
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata
Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas
/ Semester : IV ( Empat ) / 1 ( Ganjil
)
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
1. Menghafal
surat-surat pendek secara benar dan fasih
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Membaca
surat al-‘Adiyat dan surat al-Insyirah secara benar dan fasih
C. MATERI PELAJARAN
§ Surat al-‘Adiyat dan surat al-Insyiraah
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Drill
§ Imla’
§ Demonstrasi
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pertemuan
I:
Pendahuluan
§
Memberikan motivasi betapa pentingnya belajar al Qur’an
§
Guru mengajak siswa mengingat kembali bacaan
surat-surat pendek yang pernah dipelajari ke kelas 3.
Kegiatan Inti
§ Siswa mengamati guru melafalkan satu ayat demi satu
ayat surat al Adiyat dengan benar
§ Siswa memberi tanggapan terhadap bacaan guru (Eksploasi).
§ Siswa secara bersama-sama melafalkan bacaan surat al
Adiyat seperti yang dicntohkan guru (Eksplorasi).
§
Siswa secara acak ditunjuk untuk melafalkan surat al
Adiyat secara benar (Elaborasi)
§
Guru membacakan potongan salah satu ayat surat Al
Adiyat kemudian siswa melanjutkannya
(Elaborasi).
§
Siswa menuliskan surat al Adiyat secara benar dan
rapi.
Kegiatan
Penutup
§
Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari.
§
Guru memberikan reward kepada siswa yang hafal dengan
lancar dan menulis dengan rapi dan benar.
|
5 Menit
60
Menit
5 Menit
|
|
2.
|
Pertemuan II:
Pendahuluan
§
Memberikan
kembali motivasi betapa pentingnya
belajar al Qur’an.
§
Guru mengajak siswa membacakan kembali secara
bersama-sama bacaan
Kegiatan Inti
§
Siswa mengamati
guru melafalkan satu ayat demi satu ayat surat al Insyiraah dengan benar. (eksplorasi)
§
Siswa mengomentari bacaan yang telah dilakukan guru
(Eksplorasi).
§ Siswa secara bersama-sama melafalkan bacaan surat al
Insyiraah seperti yang dicntohkan guru (Elaborasi)
§
Siswa secara acak ditunjuk untuk melafalkan surat al
Insyiraah secara benar (Elaborasi)
§
Guru membacakan potongan salah satu ayat surat al
Insyiraah kemudian siswa melanjutkannya.
§
Siswa menuliskan surat al Insyiraah secara benar dan
rapi. (konfirmasi)
Kegiatan
Penutup
§
Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari.
§
Guru memberikan reward kepada siswa yang hafal dengan
lancar dan menulis dengan rapi dan benar.
|
5 Menit
60
Menit
5 Menit
|
|
3.
|
Pertemuan III:
Pendahuluan
§
Memberikan motivasi betapa pentingnya belajar al
Qur’an. Apalagi sampai mengerti betul maknanya.
§
Guru mengajak
siswa membacakan kembali secara bersama-sama bacaan
Kegiatan Inti
§
Siswa mengamati
penjelasan tenang kandungan surat al Adiyat dan al Insyiraah dengan benar
(Eksplorasi)
§
Siswa menanggapi penjelasan yang disampaikan guru
((Elaborasi)
§
Siswa secara bersama-sama melafalkan bacaan surat al
Adiyal dan al Insyiraah yang telah dihafalnya (Elaborasi)
§
Siswa secara acak ditunjuk untuk melafalkan surat al
Adiyat dan al Insyiraah secara benar
(Elaborasi).
§
Guru membacakan potongan salah satu ayat surat al
Adiyat dan al Insyiraah kemudian siswa
melanjutkannya.
§
Siswa menuliskan salah satu ayat dari surat al Adiyat
atau al Insyiraah dengan huruf kaligrafi
Kegiatan Penutup
§
Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari.
§
Guru memberikan reward kepada siswa yang telah menulis
kaligrafi dengan rapi dan benar.
|
5 Menit
60
Menit
5 Menit
|
F.
MEDIA / SUMBER
§ Kaset VCD al-Qur’an
§ Qori’
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Melafalkan tiap ayat dari surat Al-‘Adiyat
§ Membaca tiap ayat surat Al-‘Adiyat
§ Membaca surat Al-‘Adiyat secara keseluruhan
§ Melafalkan tiap ayat dari surat Al- Insyiroh
§ Membaca tiap ayat surat Al- Insyiroh
§ Membaca surat Al- Insyiroh secara keseluruhan
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan surat Al-‘Adiyat secara keseluruhan!
§ Sebutkan surat Al- Insyiroh secara keseluruhan!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : IV ( Empat ) / 1 ( Ganjil
)
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
1. Menghafal
surat-surat pendek secara benar dan fasih
B. Kompetensi Dasar
1.2 Menghafalkan
surat al-‘Adiyat secara benar dan fasih
C. MATERI PELAJARAN
§ Surat al-‘Adiyat dan surat al-Insyiraah
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Drill
§ Imla’
§ Demonstrasi
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pertemuan
I:
Pendahuluan
§
Memberikan motivasi betapa pentingnya belajar al Qur’an
§
Guru mengajak siswa mengingat kembali bacaan
surat-surat pendek yang pernah dipelajari ke kelas 3.
Kegiatan Inti
§
Siswa mengamati guru melafalkan satu ayat demi satu
ayat
§
Siswa memberi tanggapan terhadap bacaan guru
(Eksploasi).
§
Siswa secara bersama-sama melafalkan bacaan
§
Siswa secara acak ditunjuk untuk melafalkan
§
Guru membacakan potongan salah satu ayat
§
Siswa menuliskan
Kegiatan
Penutup
§
Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari.
§
Guru memberikan reward kepada siswa yang hafal dengan
lancar dan menulis dengan rapi dan benar.
|
5 Menit
60
Menit
5 Menit
|
|
2.
|
Pertemuan II:
Pendahuluan
§
Memberikan
kembali motivasi betapa pentingnya
belajar al Qur’an.
§
Guru mengajak siswa membacakan kembali secara
bersama-sama bacaan
Kegiatan Inti
§
Siswa mengamati guru melafalkan satu ayat demi satu
ayat
§
Siswa mengomentari bacaan yang telah dilakukan guru
(Eksplorasi).
§
Siswa secara bersama-sama melafalkan bacaan
§
Siswa secara acak ditunjuk untuk melafalkan
§
Guru membacakan potongan salah satu ayat
§
Siswa menuliskan
Kegiatan
Penutup
§
Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari.
§
Guru memberikan reward kepada siswa yang hafal dengan
lancar dan menulis dengan rapi dan benar.
|
5 Menit
60
Menit
5 Menit
|
|
3.
|
Pertemuan III:
Pendahuluan
§
Memberikan motivasi betapa pentingnya belajar al
Qur’an. Apalagi sampai mengerti betul maknanya.
§
Guru mengajak
siswa membacakan kembali secara bersama-sama bacaan
Kegiatan Inti
§
Siswa mengamati
penjelasan tenang kandungan
§
Siswa menanggapi penjelasan yang disampaikan guru
((Elaborasi)
§
Siswa secara bersama-sama melafalkan bacaan
§
Siswa secara acak ditunjuk untuk melafalkan
§
Guru membacakan potongan salah satu ayat
§
Siswa menuliskan salah satu ayat dari
Kegiatan
Penutup
§
Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari.
§
Guru memberikan reward kepada siswa yang telah menulis
kaligrafi dengan rapi dan benar.
|
5 Menit
60
Menit
5 Menit
|
F.
MEDIA / SUMBER
§ Kaset VCD al-Qur’an
§ Qori’
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Melanjutkan potongan ayat secara acak dalam surat
‘Al-‘Adiyat tanpa melihat Al-Qur’an
§ Menyebutkan nomor ayat ketika surat al-‘Adiyat dibaca
secara acak
§ Menghafal surat al-‘Adiyat
§ Melanjutkan potongan ayat secara acak dalam surat
‘Al-Insyirah tanpa melihat Al-Qur’an
§ Menyebutkan nomor ayat ketika surat al-Insyirah dibaca
secara acak
§ Menghafal surat al-Insyirah secara benar dan fasih
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan nomor ayat ketika surat al-‘Adiyat dibaca
secara acak!
§ Sebutkan nomor ayat ketika surat al-Insyirah dibaca
secara acak!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : IV ( Empat ) / 1 ( Ganjil
)
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
2. Memahami
arti surat-surat pendek
B.
Kompetensi Dasar
2.1 Mengarti-kan
surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar
C. MATERI PELAJARAN
§ Surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Penugasan
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/
SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
10
menit
|
|
§
Salam pembuka dengan cara menyapa siswa tentang keadaan
kesehatan dan kesiapan dalam menerima pelajaran hari ini
§
Memberikan motifasi dan penjelasan awal tentang target
yuang harus dikuasai siswa setelah belajar
§
Mengadakan appersepsi melafalkan surat-surat pendek
(drill)
§
Membentuk kelompok kecil maksimal 2 orang anak
§
Mendesain kelas dalam bentuk melingkar besar (lesehan
di musola)
|
Teknik
pembagian kelompok
|
||
2.
|
KEGIATAN INTI
|
45
menit
|
|
§
Siswa menyimak penjelasan guru tentang,
§
Guru memberi contoh pelafalan
§
Siswa menirukan pelafalan
§
Siswa mengulang pelafalan yang dicontohkan oleh guru
tentang
§
Secara berkelompok siswa membaca arti kata
§
Bermain game mencocokkan arti kata dengan penggalan
kata
§
Secara berkelompok siswa mengartikan
§
Mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
§
Bermain adu cepat menyusun ayat dan artinya
§
Hafalan
|
Guru, slide, tape recorder
Instrumen kuis
Instrument kuis dan kartu ayat
Papan penilaian
|
||
3.
|
PENUTUP
|
5
menit
|
|
§
Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan
§
Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan
menghafalkan
§
Memberikan penghargaan kepada siswa yang telah mendapat
penilaian maksimal
|
Instrumen
tugas individu
|
F. MEDIA / SUMBER
§ Depag, Al-Qur’an de-ngan terjema-hannya
§ Buku paket dan kartu ayat terjemah
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menyebutkan terjemahan ayat-ayat dalam surat an-Nashr
secara acak
§ Meneruskan terjemahan ayat-ayat dalam surat an-Nashr
§ Menterjemahkan surat an-Nashr secara keseluruhan
§ Menyebutkan terjemah-an ayat-ayat dalam surat al-Kautsar secara acak
§ Meneruskan terjemahan ayat-ayat dalam surat al-Kautsar
§ Menterjemahkan surat al-Kautsar secara keselu-ruhan
|
Tes tulis
Tes lisan
|
Tes subyekti
Unjuk prestasi
|
§ Sebutkan surat an-Nashr secara keseluruhan!
§ Sebutkan surat al-Kautsar secara keselu-ruhan!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : IV ( Empat ) / 1 ( Ganjil
)
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
2. Memahami
arti surat-surat pendek
B.
Kompetensi Dasar
2.2 Memahami
isi kandungan surat An-nashr dan Al-Kautsar seca-ra sederhana
C. MATERI PELAJARAN
§ Surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Penugasan
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/
SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
10
menit
|
|
§
Salam pembuka dengan cara menyapa siswa tentang keadaan
kesehatan dan kesiapan dalam menerima pelajaran hari ini
§
Memberikan motifasi dan penjelasan awal tentang target
yuang harus dikuasai siswa setelah belajar
§
Mengadakan appersepsi melafalkan surat-surat pendek
(drill)
§
Membentuk kelompok kecil maksimal 2 orang anak
§
Mendesain kelas dalam bentuk melingkar besar (lesehan
di musola)
|
Teknik
pembagian kelompok
|
||
2.
|
KEGIATAN INTI
|
45
menit
|
|
§
Membaca terjemah surat an-Nashr
§
Membuat kesimpulan dari terjemahan tiap ayat tentang
tema-tema yang terkandung didalamnya
§
Mendengarkan penjelasan tentang isi kandungan surat
an-Nashr
§
Menjelaskan isi kandungan surat an-Nashr
§
Membaca terjemah surat al-Kautsar
§
Membuat kesimpulan dari terjemahan tiap ayat tentang
tema-tema yang terkandung didalamnya
§
Mendengarkan penjelasan tentang isi kandungan surat
al-Kautsar
§ Menjelaskan isi
kandungan
|
Guru, slide, tape recorder
Instrumen kuis
Instrument kuis dan kartu ayat
Papan penilaian
|
||
3.
|
PENUTUP
|
5
menit
|
|
§
Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan
§
Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan
menghafalkan
§
Memberikan penghargaan kepada siswa yang telah mendapat
penilaian maksimal
|
Instrumen
tugas individu
|
F. MEDIA / SUMBER
§ Depag, Al-Qur’an de-ngan terjema-hannya
§ Buku paket dan kartu ayat terjemah
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menyebutkan tema-tema yang terkandung dalam surat
An-nashr
§ Menyebutkan arti tasbih dan istighfar
§ Melafalkan tasbih dan istighfar
§ Menjelaskan maksud tasbih dan istighfar secara
sederhana
§ Menyebutkan manfaat tasbih dan istighfar
§ Meyebutkan tema-tema yang terkandung dalam surat
Al-Kautsar
§ Menyebutkan arti syukur nikmat
§ Melafalkan hamdalah sebagai salah satu bentuk syukur
nikmat
§ Menyebutkan manfaat membaca hamdalah
§ Menjelaskan maksud sholat sebagai wujud syukur nikmat
secara sederhana
§ Menyebutkan maksud berqurban sebagai wujud syukur
nikmat secara sederhana
|
Tes tulis
Tes lisan
|
Tes subyekti
Unjuk prestasi
|
§ Sebutkan tema-tema yang terkandung dalam surat An-nashr!
§ Jelaskan maksud tasbih dan istighfar secara sederhana!
§ Sebutkan tema-tema yang terkandung dalam surat
Al-Kautsar!
§ Jelaskan arti syukur nikmat!
§ Jelaskan maksud sholat sebagai wujud syukur nikmat
secara sederhana!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : IV ( Empat ) / 1 ( Ganjil
)
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
3. Memahami
kaidah ilmu tajwid
B. Kompetensi Dasar
3.1 Memahami
hukum baca-an idhhar khalqi dan ikhfa’ haqiqi
C. MATERI PELAJARAN
§ Idhhar Khalqi
§ Ikhfa’ Haqiqi
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Penugasan
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/
SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
10
menit
|
|
§ Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan
menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran yang
merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§ Menggali pengetahuan siswa dalam mengenal ilmu
tajwid
§ Membentuk kelompok kecil maksimal 4 anak
§ Mendesain kelas dalam bentuk kelompok kecil
|
Teknik
pembagian kelompok
|
||
2.
|
KEGIATAN INTI
|
45
menit
|
|
§ Siswa mendengarkan penjelasan tentang
pengertian idhhar khalqi dan ikhfa’ haqiqi
§ Siswa mendengarkan penjelasan tentang idhhar
khalqi dan ikhfa’ haqiqi
§ Membaca idhhar khalqi
dan ikhfa’ haqiqi dalam kata / kalimat
§ Menemukan bacaan idhhar khalqi
dan ikhfa’ haqiqi dalam ayat al-Qur’an
|
Guru,
slide, tape recorder
Juz
‘Amma
Instrumen
kuis
Papan
penilaian
|
||
3.
|
PENUTUP
|
5
menit
|
|
§ Secara klasikal guru mengulang kembali materi
yang telah dipelajari
§ Tanya jawab tentang materi yang belum
dimengerti
§ Menyampaikan tugas yang berkaitan dengan
materi yang telah disampaikan
|
Instrumen
tugas individu
|
F. MEDIA / SUMBER
§ Buku tajwid
§ Al-Qur’anul Karim
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menyebutkan arti idhhar khalqi
§ Menyebutkan huruf-huruf idhhar khalqi
§ Menyebutkan arti Ikhfa’ Haqiqi
§ Menyebutkan huruf-huruf Ikhfa’ Haqiqi
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Tes subyektif
Performance
|
§ Jelaskan arti idhhar khalqi!
§ Sebutkan huruf-huruf idhhar khalqi!
§ Jelaskan arti Ikhfa’ Haqiqi!
§ Sebutkan huruf-huruf Ikhfa’ Haqiqi!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : IV ( Empat ) / 1 ( Ganjil
)
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
3. Memahami
kaidah ilmu tajwid
B. Kompetensi Dasar
3.2 Menerap-kan
hukum bacaan idhhar khalqi dan ikhfa’ haqiqi
C. MATERI PELAJARAN
§ Idhhar Khalqi
§ Ikhfa’ Haqiqi
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Penugasan
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/
SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
10
menit
|
|
§ Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan
menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran yang
merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§ Menggali pengetahuan siswa dalam mengenal ilmu
tajwid
§ Membentuk kelompok kecil maksimal 4 anak
§ Mendesain kelas dalam bentuk kelompok kecil
|
Teknik
pembagian kelompok
|
||
2.
|
KEGIATAN INTI
|
45
menit
|
|
§ Mencari lafad bunyi kata yang mengandung
bacaan Idhhar Khalqi dalam ayat pilihan
§ Dengan dibimbing guru membaca dengan benar
ayat-ayat yang mengandung hukum bacaan Idhhar Khalqi
§ Mencari dan menemukan hukum bacaan Ikhfa’
haqiqi dalam ayat-ayat pilihan
§ Dengan dibimbing guru membaca ayat-ayat
pilihan yang mengandung hukum bacaan Ikhfa’ haqiqi
|
Guru,
slide, tape recorder
Juz
‘Amma
Instrumen
kuis
Papan
penilaian
|
||
3.
|
PENUTUP
|
5
menit
|
|
§ Secara klasikal guru mengulang kembali materi
yang telah dipelajari
§ Tanya jawab tentang materi yang belum
dimengerti
§ Menyampaikan tugas yang berkaitan dengan
materi yang telah disampaikan
|
Instrumen
tugas individu
|
F. MEDIA / SUMBER
§ Buku tajwid
§ Al-Qur’anul Karim
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Mengidentifikasi hukum bacaan Idhhar Khalqi dalam
ayat-ayat pilihan
§ Mendemonstrasikan contoh-contoh bacaan Idhhar Khalqi
§ Mengidentifikasi hukum bacaan Ikhfa’ haqiqi dalam
ayat-ayat pilihan
§ Mendemonstrasikan
contoh-contoh bacaan Ikhfa’ haqiqi
|
Tes lisan
Unjuk kerja
|
Tes subyektif
Uji petik karya
|
§ Sebutkan hukum bacaan Idhhar Khalqi dalam ayat-ayat
pilihan!
§ Sebutkan huruf-huruf idhhar khalqi!
§ Jelaskan arti Ikhfa’ Haqiqi!
§ Sebutkan huruf-huruf Ikhfa’ Haqiqi!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : IV ( Empat ) / 2 (
Genap )
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
4. Memahami
arti surat pendek dan hadits tentang Niat, Silaturahim
B.
Kompetensi Dasar
4.1 Mengartikan
surat Al-Lahab
C. MATERI PELAJARAN
§ Surat Al-Lahab
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Penugasan
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/
SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
10
menit
|
|
§
Salam pembuka dengan cara menyapa siswa tentang keadaan
kesehatan dan kesiapan dalam menerima pelajaran hari ini
§
Memberikan motifasi dan penjelasan awal tentang target
yuang harus dikuasai siswa setelah belajar
§
Mengadakan appersepsi melafalkan surat-surat pendek
(drill)
§
Membentuk kelompok kecil maksimal 2 orang anak
§
Mendesain kelas dalam bentuk melingkar besar (lesehan
di musola)
|
Teknik
pembagian kelompok
|
||
2.
|
KEGIATAN INTI
|
45
menit
|
|
§
Siswa menyimak penjelasan guru tentang,
§
Guru memberi contoh pelafalan
§
Siswa menirukan pelafalan
§
Siswa mengulang pelafalan yang dicontohkan oleh guru
tentang
§
Secara berkelompok siswa membaca arti kata
§
Bermain game mencocokkan arti kata dengan penggalan
kata
§
Secara berkelompok siswa mengartikan
§
Mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
§
Bermain adu cepat menyusun ayat dan artinya
§
Hafalan
|
Guru, slide, tape recorder
Instrumen kuis
Instrument kuis dan kartu ayat
Papan penilaian
|
||
3.
|
PENUTUP
|
5
menit
|
|
§
Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan
§
Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan
menghafalkan
§
Memberikan penghargaan kepada siswa yang telah mendapat
penilaian maksimal
|
Instrumen
tugas individu
|
F. MEDIA / SUMBER
§ Kartu ayat dan tafsir Al-Qur’an
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menyebutkan terjemahan ayat-ayat dalam surat Al-Lahab
secara acak
§ Meneruskan terjemahan ayat-ayat dalam surat Al-Lahab
§ Menterjemahkan surat Al-Lahab secara keseluruhan
|
Tes tulis
Tes lisan
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan terjemahan ayat-ayat dalam surat Al-Lahab
secara acak!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : IV ( Empat ) / 2 (
Genap )
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
4. Memahami
arti surat pendek
B.
Kompetensi Dasar
4.2 Menjelas-kan
isi kan-dungan surat Al-Lahab secara sederhana
C. MATERI PELAJARAN
§ Terjemahan surat al-lahab
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Penugasan
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/
SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
10
menit
|
|
§
Salam pembuka dengan cara menyapa siswa tentang keadaan
kesehatan dan kesiapan dalam menerima pelajaran hari ini
§
Memberikan motifasi dan penjelasan awal tentang target
yuang harus dikuasai siswa setelah belajar
§
Mengadakan appersepsi melafalkan surat-surat pendek
(drill)
§
Membentuk kelompok kecil maksimal 2 orang anak
§
Mendesain kelas dalam bentuk melingkar besar (lesehan
di musola)
|
Teknik
pembagian kelompok
|
||
2.
|
KEGIATAN INTI
|
45
menit
|
|
§
Siswa menyimak penjelasan guru tentang,
§
Guru memberi contoh pelafalan
§
Siswa menirukan pelafalan
§
Siswa mengulang pelafalan yang dicontohkan oleh guru
tentang
§
Secara berkelompok siswa membaca arti kata
§
Bermain game mencocokkan arti kata dengan penggalan
kata
§
Secara berkelompok siswa mengartikan
§
Mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
§
Bermain adu cepat menyusun ayat dan artinya
§
Hafalan
|
Guru, slide, tape recorder
Instrumen kuis
Instrument kuis dan kartu ayat
Papan penilaian
|
||
3.
|
PENUTUP
|
5
menit
|
|
§
Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan
§
Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan
menghafalkan
§
Memberikan penghargaan kepada siswa yang telah mendapat
penilaian maksimal
|
Instrumen
tugas individu
|
F. MEDIA / SUMBER
§ Kartu ayat dan tafsir Al-Qur’an
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menceritakan kisah Abu Lahab dan istrinya
§ Menjelaskan isi kandungan surat Al-Lahab secara
sederhana
§ Menunjukkan contoh perilaku yang sama dengan perilaku
Abu Lahab dan istrinya
§ Menyebutkan akibat orang yang berperilaku seperti
perilaku Abu Lahab dan istrinya
|
Tes tulis
Tes lisan
|
Unjuk kerja
|
§ Jelaskan kisah
Abu Lahab dan istrinya!
§ Sebutkan akibat orang yang berperilaku seperti perilaku
Abu Lahab dan istrinya!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : IV ( Empat ) / 2 (
Genap )
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
5. Memahami
arti hadits tentang niat dan hadits tentang silaturrahim
B.
Kompetensi Dasar
5.1 Menjelaskan
isi kandungan hadits tentang niat secara sederhana
C. MATERI PELAJARAN
§ Terjemahan hadits tentang niat
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Penugasan
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
10
menit
|
|
§
Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan
keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan
kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§
Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang hadits
|
Teknik
pembagian kelompok
|
3 menit
2 menit
5 menit
|
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
45
menit
|
|
§
Guru memberi contoh cara pengucapan hadits yang benar sesuai makhrajnya
§
Siswa menirukan pelafalan hadits dengan benar
§
Siswa menirukan pengucapan hadits secara bergantian sampai lancar
pengucapannya
§
Siswa mengulang pengucapan hadits secara menyeluruh
§
Secara berkelompok siswa berlatih mengucapkan dan
menghafalkan hadits
§
Menghafalkan hadits dengan benar sesuai makhrajnya
secara individu
|
Buku
paket
Buku
yang relevan
Lafal
hadits tentang niat
|
||
3.
|
PENUTUP
|
5
menit
|
|
§
Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan hadits dengan benar
§
Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan
menghafalkan hadits
|
Instrumen
tugas individu
|
F. MEDIA / SUMBER
§ Buku paket
§ Buku yang relevan
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Mengartikan hadits tentang niat
§ Menyebutkan arti niat
§ Menjelaskan isi kandungan hadits tentang semua
perbuatan tergantung pada niatnya secara sederhana
|
Tes lisan
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan hadits tentang niat!
§ Jelaskan arti niat!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : IV ( Empat ) / 2 (
Genap )
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
5. Memahami
arti hadits tentang niat dan hadits tentang silaturrahim
B.
Kompetensi Dasar
5.2 Menjelaskan
isi kandungan tentang silaturrahim hadits secara sederhana
C. MATERI PELAJARAN
§ Terjemahan hadits tentang silaturrahim
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Penugasan
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
10
menit
|
|
§
Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan
keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan
kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§
Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang hadits
|
Teknik
pembagian kelompok
|
3 menit
2 menit
5 menit
|
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
45
menit
|
|
§
Membaca terjemah hadits tentang silaturrahim
§
Bermain game mencocokkkan terjemah secara lafdhiyah
dari hadits tentang silaturrahim
§
Mendengarkan penjelasan kandungan hadits tentang
silaturrahim
|
Buku
paket
Buku
yang relevan
Lafal
hadits tentang silaturrahim
|
||
3.
|
PENUTUP
|
5
menit
|
|
§
Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan hadits dengan benar
§
Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan
menghafalkan hadits
|
Instrumen
tugas individu
|
F. MEDIA / SUMBER
§ Buku paket
§ Buku yang relevan
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Mengartikan hadits tentang silaturrahim
§ Menyebutkan arti silaturrahim
§ Menjelaskan isi kandungan hadits tentang semua
perbuatan tergantung pada niatnya secara sederhana
|
Tes lisan
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan arti hadits tentang silaturrahim!
§ Sebutkan arti silaturrahim!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : IV ( Empat ) / 2 (
Genap )
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
6. Menerapkan
kaidah-kaidah ilmu tajwid
B. Kompetensi Dasar
6.1 Memahami
hukum ba-caan idgham bighunnah, idgham bila-ghunnah, dan iqlab
C. MATERI PELAJARAN
§ Idgham Bighunnah
§ Idgham Bila Ghunnah
§ Iqlab
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Praktik
§ Penugasan
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/
SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
10
menit
|
|
§ Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan
menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran yang
merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§ Menggali pengetahuan siswa dalam mengenal ilmu
tajwid
§ Membentuk kelompok kecil maksimal 4 anak
§ Mendesain kelas dalam bentuk kelompok kecil
|
Teknik
pembagian kelompok
|
||
2.
|
KEGIATAN INTI
|
45
menit
|
|
§ Studi literatur tentang Idghom Bighunnah
§ Menirukan cara melafalkan hukum bacaan
Idgham Bighunnah
§ Menggali informasi melalui membaca,
bertanya kepada ustadz/qori’ tentang arti dari idgham bilaghunnah
§ Menirukan cara melafalkan hukum bacaan
Idgham Bila ghunnah
§ Menggali informasi melalui membaca,
bertanya kepada ustadz/qori’ tentang arti dari iqlab
§ Menirukan cara melafalkan hukum bacaan
Iqlab
|
Guru,
slide, tape recorder
Juz
‘Amma
Papan
penilaian
|
||
3.
|
PENUTUP
|
5
menit
|
|
§ Secara klasikal guru mengulang kembali materi
yang telah dipelajari
§ Tanya jawab tentang materi yang belum
dimengerti
§ Menyampaikan tugas yang berkaitan dengan
materi yang telah disampaikan
|
Instrumen
tugas individu
|
F. MEDIA / SUMBER
§ Buku tajwid dan Qori’
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menyebutkan arti Idgham Bighunnah
§ Melafalkan huruf-huruf Idgham Bighunnah
§ Menjelaskan hukum bacaan Idgham Bighunnah
§ Menyebutkan arti Idgham Bila Ghunnah
§ Menyebutkan huruf-huruf Idgham Bila Ghunnah
§ Menjelaskan hukum bacaan Idgham Bila Ghunnah
§ Menyebutkan arti Iqlab
§ Menyebutkan huruf-huruf Iqlab
§ Menjelaskan hukum bacaan Iqlab
|
Tes
lisan
Tes
lisan
|
Unjuk kerja
|
§ Jelaskan arti Idgham Bighunnah!
§ Sebutkan huruf-huruf Idgham Bighunnah!
§ Jelaskan Idgham Bila Ghunnah!
§ Sebutkan huruf-huruf Idgham Bila Ghunnah!
§ Jelaskan arti Iqlab!
§ Sebutkan hukum bacaan Iqlab!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : IV ( Empat ) / 2 (
Genap )
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
6. Menerapkan
kaidah-kaidah ilmu tajwid
B.
Kompetensi Dasar
6.2 Menerapkan
hukum bacaan id-gham bighunnah, idgham bilaghunnah, dan iqlab
C.
MATERI PELAJARAN
§ Idgham Bighunnah
§ Idgham Bila Ghunnah
§ Iqlab
D.
METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Praktik
§ Penugasan
E.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/
SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
10
menit
|
|
§ Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan
keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran yang
merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§ Menggali pengetahuan siswa dalam mengenal ilmu
tajwid
§ Membentuk kelompok kecil maksimal 4 anak
§ Mendesain kelas dalam bentuk kelompok kecil
|
Teknik
pembagian kelompok
|
||
2.
|
KEGIATAN INTI
|
45
menit
|
|
§ Mencari dan menemukan hukum bacaan Idgham
Bighunnah dalam ayat-ayat pilihan
§ Dengan bimbingan guru membaca ayat-ayat
pilihan yang mengandung hukum bacaan Idgham Bighunnah
§ Dengan bimbingan guru mencari dan menemukan
hukum bacaan Idghom Bila Ghunnah dalam ayat-ayat pilihan
§ Membaca ayat-ayat pilihan yang mengandung
hukum bacaan Idghom Bila Ghunnah
§ Dengan bimbingan guru mencari dan menemukan
hukum bacaan Iqlab dalam ayat-ayat pilihan
§ Membaca ayat-ayat pilihan yang mengandung
hukum bacaan Iqlab
|
Guru,
slide, tape recorder
Juz
‘Amma
Papan
penilaian
|
||
3.
|
PENUTUP
|
5
menit
|
|
§ Secara klasikal guru mengulang kembali materi
yang telah dipelajari
§ Tanya jawab tentang materi yang belum
dimengerti
§ Menyampaikan tugas yang berkaitan dengan
materi yang telah disampaikan
|
Instrumen
tugas individu
|
F.
MEDIA / SUMBER
§ Al-quran
§ Buku tajwid dan Qori’
G.
PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Mengidentifikasi hukum bacaan Idghom Bila Ghunnah dalam
ayat-ayat pilihan
§ Mendemonstrasikan contoh-contoh bacaan Idghom Bila Ghunnah
§ Mengidentifikasi hukum bacaan Iqlab dalam ayat-ayat
pilihan
§ Mendemonstrasikan contoh-contoh ayat/bacaan Iqlab
|
Tes
lisan
Tes
lisan
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan bacaan Idghom Bila Ghunnah dalam ayat-ayat
pilihan!
§ Sebutkan bacaan Iqlab dalam ayat-ayat pilihan!
§ Sebutkan contoh-contoh ayat/bacaan Iqlab!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
No comments:
Post a Comment