Search This Blog

Saturday, 7 January 2017

Rpp Qu'ran hadist kelas 4 semester 1 terbaru 2017

Rounded Rectangle: RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

MATA PELAJARAN:
QUR’AN HADITS
KELAS IV SEMESTER 1
 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : IV ( Empat )  / 1  ( Ganjil )
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit


A.       STANDAR KOMPETENSI
1.      Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih

B.       Kompetensi Dasar
1.1    Membaca surat al-‘Adiyat dan surat al-Insyirah secara benar dan fasih

C.       MATERI PELAJARAN
§  Surat al-‘Adiyat dan surat al-Insyiraah

D.       METODE PEMBELAJARAN
§  Drill
§  Imla’
§  Demonstrasi







E.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pertemuan I:
Pendahuluan
§  Memberikan motivasi betapa pentingnya belajar al Qur’an
§  Guru mengajak siswa mengingat kembali bacaan surat-surat pendek yang pernah dipelajari ke kelas 3.

Kegiatan Inti
§  Siswa mengamati guru melafalkan satu ayat demi satu ayat surat al Adiyat dengan benar
§  Siswa memberi tanggapan terhadap bacaan guru (Eksploasi).
§  Siswa secara bersama-sama melafalkan bacaan surat al Adiyat seperti yang dicntohkan guru (Eksplorasi).
§  Siswa secara acak ditunjuk untuk melafalkan surat al Adiyat secara benar (Elaborasi)
§  Guru membacakan potongan salah satu ayat surat Al Adiyat kemudian siswa  melanjutkannya (Elaborasi).
§  Siswa menuliskan surat al Adiyat secara benar dan rapi.  

Kegiatan Penutup
§  Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
§  Guru memberikan reward kepada siswa yang hafal dengan lancar dan menulis dengan rapi dan benar.

5 Menit





60 Menit









5 Menit


2.
Pertemuan II:
Pendahuluan
§   Memberikan kembali motivasi betapa pentingnya  belajar al    Qur’an.
§  Guru mengajak siswa membacakan kembali secara bersama-sama bacaan surat al Insyiraah yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

Kegiatan Inti
§  Siswa mengamati guru melafalkan satu ayat demi satu ayat surat al Insyiraah dengan benar. (eksplorasi)
§  Siswa mengomentari bacaan yang telah dilakukan guru (Eksplorasi).
§  Siswa secara bersama-sama melafalkan bacaan surat al Insyiraah seperti yang dicntohkan guru (Elaborasi)
§  Siswa secara acak ditunjuk untuk melafalkan surat al Insyiraah secara benar (Elaborasi)
§  Guru membacakan potongan salah satu ayat surat al Insyiraah kemudian siswa melanjutkannya.
§  Siswa menuliskan surat al Insyiraah secara benar dan rapi. (konfirmasi) 

Kegiatan Penutup
§  Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
§  Guru memberikan reward kepada siswa yang hafal dengan lancar dan menulis dengan rapi dan benar.

5 Menit







60 Menit








5 Menit



                        
3.
Pertemuan III:
Pendahuluan
§  Memberikan motivasi betapa pentingnya belajar al Qur’an. Apalagi sampai mengerti betul maknanya.
§   Guru mengajak siswa membacakan kembali secara bersama-sama bacaan  surat al Adiyat dan  al Insyiraah yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

Kegiatan Inti
§  Siswa mengamati  penjelasan tenang kandungan surat al Adiyat dan al Insyiraah dengan benar (Eksplorasi)
§  Siswa menanggapi penjelasan yang disampaikan guru ((Elaborasi)
§  Siswa secara bersama-sama melafalkan bacaan surat al Adiyal dan al Insyiraah yang telah dihafalnya (Elaborasi)
§  Siswa secara acak ditunjuk untuk melafalkan surat al Adiyat dan  al Insyiraah secara benar (Elaborasi).
§  Guru membacakan potongan salah satu ayat surat al Adiyat  dan al Insyiraah kemudian siswa melanjutkannya.
§  Siswa menuliskan salah satu ayat dari surat al Adiyat atau al Insyiraah dengan huruf kaligrafi  

Kegiatan Penutup
§  Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
§  Guru memberikan reward kepada siswa yang telah menulis kaligrafi dengan rapi dan benar.

5 Menit





60 Menit











5 Menit



F.        MEDIA / SUMBER
§  Kaset VCD al-Qur’an
§  Qori’

G.       PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Melafalkan tiap ayat dari surat Al-‘Adiyat
§  Membaca tiap ayat surat Al-‘Adiyat
§  Membaca surat Al-‘Adiyat secara keseluruhan
§  Melafalkan tiap ayat dari surat Al- Insyiroh
§  Membaca tiap ayat surat Al- Insyiroh
§  Membaca surat Al- Insyiroh secara keseluruhan
Tes lisan

Tes tulis
 

Unjuk kerja
§  Sebutkan surat Al-‘Adiyat secara keseluruhan!

§  Sebutkan surat Al- Insyiroh secara keseluruhan!


Mengetahui,
Kepala Madrasah





................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits





................................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : IV ( Empat )  / 1  ( Ganjil )
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit


A.       STANDAR KOMPETENSI
1.      Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih

B.       Kompetensi Dasar
1.2    Menghafalkan surat al-‘Adiyat secara benar dan fasih

C.       MATERI PELAJARAN
§  Surat al-‘Adiyat dan surat al-Insyiraah

D.       METODE PEMBELAJARAN
§  Drill
§  Imla’
§  Demonstrasi







E.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pertemuan I:
Pendahuluan
§  Memberikan motivasi betapa pentingnya belajar al Qur’an
§  Guru mengajak siswa mengingat kembali bacaan surat-surat pendek yang pernah dipelajari ke kelas 3.

Kegiatan Inti
§  Siswa mengamati guru melafalkan satu ayat demi satu ayat surat al Adiyat dengan benar
§  Siswa memberi tanggapan terhadap bacaan guru (Eksploasi).
§  Siswa secara bersama-sama melafalkan bacaan surat al Adiyat seperti yang dicntohkan guru (Eksplorasi).
§  Siswa secara acak ditunjuk untuk melafalkan surat al Adiyat secara benar (Elaborasi)
§  Guru membacakan potongan salah satu ayat surat Al Adiyat kemudian siswa  melanjutkannya (Elaborasi).
§  Siswa menuliskan surat al Adiyat secara benar dan rapi.  

Kegiatan Penutup
§  Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
§  Guru memberikan reward kepada siswa yang hafal dengan lancar dan menulis dengan rapi dan benar.

5 Menit





60 Menit









5 Menit


2.
Pertemuan II:
Pendahuluan
§   Memberikan kembali motivasi betapa pentingnya  belajar al    Qur’an.
§  Guru mengajak siswa membacakan kembali secara bersama-sama bacaan surat al Insyiraah yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

Kegiatan Inti
§  Siswa mengamati guru melafalkan satu ayat demi satu ayat surat al Insyiraah dengan benar. (eksplorasi)
§  Siswa mengomentari bacaan yang telah dilakukan guru (Eksplorasi).
§  Siswa secara bersama-sama melafalkan bacaan surat al Insyiraah seperti yang dicntohkan guru (Elaborasi)
§  Siswa secara acak ditunjuk untuk melafalkan surat al Insyiraah secara benar (Elaborasi)
§  Guru membacakan potongan salah satu ayat surat al Insyiraah kemudian siswa melanjutkannya.
§  Siswa menuliskan surat al Insyiraah secara benar dan rapi. (konfirmasi) 

Kegiatan Penutup
§  Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
§  Guru memberikan reward kepada siswa yang hafal dengan lancar dan menulis dengan rapi dan benar.

5 Menit







60 Menit








5 Menit



                        
3.
Pertemuan III:
Pendahuluan
§  Memberikan motivasi betapa pentingnya belajar al Qur’an. Apalagi sampai mengerti betul maknanya.
§   Guru mengajak siswa membacakan kembali secara bersama-sama bacaan  surat al Adiyat dan  al Insyiraah yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

Kegiatan Inti
§  Siswa mengamati  penjelasan tenang kandungan surat al Adiyat dan al Insyiraah dengan benar (Eksplorasi)
§  Siswa menanggapi penjelasan yang disampaikan guru ((Elaborasi)
§  Siswa secara bersama-sama melafalkan bacaan surat al Adiyal dan al Insyiraah yang telah dihafalnya (Elaborasi)
§  Siswa secara acak ditunjuk untuk melafalkan surat al Adiyat dan  al Insyiraah secara benar (Elaborasi).
§  Guru membacakan potongan salah satu ayat surat al Adiyat  dan al Insyiraah kemudian siswa melanjutkannya.
§  Siswa menuliskan salah satu ayat dari surat al Adiyat atau al Insyiraah dengan huruf kaligrafi  

Kegiatan Penutup
§  Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
§  Guru memberikan reward kepada siswa yang telah menulis kaligrafi dengan rapi dan benar.

5 Menit





60 Menit











5 Menit



F.        MEDIA / SUMBER
§  Kaset VCD al-Qur’an
§  Qori’

G.       PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Melanjutkan potongan ayat secara acak dalam surat ‘Al-‘Adiyat tanpa melihat Al-Qur’an
§  Menyebutkan nomor ayat ketika surat al-‘Adiyat dibaca secara acak
§  Menghafal surat al-‘Adiyat
§  Melanjutkan potongan ayat secara acak dalam surat ‘Al-Insyirah tanpa melihat Al-Qur’an
§  Menyebutkan nomor ayat ketika surat al-Insyirah dibaca secara acak
§  Menghafal surat al-Insyirah secara benar dan fasih
Tes lisan

Tes tulis
 

Unjuk kerja
§  Sebutkan nomor ayat ketika surat al-‘Adiyat dibaca secara acak!

§  Sebutkan nomor ayat ketika surat al-Insyirah dibaca secara acak!



Mengetahui,
Kepala Madrasah





................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits





................................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : IV ( Empat )  / 1  ( Ganjil )
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit

A.   STANDAR KOMPETENSI
2.      Memahami arti surat-surat pendek

B.   Kompetensi Dasar
2.1    Mengarti-kan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar

C.   MATERI PELAJARAN
§  Surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar

D.   METODE PEMBELAJARAN
§  Pemodelan
§  Penugasan

E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/
SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Salam pembuka dengan cara menyapa siswa tentang keadaan kesehatan dan kesiapan dalam menerima pelajaran hari ini
§  Memberikan motifasi dan penjelasan awal tentang target yuang harus dikuasai siswa setelah belajar
§  Mengadakan appersepsi melafalkan surat-surat pendek (drill)
§  Membentuk kelompok kecil maksimal  2 orang anak
§  Mendesain kelas dalam bentuk melingkar besar (lesehan di musola)

Teknik pembagian kelompok

2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Siswa menyimak penjelasan guru tentang, surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar mulai dari identitas surat, pengertian surat, nama surat, tempat diturunkannya surat, serta ayat pertama yang dibaca dalam surat al-Fatihah
§  Guru memberi contoh pelafalan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar dengan benar dan fasih
§  Siswa menirukan pelafalan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar dengan benar dan fasih
§  Siswa mengulang pelafalan yang dicontohkan oleh guru tentang surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar
§  Secara berkelompok siswa membaca arti kata surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar
§  Bermain game mencocokkan arti kata dengan penggalan kata
§  Secara berkelompok siswa mengartikan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar dari arti kata (alafdhiyah) di kertas yang disediakan
§  Mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
§  Bermain adu cepat menyusun ayat dan artinya
§  Hafalan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar dan artinya dengan benar dan fasih

Guru, slide, tape recorder

Instrumen kuis

Instrument kuis dan kartu ayat


Papan penilaian

3.
PENUTUP

5 menit

§  Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar dan diikuti oleh siswa
§  Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan menghafalkan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar dengan benar dan fasih dalam salat fardhu
§  Memberikan penghargaan kepada siswa yang telah mendapat penilaian maksimal

Instrumen tugas individu


F.    MEDIA / SUMBER
§  Depag, Al-Qur’an de-ngan terjema-hannya
§  Buku paket dan kartu ayat terjemah

G.   PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Menyebutkan terjemahan ayat-ayat dalam surat an-Nashr secara acak
§  Meneruskan terjemahan ayat-ayat dalam surat an-Nashr
§  Menterjemahkan surat an-Nashr secara keseluruhan
§  Menyebutkan terjemah-an ayat-ayat dalam  surat al-Kautsar secara acak
§  Meneruskan terjemahan ayat-ayat dalam  surat al-Kautsar
§  Menterjemahkan surat al-Kautsar secara keselu-ruhan
Tes tulis

Tes lisan 
Tes subyekti

Unjuk prestasi
§  Sebutkan surat an-Nashr secara keseluruhan!

§  Sebutkan surat al-Kautsar secara keselu-ruhan!







Mengetahui,
Kepala Madrasah





................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits





................................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : IV ( Empat )  / 1  ( Ganjil )
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit

A.   STANDAR KOMPETENSI
2.      Memahami arti surat-surat pendek

B.   Kompetensi Dasar
2.2    Memahami isi kandungan surat An-nashr dan Al-Kautsar seca-ra sederhana

C.   MATERI PELAJARAN
§  Surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar

D.   METODE PEMBELAJARAN
§  Pemodelan
§  Penugasan

E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/
SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Salam pembuka dengan cara menyapa siswa tentang keadaan kesehatan dan kesiapan dalam menerima pelajaran hari ini
§  Memberikan motifasi dan penjelasan awal tentang target yuang harus dikuasai siswa setelah belajar
§  Mengadakan appersepsi melafalkan surat-surat pendek (drill)
§  Membentuk kelompok kecil maksimal  2 orang anak
§  Mendesain kelas dalam bentuk melingkar besar (lesehan di musola)

Teknik pembagian kelompok

2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Membaca terjemah surat an-Nashr
§  Membuat kesimpulan dari terjemahan tiap ayat tentang tema-tema yang terkandung didalamnya
§  Mendengarkan penjelasan tentang isi kandungan surat an-Nashr
§  Menjelaskan isi kandungan surat an-Nashr
§  Membaca terjemah surat al-Kautsar
§  Membuat kesimpulan dari terjemahan tiap ayat tentang tema-tema yang terkandung didalamnya
§  Mendengarkan penjelasan tentang isi kandungan surat al-Kautsar
§  Menjelaskan isi kandungan surat al-Kautsar

Guru, slide, tape recorder

Instrumen kuis

Instrument kuis dan kartu ayat


Papan penilaian

3.
PENUTUP

5 menit

§  Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar dan diikuti oleh siswa
§  Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan menghafalkan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar dengan benar dan fasih dalam salat fardhu
§  Memberikan penghargaan kepada siswa yang telah mendapat penilaian maksimal

Instrumen tugas individu



F.    MEDIA / SUMBER
§  Depag, Al-Qur’an de-ngan terjema-hannya
§  Buku paket dan kartu ayat terjemah

G.   PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Menyebutkan tema-tema yang terkandung dalam surat An-nashr
§  Menyebutkan arti tasbih dan istighfar
§  Melafalkan tasbih dan istighfar
§  Menjelaskan maksud tasbih dan istighfar secara sederhana
§  Menyebutkan manfaat tasbih dan istighfar
§  Meyebutkan tema-tema yang terkandung dalam surat Al-Kautsar
§  Menyebutkan arti syukur nikmat
§  Melafalkan hamdalah sebagai salah satu bentuk syukur nikmat
§  Menyebutkan manfaat membaca hamdalah
§  Menjelaskan maksud sholat sebagai wujud syukur nikmat secara sederhana
§  Menyebutkan maksud berqurban sebagai wujud syukur nikmat secara sederhana
Tes tulis

Tes lisan 
Tes subyekti

Unjuk prestasi
§  Sebutkan tema-tema yang terkandung dalam surat An-nashr!
§  Jelaskan maksud tasbih dan istighfar secara sederhana!

§  Sebutkan tema-tema yang terkandung dalam surat Al-Kautsar!
§  Jelaskan arti syukur nikmat!
§  Jelaskan maksud sholat sebagai wujud syukur nikmat secara sederhana!







Mengetahui,
Kepala Madrasah





................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits





................................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : IV ( Empat )  / 1  ( Ganjil )
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit

A.   STANDAR KOMPETENSI
3.      Memahami kaidah ilmu tajwid

B.   Kompetensi Dasar
3.1    Memahami hukum baca-an idhhar khalqi dan ikhfa’ haqiqi

C.   MATERI PELAJARAN
§  Idhhar Khalqi
§  Ikhfa’ Haqiqi

D.   METODE PEMBELAJARAN
§  Pemodelan
§  Penugasan

E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/
SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan siswa dalam mengenal ilmu tajwid
§  Membentuk kelompok kecil maksimal 4 anak
§  Mendesain kelas dalam bentuk kelompok kecil
Teknik pembagian kelompok



2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Siswa mendengarkan penjelasan tentang pengertian idhhar khalqi dan ikhfa’ haqiqi
§  Siswa mendengarkan penjelasan tentang idhhar khalqi dan ikhfa’ haqiqi
§  Membaca idhhar khalqi dan ikhfa’ haqiqi dalam kata / kalimat
§  Menemukan bacaan idhhar khalqi dan ikhfa’ haqiqi dalam ayat al-Qur’an

Guru, slide, tape recorder
Juz ‘Amma
Instrumen kuis
Papan penilaian

3.
PENUTUP

5 menit

§  Secara klasikal guru mengulang kembali materi yang telah dipelajari
§  Tanya jawab tentang materi yang belum dimengerti
§  Menyampaikan tugas yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan
Instrumen tugas individu



F.    MEDIA / SUMBER
§  Buku tajwid
§  Al-Qur’anul Karim

G.   PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Menyebutkan arti idhhar khalqi
§  Menyebutkan huruf-huruf idhhar khalqi
§  Menyebutkan arti Ikhfa’ Haqiqi
§  Menyebutkan huruf-huruf Ikhfa’ Haqiqi
Tes lisan

Tes tulis 
Tes subyektif

Performance
§  Jelaskan arti idhhar khalqi!
§  Sebutkan huruf-huruf idhhar khalqi!

§  Jelaskan arti Ikhfa’ Haqiqi!
§  Sebutkan huruf-huruf Ikhfa’ Haqiqi!






Mengetahui,
Kepala Madrasah





................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits





................................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : IV ( Empat )  / 1  ( Ganjil )
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit

A.   STANDAR KOMPETENSI
3.      Memahami kaidah ilmu tajwid

B.   Kompetensi Dasar
3.2    Menerap-kan hukum bacaan idhhar khalqi dan ikhfa’ haqiqi

C.   MATERI PELAJARAN
§  Idhhar Khalqi
§  Ikhfa’ Haqiqi

D.   METODE PEMBELAJARAN
§  Pemodelan
§  Penugasan

E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/
SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan siswa dalam mengenal ilmu tajwid
§  Membentuk kelompok kecil maksimal 4 anak
§  Mendesain kelas dalam bentuk kelompok kecil
Teknik pembagian kelompok



2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Mencari lafad bunyi kata yang mengandung bacaan Idhhar Khalqi dalam ayat pilihan
§  Dengan dibimbing guru membaca dengan benar ayat-ayat yang mengandung hukum bacaan Idhhar Khalqi
§  Mencari dan menemukan hukum bacaan Ikhfa’ haqiqi dalam ayat-ayat pilihan   
§  Dengan dibimbing guru membaca ayat-ayat pilihan yang mengandung hukum bacaan Ikhfa’ haqiqi

Guru, slide, tape recorder
Juz ‘Amma
Instrumen kuis
Papan penilaian

3.
PENUTUP

5 menit

§  Secara klasikal guru mengulang kembali materi yang telah dipelajari
§  Tanya jawab tentang materi yang belum dimengerti
§  Menyampaikan tugas yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan
Instrumen tugas individu


F.    MEDIA / SUMBER
§  Buku tajwid
§  Al-Qur’anul Karim






G.   PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Mengidentifikasi hukum bacaan Idhhar Khalqi dalam ayat-ayat pilihan
§  Mendemonstrasikan contoh-contoh  bacaan Idhhar Khalqi
§  Mengidentifikasi hukum bacaan Ikhfa’ haqiqi dalam ayat-ayat pilihan
§  Mendemonstrasikan  contoh-contoh bacaan Ikhfa’ haqiqi
Tes lisan

Unjuk kerja  
Tes subyektif

Uji petik karya 
§  Sebutkan hukum bacaan Idhhar Khalqi dalam ayat-ayat pilihan!
§  Sebutkan huruf-huruf idhhar khalqi!

§  Jelaskan arti Ikhfa’ Haqiqi!
§  Sebutkan huruf-huruf Ikhfa’ Haqiqi!



Mengetahui,
Kepala Madrasah





................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits





................................................
NIP.



Rounded Rectangle: RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

MATA PELAJARAN:
QUR’AN HADITS
KELAS IV SEMESTER 2
 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : IV ( Empat )  / 2  ( Genap )
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit

A.   STANDAR KOMPETENSI
4.      Memahami arti surat pendek dan hadits tentang Niat, Silaturahim

B.   Kompetensi Dasar
4.1    Mengartikan surat Al-Lahab

C.   MATERI PELAJARAN
§  Surat Al-Lahab

D.   METODE PEMBELAJARAN
§  Pemodelan
§  Penugasan

E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/
SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Salam pembuka dengan cara menyapa siswa tentang keadaan kesehatan dan kesiapan dalam menerima pelajaran hari ini
§  Memberikan motifasi dan penjelasan awal tentang target yuang harus dikuasai siswa setelah belajar
§  Mengadakan appersepsi melafalkan surat-surat pendek (drill)
§  Membentuk kelompok kecil maksimal  2 orang anak
§  Mendesain kelas dalam bentuk melingkar besar (lesehan di musola)

Teknik pembagian kelompok

2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Siswa menyimak penjelasan guru tentang, surat Al-Lahab mulai dari identitas surat, pengertian surat, nama surat, serta tempat diturunkannya surat.
§  Guru memberi contoh pelafalan surat Al-Lahab dengan benar dan fasih
§  Siswa menirukan pelafalan surat Al-Lahab dengan benar dan fasih
§  Siswa mengulang pelafalan yang dicontohkan oleh guru tentang surat Al-Lahab
§  Secara berkelompok siswa membaca arti kata surat Al-Lahab
§  Bermain game mencocokkan arti kata dengan penggalan kata
§  Secara berkelompok siswa mengartikan surat Al-Lahab dari arti kata (alafdhiyah) di kertas yang disediakan
§  Mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
§  Bermain adu cepat menyusun ayat dan artinya
§  Hafalan surat Al-Lahab dan artinya dengan benar dan fasih

Guru, slide, tape recorder

Instrumen kuis

Instrument kuis dan kartu ayat


Papan penilaian

3.
PENUTUP

5 menit

§  Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar dan diikuti oleh siswa
§  Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan menghafalkan surat Al-Lahab dengan benar dan fasih dalam salat fardhu
§  Memberikan penghargaan kepada siswa yang telah mendapat penilaian maksimal

Instrumen tugas individu

F.    MEDIA / SUMBER
§  Kartu ayat dan tafsir Al-Qur’an

G.   PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Menyebutkan terjemahan ayat-ayat dalam surat Al-Lahab secara acak
§  Meneruskan terjemahan ayat-ayat dalam surat Al-Lahab
§  Menterjemahkan surat Al-Lahab secara keseluruhan
Tes tulis

Tes lisan 
Unjuk kerja 
§  Sebutkan terjemahan ayat-ayat dalam surat Al-Lahab secara acak!


Mengetahui,
Kepala Madrasah






................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits






................................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : IV ( Empat )  / 2  ( Genap )
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit

A.   STANDAR KOMPETENSI
4.      Memahami arti surat pendek

B.   Kompetensi Dasar
4.2    Menjelas-kan isi kan-dungan surat Al-Lahab secara sederhana

C.   MATERI PELAJARAN
§  Terjemahan surat al-lahab

D.   METODE PEMBELAJARAN
§  Pemodelan
§  Penugasan

E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/
SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Salam pembuka dengan cara menyapa siswa tentang keadaan kesehatan dan kesiapan dalam menerima pelajaran hari ini
§  Memberikan motifasi dan penjelasan awal tentang target yuang harus dikuasai siswa setelah belajar
§  Mengadakan appersepsi melafalkan surat-surat pendek (drill)
§  Membentuk kelompok kecil maksimal  2 orang anak
§  Mendesain kelas dalam bentuk melingkar besar (lesehan di musola)

Teknik pembagian kelompok

2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Siswa menyimak penjelasan guru tentang, surat Al-Lahab mulai dari identitas surat, pengertian surat, nama surat, serta tempat diturunkannya surat.
§  Guru memberi contoh pelafalan surat Al-Lahab dengan benar dan fasih
§  Siswa menirukan pelafalan surat Al-Lahab dengan benar dan fasih
§  Siswa mengulang pelafalan yang dicontohkan oleh guru tentang surat Al-Lahab
§  Secara berkelompok siswa membaca arti kata surat Al-Lahab
§  Bermain game mencocokkan arti kata dengan penggalan kata
§  Secara berkelompok siswa mengartikan surat Al-Lahab dari arti kata (alafdhiyah) di kertas yang disediakan
§  Mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
§  Bermain adu cepat menyusun ayat dan artinya
§  Hafalan surat Al-Lahab dan artinya dengan benar dan fasih

Guru, slide, tape recorder

Instrumen kuis

Instrument kuis dan kartu ayat


Papan penilaian

3.
PENUTUP

5 menit

§  Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan surat An-Nashr dan surat Al-Kautsar dan diikuti oleh siswa
§  Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan menghafalkan surat Al-Lahab dengan benar dan fasih dalam salat fardhu
§  Memberikan penghargaan kepada siswa yang telah mendapat penilaian maksimal

Instrumen tugas individu


F.    MEDIA / SUMBER
§  Kartu ayat dan tafsir Al-Qur’an

G.   PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Menceritakan kisah Abu Lahab dan istrinya
§  Menjelaskan isi kandungan surat Al-Lahab secara sederhana
§  Menunjukkan contoh perilaku yang sama dengan perilaku Abu Lahab dan istrinya
§  Menyebutkan akibat orang yang berperilaku seperti perilaku Abu Lahab dan istrinya
Tes tulis

Tes lisan 
Unjuk kerja 
§  Jelaskan  kisah Abu Lahab dan istrinya!
§  Sebutkan akibat orang yang berperilaku seperti perilaku Abu Lahab dan istrinya!


Mengetahui,
Kepala Madrasah





................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits





................................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : IV ( Empat )  / 2  ( Genap )
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit

A.   STANDAR KOMPETENSI
5.      Memahami arti hadits tentang niat dan hadits tentang silaturrahim

B.   Kompetensi Dasar
5.1    Menjelaskan isi kandungan hadits tentang niat secara sederhana

C.   MATERI PELAJARAN
§  Terjemahan hadits tentang niat

D.   METODE PEMBELAJARAN
§  Pemodelan
§  Penugasan

E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang hadits
Teknik pembagian kelompok


3 menit
2 menit
5 menit
2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Guru memberi contoh cara pengucapan hadits yang benar sesuai makhrajnya
§  Siswa menirukan pelafalan hadits dengan benar
§  Siswa menirukan pengucapan hadits secara bergantian sampai lancar pengucapannya
§  Siswa mengulang pengucapan hadits secara menyeluruh
§  Secara berkelompok siswa berlatih mengucapkan dan menghafalkan hadits
§  Menghafalkan  hadits dengan benar sesuai makhrajnya secara individu
Buku paket
Buku yang relevan
Lafal hadits tentang niat

3.
PENUTUP

5 menit

§  Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan hadits dengan benar
§  Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan menghafalkan hadits
Instrumen tugas individu



F.    MEDIA / SUMBER
§  Buku paket
§  Buku yang relevan

G.   PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Mengartikan hadits tentang niat
§  Menyebutkan arti niat
§  Menjelaskan isi kandungan hadits tentang semua perbuatan tergantung pada niatnya secara sederhana
Tes lisan
Unjuk kerja
§  Sebutkan hadits tentang niat!
§  Jelaskan arti niat!




Mengetahui,
Kepala Madrasah






................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits






................................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : IV ( Empat )  / 2  ( Genap )
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit

A.   STANDAR KOMPETENSI
5.      Memahami arti hadits tentang niat dan hadits tentang silaturrahim

B.   Kompetensi Dasar
5.2    Menjelaskan isi kandungan tentang silaturrahim hadits secara sederhana

C.   MATERI PELAJARAN
§  Terjemahan hadits tentang silaturrahim

D.   METODE PEMBELAJARAN
§  Pemodelan
§  Penugasan

E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang hadits

Teknik pembagian kelompok


3 menit
2 menit
5 menit
2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Membaca terjemah hadits tentang silaturrahim
§  Bermain game mencocokkkan terjemah secara lafdhiyah dari hadits tentang silaturrahim
§  Mendengarkan penjelasan kandungan hadits tentang silaturrahim

Buku paket
Buku yang relevan
Lafal hadits tentang silaturrahim

3.
PENUTUP

5 menit

§  Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan hadits dengan benar
§  Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan menghafalkan hadits
Instrumen tugas individu



F.    MEDIA / SUMBER
§  Buku paket
§  Buku yang relevan

G.   PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Mengartikan hadits tentang silaturrahim
§  Menyebutkan arti silaturrahim
§  Menjelaskan isi kandungan hadits tentang semua perbuatan tergantung pada niatnya secara sederhana
Tes lisan
Unjuk kerja
§  Sebutkan arti hadits tentang silaturrahim!
§  Sebutkan arti silaturrahim!





Mengetahui,
Kepala Madrasah






................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits






................................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : IV ( Empat )  / 2  ( Genap )
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit


A.       STANDAR KOMPETENSI
6.      Menerapkan kaidah-kaidah ilmu tajwid

B.   Kompetensi Dasar
6.1    Memahami hukum ba-caan idgham bighunnah, idgham bila-ghunnah, dan iqlab

C.   MATERI PELAJARAN
§  Idgham Bighunnah
§  Idgham Bila Ghunnah
§  Iqlab

D.   METODE PEMBELAJARAN
§  Pemodelan
§  Praktik
§  Penugasan





E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/
SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan siswa dalam mengenal ilmu tajwid
§  Membentuk kelompok kecil maksimal 4 anak
§  Mendesain kelas dalam bentuk kelompok kecil
Teknik pembagian kelompok



2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Studi literatur tentang Idghom Bighunnah
§  Menirukan cara melafalkan hukum bacaan Idgham Bighunnah
§  Menggali informasi melalui membaca, bertanya kepada ustadz/qori’ tentang arti dari idgham bilaghunnah
§  Menirukan cara melafalkan hukum bacaan Idgham Bila ghunnah
§  Menggali informasi melalui membaca, bertanya kepada ustadz/qori’ tentang arti dari iqlab
§  Menirukan cara melafalkan hukum bacaan Iqlab

Guru, slide, tape recorder
Juz ‘Amma
Papan penilaian

3.
PENUTUP

5 menit

§  Secara klasikal guru mengulang kembali materi yang telah dipelajari
§  Tanya jawab tentang materi yang belum dimengerti
§  Menyampaikan tugas yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan
Instrumen tugas individu


F.    MEDIA / SUMBER
§  Buku tajwid dan Qori’

G.   PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§   Menyebutkan arti Idgham Bighunnah
§   Melafalkan huruf-huruf Idgham Bighunnah
§   Menjelaskan hukum bacaan Idgham Bighunnah
§   Menyebutkan arti Idgham Bila Ghunnah
§   Menyebutkan huruf-huruf Idgham Bila Ghunnah
§   Menjelaskan hukum bacaan Idgham Bila Ghunnah
§   Menyebutkan arti Iqlab
§   Menyebutkan huruf-huruf Iqlab
§   Menjelaskan hukum bacaan Iqlab
Tes lisan 
Tes lisan
Unjuk kerja
§  Jelaskan arti Idgham Bighunnah!
§  Sebutkan huruf-huruf Idgham Bighunnah!
§  Jelaskan Idgham Bila Ghunnah!
§  Sebutkan huruf-huruf Idgham Bila Ghunnah!
§  Jelaskan arti Iqlab!
§  Sebutkan hukum bacaan Iqlab!


Mengetahui,
Kepala Madrasah






................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits






................................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : IV ( Empat )  / 2  ( Genap )
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit


A.       STANDAR KOMPETENSI
6.      Menerapkan kaidah-kaidah ilmu tajwid

B.       Kompetensi Dasar
6.2    Menerapkan hukum bacaan id-gham bighunnah, idgham bilaghunnah, dan iqlab

C.       MATERI PELAJARAN
§  Idgham Bighunnah
§  Idgham Bila Ghunnah
§  Iqlab

D.       METODE PEMBELAJARAN
§  Pemodelan
§  Praktik
§  Penugasan





E.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/
SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan siswa dalam mengenal ilmu tajwid
§  Membentuk kelompok kecil maksimal 4 anak
§  Mendesain kelas dalam bentuk kelompok kecil

Teknik pembagian kelompok



2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Mencari dan menemukan hukum bacaan Idgham Bighunnah dalam ayat-ayat pilihan
§  Dengan bimbingan guru membaca ayat-ayat pilihan yang mengandung hukum bacaan Idgham Bighunnah
§  Dengan bimbingan guru mencari dan menemukan hukum bacaan Idghom Bila Ghunnah dalam ayat-ayat pilihan
§  Membaca ayat-ayat pilihan yang mengandung hukum bacaan Idghom Bila Ghunnah
§  Dengan bimbingan guru mencari dan menemukan hukum bacaan Iqlab dalam ayat-ayat pilihan
§  Membaca ayat-ayat pilihan yang mengandung hukum bacaan Iqlab

Guru, slide, tape recorder
Juz ‘Amma
Papan penilaian

3.
PENUTUP

5 menit

§  Secara klasikal guru mengulang kembali materi yang telah dipelajari
§  Tanya jawab tentang materi yang belum dimengerti
§  Menyampaikan tugas yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan

Instrumen tugas individu


F.        MEDIA / SUMBER
§  Al-quran
§  Buku tajwid dan Qori’

G.       PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§   Mengidentifikasi hukum bacaan Idghom Bila Ghunnah dalam ayat-ayat pilihan
§   Mendemonstrasikan contoh-contoh bacaan  Idghom Bila Ghunnah
§   Mengidentifikasi hukum bacaan Iqlab dalam ayat-ayat pilihan
§   Mendemonstrasikan contoh-contoh ayat/bacaan  Iqlab
Tes lisan 
Tes lisan
Unjuk kerja
§  Sebutkan bacaan Idghom Bila Ghunnah dalam ayat-ayat pilihan!
§  Sebutkan bacaan Iqlab dalam ayat-ayat pilihan!
§  Sebutkan contoh-contoh ayat/bacaan  Iqlab!


Mengetahui,
Kepala Madrasah




................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits




................................................
NIP.



No comments:

Post a Comment