Search This Blog

Monday, 2 January 2017

SILABUS FIQIH KELAS 2 SEMESTER 1 DAN 2 2017

SILABUS

Nama Madrasah                   :
Mata Pelajaran                      : FIQIH
Kelas/Semester                      : II / I
Standar Kompetensi             : Mampu melakukan shalat dengan menserasikan bacaan, gerakan dan mengerti syarat sah shalat dan yang membatalkannya,
Alokasi Waktu                       :

KOMPETENSI  DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/
BAHAN/ALAT
1
2
3
4
5
6
7
1.      Menjelaskan tata cara pelaksanaan shalat fardlu.
Tata cara shalat fardlu.
1.      Siswa memperhatikan contoh bacaan lafadz niat shalat fardlu melalui ucapan guru.
2.      Siswa menirukan bacaan niat shalat fardlu secara berkelompok.
3.      Siswa mengucapkan lafadz niat shalat fardlu secara bergantian
4.      Siswa memperhatikan tayangan VCD tentang pelaksanaan shalat yang benar.
5.      Siswa mempraktekan shalat fardlu lengkap dengan bacaannya secara bergantian
6.      Siswa mengisi monitor ibadah shalat fardlu dan melaporkan kepada guru.
7.      Siswa menuliskan urutan pelaksanaan shalat fardlu pada lembar kerja.
1.      Hafal niat shalat fardlu.        
2.      Hafal bacaan shalat fardlu.
3.      Memperagakan gerakan shalat fardlu.
4.      Menyeserasikan gerakan dengan bacaan shalat fardlu.
5.      Mau melaksanakan shalat Fardlu dengan benar.
6.      Terbiasa melaksanakan shalat fardlu.  

Jenis Tagihan:  
1.      Tugas Indivdu
2.      Tugas kelompok     

Bentuk Tagihan :
1.      testertulis :                   PG, isian dan uraian.
2.      tes lisan.                 Performance, Praktek
8 x 35 menit
Buku Sumber yang sesuai dengan materi,VCD dan LKS.
2.      Menyebutkan ketentuan shalat fardlu
Shalat Fardlu
1.      Siswa membaca teks tentang syarat wajib shalat.melalui lagu.
2.      Secara berkelompok siswa                                                                                    berlomba menepelkan potongan teks syarat wajib shalat dalam lembar kerja dan yang selesai lebih dahulu menempelkan di papan pajangan.
3.      Siswa memperhatikan guru                                                                              tentang penjelasan syarat syah shalat.                                                                               
4.      Siswa  berlomba dan berkelompok menyebutkan  dan menuliskan syarat syah shalat dalam lembar kerja.               
5.      Siswa membaca teks rukun shalat melalui lagu.secara bersama sama.                                                                      
6.      Siswa memperhatikan guru mempraktekan rukun shalat yang bersifat afal (perbuatan) dan mengucapkan rukun shalat yang bersifat qauliah (ucapan).                                          
7.      Dengan berkelompok dan berlomba siswa menyusun potongan tulisan rukun shalat secara urut dan yang sudah selesai langsung menempelkan pada papan pajang.                
8.      Siswa berkelompok mencari bahan diperpustakaan tentang hal-hal yang sunah dalam shalat dan hal-hal yang membatalkan shalat.                                                           
9.      Siswa melaporkan hasil kerjanya tentang materi sunah dalam shalat dan hal-hal yang mebatalkan shalat.                   
1.      Menyebutkan syarat wajib syalat.
2.      Menyebutkan syarat syah shalat
3.      menyebutkan rukun shalat.
4.      Menyebutkan sunah dalam shalat.
5.      Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat.                                                                       
  
                                    

Jenis Tagihan:
1.      Tugas Indivdu
2.      Tugas kelompok



Bentuk Tagihan :
1.      tes tertulis :
PG, isian dan uraian.      
2.      tes lisan.
      Pofermance.
                 
16 x 35 menit

Buku Sumber yang sesuai dengan materi,VCD dan LKS.













SILABUS


Nama Madrasah                   : MI ABU BAKAR
Mata Pelajaran                      : FIQIH
Kelas/Semester                      : II / II (dua)
Standar Kompetensi             : Mampu melakukan shalat dengan menserasikan bacaan, gerakan dan mengerti syarat sah shalat dan yang membatalkannya,
Alokasi Waktu                       : 17 x 2 x 35 menit

KOMPETENSI  DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/
BAHAN/ALAT
1
2
3
4
5
6
7
1.      Melaksana kan adzan dan iqamah dengan benar
Adzan dan iqamah, jawaban bacaan adzan dan doa setelah adzan
1.       siswa mendengarkan suara adzan, iqamah dan doa setelah adzan dari tape ricorder/melihat di VCD
2.       Siswa mempraktekan adzan dan iqamah secara bergiliran dan temannya menjawab bacaan adzan dan iqamah.
3.       Setelah mendengar bacaan adzan, iqamah di VCD/kaset, siswa mengucapkan doa setelah Adzan dan Iqamah di bawah bimbingan guru.
4.       Siswa menepekan bacaan adzan , iqamah dan doa setelah adzan pada lembar kerja.
5.       Siswa melaksanakan adzan dan iqamah setiap setiap waktu shalat .
1.      Melafalkan adzan dan iqomah
2.      Menjawab bacaan adzan dan iqomah
3.      Membaca doa setelah adzan
4.      Melaksanakan adzan dan iqomah
Jenis Tagihan:
1.      Tugas Indivdu
2.      Tugas kelompok

Bentuk Tagihan :       
1.      tes tertulis :
PG, isian dan uraian.
2.      tes lisan.                 Performance,Praktek
12 x 35 menit
Buku Sumber yang sesuai dengan materi,VCD dan LKS.
2.      Melaksanakan doa qunut dalam shalat.
Qunut dalam shalat
1.      Medengarkan lafadz qunut yang diucapkan guru
2.      Menghafal doa qunut dengan gams. Dan mebaca berulang-ulang.
3.      Secara bergantian siswa mebacakan doa qunut didepan teman temannya.
4.      Siswa menyusun potongan-potongan kalimat doa qunut dengan menempel pada LKS.
5.      Mebiasakan membaca doa qunut dalam shalat.                   
1.      Melafalkan doa qunut
2.      Hafal doa qunut
3.      Mempraktekkan doa qunut.
4.      Mampu melaksanakan doa qunut dalam shalat.                                                                       
  
                                    

Jenis Tagihan:
1.      Tugas Indivdu
2.      Tugas kelompok

Bentuk Tagihan :       
1.      tes tertulis :
PG, isian dan uraian.
2.      tes lisan.                 Performance, Praktek                
10 x 35 menit

Buku Sumber yang sesuai dengan materi,VCD dan LKS.
3.      Melaksanakan dzikir dan doa setelah shalat.
Dzikir dan doa setelah shalat.
1.      Siswa mendengarkan dan memperhatikan ucapan dzikir setelah shalat ( Istighfar,tasbih dan tahmid.
2.      Siswa secara bergantian mengucapkkan bacaan, Istighfar tasbih dan tahmid.
3.      Siswa membaca doa untuk kedua orang tua dan doa kebahagiaan dunia akhirat pada buku doa atau buku lainnya
4.      Siswa mepraktekan dziki dan doa setelah shalat fardlu.
1.      Hafal bacaan istigfar, tasbih, tahmid dan takbir.
2.      Hafal doa untuk orang tua dan doa kebahagiaan dunia dan akhirat.
3.      Mempraktekan dzikir dan doa setelah shalat fardlu.
4.      Mampu melaksanakan dzikir dan doa setelah shalat.
Jenis Tagihan:
1.      Tugas Indivdu
2.      Tugas kelompok

Bentuk Tagihan :       
1.      tes tertulis :
PG, isian dan uraian.
2.      tes lisan.                 Performance,Praktek    
12 x 35 menit
Buku Sumber yang sesuai dengan materi,VCD dan LKS.




No comments:

Post a Comment