RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah
|
:
|
Mata Pelajaran
|
: Aqidah Aklaq
|
Kelas /
Semester
|
: II / 1
|
Standar Kompetensi
|
: Menghayati Kalimat Tauhid, Sifat-Sifat Allah Yang Terkandung Dalam
Asmaul Husna (Al Muhaimin, As Salam, Al Latif, Ar Rasyid) Berakhlak Terpuji
Dan Menghindari Akhlak Tercela Dalam Kehidupan Sehari-Hari
|
Kompetensi Dasar
|
: Meyakini adanya Allah melalui pengenalan terhadap kalimat
|
Indikator
|
:
·
Memahami makna kalimat tauhid
“laailaahaillallah”
·
Menghafal kalimat tauhid
·
Dapat membuktikan dan mencontohkan hal yang
sederhana tidak ada tuhan selain Allah
·
Yakin bahwa tidak ada tuhan yang disembah
kecuali Allah
|
Alokasi Waktu
|
: 8 x 35 menit
|
A. Tujuan
Pembelajaran
|
:
Siswa dapat
·
Memahami makna kalimat tauhid “laailaahaillallah”
·
Menghafal kalimat tauhid
·
Dapat membuktikan dan mencontohkan hal yang
sederhana tidak ada tuhan selain Allah
·
Yakin bahwa tidak ada tuhan yang disembah
kecuali Allah dengan baik dan benar
|
B. Materi Pokok
|
: Kalimat
Tauhid
|
C. Metode Pembelajaran
|
: Tanya jawab
Diskusi
Short Card
Informasi
Pemberian tugas
Demontrasi
|
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
|
|
Pertemuan ke-1
|
8 x 35 menit
|
I. Kegiatan Pendahuluan :
|
1. Salam
2. Berdoa
|
II. Kegiatan Inti :
|
·
Menjelaskan arti kalimat tauhid
“laailahaillallah”
·
Melafalkan kalimat tauhid
“ Tahlil “
·
Menjelaskan dan
memberikan contoh-contoh sederhana bukti bahwa tidak ada Tuhan yang disembah
kecuali Allah
·
Mengajak siswa dan mengarahkan untuk
mengungkapkan perasaan beriman kepada Allah. (tidak ada tuhan selain
Allah
|
III. Kegiatan
Penutup :
|
1.
Memberikan penegasan pentingnya membiasakan
tahlil
2.
Memberi tugas menghafalkan lagi di rumah
3.
Berdo’a
|
E. Sumber Belajar
|
: Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas II, Alat peraga, dll yang
relevan
|
F. Penilaian
|
: Jenis Tagihan :
1. Tugas Individu
2. Tugas Kelompok
Bentuk Tagihan :
1. Performance (skala sikap)
Pilihan ganda, isian dan uraian singkat
|
Instrumen
penilaian : Terlampir
|
|
Sambit,
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran/Kelas II
Kepala Madrasah
____________________ ________________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah
|
:
|
Mata Pelajaran
|
: Aqidah Aklaq
|
Kelas /
Semester
|
: II / 1
|
Standar Kompetensi
|
: Menghayati Kalimat Tauhid, Sifat-Sifat Allah Yang Terkandung Dalam
Asmaul Husna (Al Muhaimin, As Salam, Al Latif, Ar Rasyid) Berakhlak Terpuji
Dan Menghindari Akhlak Tercela Dalam Kehidupan Sehari-Hari
|
Kompetensi Dasar
|
: Meyakini adanya Allah melalui pengenalan terhadap sifat-sifat Allah
yang terkandung di dalam Asmaul Husna
|
Indikator
|
:
·
Memahami arti Asmaul Husna dari Al Muhaimin, Al
Salam, Al Latif, Al Rasyid
·
Siswa mampu menghafal Asmaul Husna dari Al
Muhaimin, Al Salam, Al Latif, Al Rasyid
·
Siswa mampu memberikan contoh sederhana bahwa
Allah bersifat Al Muhaimin, Al Salam, Al Latif, Al Rasyid dan dapat
mengaplikasikan/menerapkan dalam kehidupan sehari-hari
|
Alokasi Waktu
|
: 8 x 35 menit
|
A. Tujuan
Pembelajaran
|
:
Siswa dapat
·
Memahami arti Asmaul Husna dari Al Muhaimin, Al
Salam, Al Latif, Al Rasyid
·
Siswa mampu menghafal Asmaul Husna dari Al
Muhaimin, Al Salam, Al Latif, Al Rasyid
·
Siswa mampu memberikan contoh sederhana bahwa
Allah bersifat Al Muhaimin, Al Salam, Al Latif, Al Rasyid dan dapat
mengaplikasikan/menerapkan dalam kehidupan sehari-hari
|
B. Materi Pokok
|
: Asmaul
Husna
|
C. Metode Pembelajaran
|
: Tanya jawab
Diskusi
Short Card
Informasi
Pemberian tugas
Demontrasi
|
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
|
|
Pertemuan ke-
|
8 x 35 menit
|
I. Kegiatan Pendahuluan :
|
1. Salam
2. Berdoa
|
II. Kegiatan Inti :
|
·
Menjelaskan arti Asmaul Husna dari Al Muhaimin,
·
Menjelaskan arti Asmaul Husna dari Al Salam,
·
Menjelaskan arti Asmaul Husna dari Al Latif,
·
Menjelaskan arti Asmaul Husna dari Al Rasyid
·
Menghafal Asmaul Husna ;
Al Muhaimin, Al Salam, Al Latif dan Al Rasyid
·
Menjelaskan dan
menunjukkan contoh-contoh sederhana bukti bahwa Allah bersifat Al Muhaimin,
·
Menjelaskan dan
menunjukkan contoh-contoh sederhana bukti bahwa Allah bersifat Al Salam,
·
Menjelaskan dan
menunjukkan contoh-contoh sederhana bukti bahwa Allah bersifat Al Latif,
·
Menjelaskan dan
menunjukkan contoh-contoh sederhana bukti bahwa Allah bersifat Al Rasyid
·
Mengarahkan siswa agar
memiliki rasa Al Muhaimin, Al Salam, Al Latif dan Al Rasyid dan
mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
III. Kegiatan
Penutup :
|
1. Memberi tugas
menghafalkan lagi di rumah
2. Berdo’a
|
E. Sumber Belajar
|
: Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas II, Alat peraga, dll yang
relevan
|
F. Penilaian
|
: Jenis Tagihan :
3. Tugas Individu
4. Tugas Kelompok
Bentuk Tagihan :
3.
Performance (skala sikap)
Pilihan ganda, isian dan uraian singkat
|
Instrumen
penilaian : Terlampir
|
|
Sambit,
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran/Kelas II
Kepala Madrasah
____________________ ________________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah
|
:
|
Mata Pelajaran
|
: Aqidah Aklaq
|
Kelas /
Semester
|
: II / 1
|
Standar Kompetensi
|
: Menghayati Kalimat Tauhid, Sifat-Sifat Allah Yang Terkandung Dalam
Asmaul Husna (Al Muhaimin, As Salam, Al Latif, Ar Rasyid) Berakhlak Terpuji
Dan Menghindari Akhlak Tercela Dalam Kehidupan Sehari-Hari
|
Kompetensi Dasar
|
: Membiasakan berakhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari (2)
|
Indikator
|
:
·
Memahami konteks akhlak
terpuji dari cerita/kisah
·
Dapat memberikan contoh
dari perbuatan terpuji ; ramah/lemah lembut, hormat dan patuh, pandai dan
rajin dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
·
Memahami manfaat dari perbuatan terpuji di atas
|
Alokasi Waktu
|
: 8 x 35 menit
|
A. Tujuan
Pembelajaran
|
:
Siswa dapat
·
Memahami konteks akhlak terpuji dari
cerita/kisah
·
Dapat memberikan contoh dari perbuatan terpuji ;
ramah/lemah lembut, hormat dan patuh, pandai dan rajin dan menerapkannya
dalam kehidupan sehari-hari
·
Memahami manfaat dari perbuatan terpuji di atas
|
B. Materi Pokok
|
: Akhlak
terpuji
|
C. Metode Pembelajaran
|
: Tanya jawab
Diskusi
Short Card
Informasi
Pemberian tugas
Demontrasi
|
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
|
|
Pertemuan ke-
|
8 x 35 menit
|
I. Kegiatan Pendahuluan :
|
1. Salam
2. Berdoa
|
II. Kegiatan Inti :
|
·
Siswa Mendengarkan
cerita/kisah teladan yang bertajuk Akhlak Terpuji
·
Menjelaskan sikap
terpuji, seperti ramah/lemah lembut, hormat, pandai dan rajin
·
Memberikan penjelasan dan
mencontohkan hal sederhana dari perbuatan terpuji dan menjelaskan ciri-ciri
dari perbuatan tersebut
·
Menunjukkan manfaat dari
perbuatan terpuji di atas dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengarahkan dan mengajak
siswa selalu berakhlak terpuji dimanapun berada
|
III. Kegiatan
Penutup :
|
1. Memberi
mempraktekkan akhlaq terpuji di rumah
2. Berdo’a
|
E. Sumber Belajar
|
: Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas II, Alat peraga, dll yang
relevan
|
F. Penilaian
|
: Jenis Tagihan :
Bentuk Tagihan :
Pilihan ganda, isian dan uraian singkat
|
Instrumen
penilaian : Terlampir
|
Sambit,
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran/Kelas II
Kepala Madrasah
____________________ ________________________
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah
|
:
|
Mata Pelajaran
|
: Aqidah Aklaq
|
Kelas /
Semester
|
: II / 1
|
Standar Kompetensi
|
: Menghayati Kalimat Tauhid, Sifat-Sifat Allah Yang Terkandung Dalam
Asmaul Husna (Al Muhaimin, As Salam, Al Latif, Ar Rasyid) Berakhlak Terpuji
Dan Menghindari Akhlak Tercela Dalam Kehidupan Sehari-Hari
|
Kompetensi Dasar
|
: Membiasakan diri untuk menghindari akhlak tercela dalam kehidupan
sehari-hari (2)
|
Indikator
|
:
·
Siswa memahami cerita/kisah teladan tentang
akhlak tercela
·
Siswa dapat menunjukkan ciri-ciri dari sifat
tercela dan dapat menghindari dan menjauhi perbuatan tercela
·
Dapat mencontohkan
perbuatan tercela
·
Dapat meninggalkan dan menghindari dari
perbuatan tercela
|
Alokasi Waktu
|
: 8 x 35 menit
|
A. Tujuan
Pembelajaran
|
:
Siswa dapat
·
Siswa memahami cerita/kisah teladan tentang
akhlak tercela
·
Siswa dapat menunjukkan ciri-ciri dari sifat
tercela dan dapat menghindari dan menjauhi perbuatan tercela
·
Dapat mencontohkan
perbuatan tercela
·
Dapat meninggalkan dan menghindari dari
perbuatan tercela
|
B. Materi Pokok
|
: akhlak
tercela
|
C. Metode Pembelajaran
|
: Tanya jawab
Diskusi
Short Card
Informasi
Pemberian tugas
Demontrasi
|
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
|
|
Pertemuan ke-
|
8 x 35 menit
|
I. Kegiatan Pendahuluan :
|
1. Salam
2. Berdoa
|
II. Kegiatan Inti :
|
·
Siswa Mendengarkan
cerita/kisah teladan tentang Akhlak Tercela
·
Siswa mengamati sikap
tercela, seperti sombong, angkuh/acuh tak acuh dan malas
·
Instruktur/guru menjelaskan dari sifat-sifat
tercela di atas
·
Menunjukkan contoh-contoh dari sikap
sombong/angkuh, acuh tak acuh
·
Menunjukkan akibat dari sikap sombong,
angkuh/acuh tak acuh dan malas
·
Mengarahkan dan mengajak siswa untuk menghindari
sifat sombong, angkuh/acuh tak acuh dan malas
|
III. Kegiatan
Penutup :
|
1. Memberi
mempraktekkan untuk menjauhi akhlaq tercela di rumah
2. Berdo’a
|
E. Sumber Belajar
|
: Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas II, Alat peraga, dll yang
relevan
|
F. Penilaian
|
: Jenis Tagihan :
Bentuk Tagihan :
Pilihan ganda, isian dan uraian singkat
|
Instrumen
penilaian : Terlampir
|
Sambit,
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran/Kelas II
Kepala Madrasah
____________________ ________________________
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah
|
: MIS NU Abu Bakar
|
Mata Pelajaran
|
: Aqidah Aklaq
|
Kelas /
Semester
|
: II / 2
|
Standar Kompetensi
|
: Terbiasa beradab secara islami dalam pergaulan, keadaan khusus, ke
kamar mandi/WC, di jalan, dan kepada binatang/tumbuhan di rumah/ di sekolah
dan meneladani akhlak orang/tokoh
|
Kompetensi Dasar
|
: Membiasakan beradab islami dalam berbicara
|
Indikator
|
:
·
Memahami arti tentag
berbicara yang baik, sopan dan santun
·
Memahami ciri-ciri dari
bicara sopan dan santun kepada orang tua, guru, orang yang lebih tua, orang
yang lebih muda dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
Alokasi Waktu
|
: 8 x 35 menit
|
A. Tujuan
Pembelajaran
|
:
Siswa dapat
·
Memahami arti tentag
berbicara yang baik, sopan dan santun
·
Memahami ciri-ciri dari
bicara sopan dan santun kepada orang tua, guru, orang yang lebih tua, orang
yang lebih muda dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
B. Materi Pokok
|
: Adab
berbicara
|
C. Metode Pembelajaran
|
: Tanya jawab
Diskusi
Short Card
Informasi
Pemberian tugas
Demontrasi
|
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
|
|
Pertemuan ke-
|
8 x 35 menit
|
I. Kegiatan Pendahuluan :
|
1. Salam
2. Berdoa
|
II. Kegiatan Inti :
|
·
Menjelaskan pengertian
tentang berbicara yang baik dalam kehidupan sehari-hari
·
Menjelaskan ciri-ciri
bicara yang sopan dan santun terhadap orang tua, guru, orang yang lebih tua,
teman sebaya dan orang-orang yang lebih muda dalam kehidupan sehari-hari
·
Memberikan contoh-contoh
dari adab berbicara yang baik dan sopan
·
Mengarahkan dan mengajak
siswa agar selalu terlatih dalam berbicara sopan dan santun dalam kehidupan
sehari-hari
|
III. Kegiatan
Penutup :
|
1. Memberi
mempraktekkan untuk berbicara yang santun di rumah
2. Berdo’a
|
E. Sumber Belajar
|
: Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas II, Alat peraga, dll yang
relevan
|
F. Penilaian
|
: Jenis Tagihan :
Bentuk Tagihan :
Pilihan ganda, isian dan uraian singkat
|
Instrumen
penilaian : Terlampir
|
Sambit,
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran/Kelas II
Kepala Madrasah
____________________ ________________________
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah
|
: MIS NU Abu B akar
|
Mata Pelajaran
|
: Aqidah Aklaq
|
Kelas /
Semester
|
: II / 2
|
Standar Kompetensi
|
: Terbiasa beradab secara islami dalam pergaulan, keadaan khusus, ke
kamar mandi/WC, di jalan, dan kepada binatang/tumbuhan di rumah/ di sekolah
dan meneladani akhlak orang/tokoh
|
Kompetensi Dasar
|
: Membiasakan beradab islami ketika bersin
|
Indikator
|
:
·
Siswa hafal do’a bacaan bersin dan menguap
·
Memahami tata cara bersin, menguap dan buang
angin serta meludah yang baik, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
·
Memahami manfaat dari bersin yang baik, menguap
yang baik, buang angin yang baik dan meludah yang baik
·
Menerapkan dan mengaplikasikan adab tersebut di
atas dalam kehidupan
|
Alokasi Waktu
|
: 8 x 35 menit
|
A. Tujuan
Pembelajaran
|
:
Siswa dapat
·
Siswa hafal do’a bacaan bersin dan menguap
·
Memahami tata cara bersin, menguap dan buang
angin serta meludah yang baik, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
·
Memahami manfaat dari bersin yang baik, menguap
yang baik, buang angin yang baik dan meludah yang baik
·
Menerapkan dan mengaplikasikan adab tersebut di
atas dalam kehidupan
|
B. Materi Pokok
|
: Adab
bersin
|
C. Metode Pembelajaran
|
: Tanya jawab
Diskusi
Short Card
Informasi
Pemberian tugas
Demontrasi
|
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
|
|
Pertemuan ke-
|
8 x 35 menit
|
I. Kegiatan Pendahuluan :
|
1. Salam
2. Berdoa
|
II. Kegiatan Inti :
|
·
Melafalkan do’a bacaan
yang diucapkan ketika bersin dan menguap
·
Siswa dapat menghafalkannnya secara bersama-sama
·
Menjelaskan tata cara
bersin, menguap, buang angin dan meludah yang baik
·
Memberikan kepada siswa
contoh sikap yang baik dan tidak baik ketika bersin, menguap, buang angin dan
meludah
·
Menunjukkan kepada siswa
manfaat menerapkan adab yang baik dan tidak baik ketika bersin, menguap,
buang angin dan meludah
·
Mengarahkan kepada siswa
untuk berdo’a dan bersikap yang baik ketika bersin, menguap, buang angin dan
meludah
|
III. Kegiatan
Penutup :
|
1. Memberi
mempraktekkan untuk saling mendoakan ketika bersin, menguap, buang angin dan
meludah di rumah
2. Berdo’a
|
E. Sumber Belajar
|
: Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas II, Alat peraga, dll yang
relevan
|
F. Penilaian
|
: Jenis Tagihan :
Bentuk Tagihan :
Pilihan ganda, isian dan uraian singkat
|
Instrumen
penilaian : Terlampir
|
Sambit,
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran/Kelas II
Kepala Madrasah
____________________ ________________________
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah
|
: MIS NU Abu B akar
|
Mata Pelajaran
|
: Aqidah Aklaq
|
Kelas /
Semester
|
: II / 2
|
Standar Kompetensi
|
: Terbiasa beradab secara islami dalam pergaulan, keadaan khusus, ke
kamar mandi/WC, di jalan, dan kepada binatang/tumbuhan di rumah/ di sekolah
dan meneladani akhlak orang/tokoh
|
Kompetensi Dasar
|
: Membiasakan beradab secara islami ketika ke kamar mandi/WC
|
Indikator
|
:
·
Siswa dapat melafalkan
dan hafal do’a masuk kamar mandi dan WC
·
Memahami tata cara masuk
kamar mandi / WC yang baik
·
Bersikap baik ketika berada di kamar mandi/WC
·
Berdo’a ketika masuk kamar mandi dan WC, serta
beradab baik ketika buang air besar dan buang air kecil
|
Alokasi Waktu
|
: 8 x 35 menit
|
A. Tujuan
Pembelajaran
|
:
Siswa dapat
·
Siswa dapat melafalkan dan hafal do’a masuk
kamar mandi dan WC
·
Memahami tata cara masuk kamar mandi / WC yang
baik
·
Bersikap baik ketika berada di kamar mandi/WC
·
Berdo’a ketika masuk kamar mandi dan WC, serta
beradab baik ketika buang air besar dan buang air kecil
|
B. Materi Pokok
|
: Adab
ke kamar mandi
|
C. Metode Pembelajaran
|
: Tanya jawab
Diskusi
Short Card
Informasi
Pemberian tugas
Demontrasi
|
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
|
|
Pertemuan ke-
|
8 x 35 menit
|
I. Kegiatan Pendahuluan :
|
1. Salam
2. Berdoa
|
II. Kegiatan Inti :
|
·
Siswa melafalkan do’a
sebelum dan sesudah buang air besar dan kecil
·
Siswa menghafal do’a
masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi
·
Menjelaskan tata cara masuk kamar mandi/WC yang
baik
·
Menunjukkan sikap yang baik ketika berada di
kamara mandi/WC dan sikap tidak baik ketika di kamar mandi/WC
·
Mengarahkan dan mengajak siswa untuk selalu
berdo’a ketika masuk kamar mandi/WC dan beradab yang baik ketika buang air
besar dan kecil
|
III. Kegiatan
Penutup :
|
1. Memberi mempraktekkan
untuk berdoa sebelum dan sesudah masuk wc di rumah
2. Berdo’a
|
E. Sumber Belajar
|
: Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas II, Alat peraga, dll yang
relevan
|
F. Penilaian
|
: Jenis Tagihan :
Bentuk Tagihan :
Performance (skala sikap)
Pilihan ganda, isian dan uraian singkat
|
Instrumen
penilaian : Terlampir
|
Sambit,
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran/Kelas II
Kepala Madrasah
____________________ ________________________
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah
|
: MIS NU Abu Bakar
|
Mata Pelajaran
|
: Aqidah Aklaq
|
Kelas /
Semester
|
: II / 2
|
Standar Kompetensi
|
: Terbiasa beradab secara islami dalam pergaulan, keadaan khusus, ke
kamar mandi/WC, di jalan, dan kepada binatang/tumbuhan di rumah/ di sekolah
dan meneladani akhlak orang/tokoh
|
Kompetensi Dasar
|
: Mencintai dan meneladani orang/tokoh yang berakhlak mulia (keteguhan
dan kecerdasan nabi Ibrahim)
|
Indikator
|
:
·
Siswa dapat menyebutkan
keteguhan dari kisah nabi Ibrahim as yang telah disajikan melalui VCD/film
·
Siswa dapat menceritakan
manfaat keteguhan iman nabi Ibrahim as
·
Siswa dapat meneladani
keteguhan iman nabi Ibrahim as
|
Alokasi Waktu
|
: 8 x 35 menit
|
A. Tujuan
Pembelajaran
|
:
Siswa dapat
·
Siswa dapat menyebutkan keteguhan dari kisah
nabi Ibrahim as yang telah disajikan melalui VCD/film
·
Siswa dapat menceritakan manfaat keteguhan iman
nabi Ibrahim as
·
Siswa dapat meneladani
keteguhan iman nabi Ibrahim as
|
B. Materi Pokok
|
: Keteguhan dan
kecerdasan nabi Ibrahim
|
C. Metode Pembelajaran
|
: Tanya jawab
Diskusi
Short Card
Informasi
Pemberian tugas
Demontrasi
|
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
|
|
Pertemuan ke-
|
8 x 35 menit
|
I. Kegiatan Pendahuluan :
|
1. Salam
2. Berdoa
|
II. Kegiatan Inti :
|
·
Menjelaskan sifat keteguhan iman danri kisah
nabi Ibrahim as
·
Menayangkan keteguhan nabi Ibrahim melalui
cerita
·
Menjelaskan manfaat dari keteguhan nabi Ibrahim
as
·
Mengarahkan siswa untuk mempunyai rasa
senang/cinta kepada keteguhan nabi Ibrahim as
|
III. Kegiatan
Penutup :
|
1. Memberi
mempraktekkan keteguhan Nabi Ibrahim di rumah
2. Berdo’a
|
E. Sumber Belajar
|
: Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas II, Alat peraga, dll yang
relevan
|
F. Penilaian
|
: Jenis Tagihan :
1.
Tugas Individu
2.
Tugas Kelompok
Bentuk Tagihan :
Performance (skala sikap)
Pilihan ganda, isian dan uraian singkat
|
Instrumen
penilaian : Terlampir
|
Sambit,
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran/Kelas II
Kepala Madrasah
____________________ ________________________
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah
|
:
|
Mata Pelajaran
|
: Aqidah Aklaq
|
Kelas /
Semester
|
: II / 2
|
Standar Kompetensi
|
: Terbiasa beradab secara islami dalam pergaulan, keadaan khusus, ke
kamar mandi/WC, di jalan, dan kepada binatang/tumbuhan di rumah/ di sekolah
dan meneladani akhlak orang/tokoh
|
Kompetensi Dasar
|
: Menghindari sifat-sifat dan prilaku orang/tokoh berakhlak tercela
|
Indikator
|
:
·
Siswa memahami dan dapat menyebutkan
sifat malas, acuh tak acuh (perbuatan tercela)
·
Memahami ciri-ciri dari
sifat tercela (malas, acuh tak acuh)
·
Mampu mendiskripsikan
sifat tercela dan dapat mencontohkan dalam bentuk sederhana
·
Mampu menghindari dan
menjauhi akhlak tercela
|
Alokasi Waktu
|
: 8 x 35 menit
|
A. Tujuan
Pembelajaran
|
:
Siswa dapat
·
Siswa memahami dan dapat menyebutkan sifat
malas, acuh tak acuh (perbuatan tercela)
·
Memahami ciri-ciri dari sifat tercela (malas,
acuh tak acuh)
·
Mampu mendiskripsikan sifat tercela dan dapat
mencontohkan dalam bentuk sederhana
·
Mampu menghindari dan
menjauhi akhlak tercela
|
B. Materi Pokok
|
: Tokoh
yang berakhlak tercela
|
C. Metode Pembelajaran
|
: Tanya jawab
Diskusi
Short Card
Informasi
Pemberian tugas
Demontrasi
|
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
|
|
Pertemuan ke-
|
8 x 35 menit
|
I. Kegiatan Pendahuluan :
|
1. Salam
2. Berdoa
|
II. Kegiatan Inti :
|
·
Instruktur dapat
menyebutkan sifat malas/acuh tak acuh dari kisah/cerita/tokoh yang telah
disajikan melalui Cerita
·
Siswa mendiskusikan
ciri-ciri dari sifat tercela dan menceritakan kepada kelompok diskusi
·
Instruktur menceritakan
contoh-contoh akibat sifat malas/acuh tak acuh dari kisah/cerita/tokoh
·
Mengarahkan dan mengajak
siswa agar menghindari dan menjauhi dari perbuatan tercela (acuh tak acuh,
malas)
|
III. Kegiatan
Penutup :
|
1. Mengambil hikmah
dari cerita dalam kehidupan di rumah
2. Berdo’a
|
E. Sumber Belajar
|
: Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas II, Alat peraga, dll yang
relevan
|
F. Penilaian
|
: Jenis Tagihan :
1.
Tugas Individu
2.
Tugas Kelompok
Bentuk Tagihan :
Performance (skala sikap)
Pilihan ganda, isian dan uraian singkat
|
Instrumen
penilaian : Terlampir
|
Sambit,
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran/Kelas II
Kepala Madrasah
____________________ ________________________
Online Casino | No deposit bonus for casino players
ReplyDeleteOnline casino 안전한 온라인 카지노 no deposit bonus for casino players. A no deposit bonus that will attract new players to try their favourite games and games from the