksanakan dzikir dan doa
setelah shalat.
|
Dzikir dan doa setelah shalat.
|
1. Siswa mendengarkan dan memperhatikan ucapan dzikir setelah
shalat ( Istighfar,tasbih dan tahmid.
2. Siswa secara bergantian mengucapkkan bacaan, Istighfar tasbih
dan tahmid.
3. Siswa membaca doa untuk kedua orang tua dan doa kebahagiaan
dunia akhirat pada buku doa atau buku lainnya
4. Siswa mepraktekan dziki dan doa setelah shalat fardlu.
|
1.
Hafal bacaan istigfar, tasbih,
tahmid dan takbir.
2.
Hafal doa untuk orang tua dan
doa kebahagiaan dunia dan akhirat.
3.
Mempraktekan dzikir dan doa
setelah shalat fardlu.
4.
Mampu melaksanakan dzikir dan
doa setelah shalat.
|
Jenis Tagihan:
1.
Tugas Indivdu
2.
Tugas kelompok
Bentuk Tagihan :
1.
tes tertulis :
PG, isian dan uraian.
2.
tes lisan. Performance,Praktek
|
12 x 35 menit
|
Buku Sumber yang sesuai dengan materi,VCD dan LKS.
|
No comments:
Post a Comment