
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : V ( Lima ) / 1 (
Ganjil )
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami
arti surat pendek
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Menerjemahkan
surat al-kafirun , surat al-Ma’un ,dan surat at-Takatsur
C. MATERI PELAJARAN
§ surat al-Kafirun
§ surat al-Ma’un
§ surat at-Takatsur
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Drill
§ Imla’
§ Demonstrasi
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pertemuan
I:
Pendahuluan
§
Memberikan motivasi betapa pentingnya belajar al Qur’an
§
Guru mengajak siswa mengingat kembali bacaan
surat-surat pendek yang pernah dipelajari ke kelas 3.
Kegiatan Inti
§ Menggali informasi tentang terjemah lafdhiyah surat
al-Kafirun melalui membaca /bertanya
§ Bermain game mencocokkan terjemah lafdhiyah dengan ayat dalam surat al-Kafirun
§ Secara berpasangan siswa bergantian menterjemahkan
masing-masing ayat.
Kegiatan
Penutup
§
Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari.
§
Guru memberikan reward kepada siswa yang hafal dengan
lancar dan menulis dengan rapi dan benar.
|
5 Menit
60
Menit
5 Menit
|
|
2.
|
Pertemuan II:
Pendahuluan
§
Memberikan
kembali motivasi betapa pentingnya
belajar al Qur’an.
§
Guru mengajak siswa membacakan kembali secara
bersama-sama bacaan
Kegiatan Inti
§ Menggali informasi tentang terjemah lafdhiyah surat
al-Ma’un melalui membaca /bertanya
§ Bermain game mencocokkan terjemah lafdhiyah dengan ayat dalam surat al-Ma’un
§ Secara berpasangan siswa bergantian menterjemahkan
masing-masing ayat
Kegiatan
Penutup
§
Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari.
§
Guru memberikan reward kepada siswa yang hafal dengan
lancar dan menulis dengan rapi dan benar.
|
5 Menit
60
Menit
5 Menit
|
|
3.
|
Pertemuan III:
Pendahuluan
§ Memberikan motivasi betapa pentingnya belajar al
Qur’an. Apalagi sampai mengerti betul maknanya.
§
Guru
mengajak siswa membacakan kembali secara bersama-sama bacaan
Kegiatan Inti
§ Menggali informasi tentang terjemah lafdhiyah surat
at-Takatsur melalui membaca /bertanya
§ Bermain game mencocokkan terjemah lafdhiyah dengan ayat dalam surat at-Takatsur
§ Secara berpasangan siswa bergantian menterjemahkan
masing-masing ayat
Kegiatan
Penutup
§
Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari.
§
Guru memberikan reward kepada siswa yang telah menulis
kaligrafi dengan rapi dan benar.
|
5 Menit
60
Menit
5 Menit
|
F.
MEDIA / SUMBER
§ Kartu ayat dan tafsir Al-Qur’an
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menyebutkan terjemahan ayat-ayat dalam surat al-kafirun , surat al-Ma’un
,dan surat at-Takatsur secara urut dan acak
§ Meneruskan terjemahan ayat-ayat dalam surat al-kafirun , surat al-Ma’un
,dan surat at-Takatsur
§ Menterjemahkan surat al-kafirun , surat al-Ma’un
,dan surat at-Takatsur secara keseluruhan
|
Tes tulis
|
Tes subyektif
|
§ Sebutkan surat Al-‘Adiyat secara keseluruhan!
§ Sebutkan surat Al- Insyiroh secara keseluruhan!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : V ( Lima ) / 1 (
Ganjil )
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami
arti surat pendek
B. Kompetensi Dasar
1.2 Menjelaskan
isi kandungan surat al-Kafirun,surat al-Ma’un,dan surat at-Takatsur secara
sedarhana
C. MATERI PELAJARAN
§ surat al-Kafirun
§ surat al-Ma’un
§ surat at-Takatsur
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Drill
§ Imla’
§ Demonstrasi
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pertemuan
I:
Pendahuluan
§ Memberikan motivasi betapa pentingnya belajar al Qur’an
§
Guru mengajak siswa mengingat kembali bacaan
surat-surat pendek yang pernah dipelajari ke kelas 3.
Kegiatan Inti
§ Menggali informasi tentang terjemah lafdhiyah surat
al-Kafirun melalui membaca /bertanya
§ Bermain game mencocokkan terjemah lafdhiyah dengan ayat dalam surat al-Kafirun
§ Secara berpasangan siswa bergantian menterjemahkan
masing-masing ayat.
Kegiatan
Penutup
§
Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari.
§
Guru memberikan reward kepada siswa yang hafal dengan
lancar dan menulis dengan rapi dan benar.
|
5 Menit
60
Menit
5 Menit
|
|
2.
|
Pertemuan II:
Pendahuluan
§
Memberikan
kembali motivasi betapa pentingnya
belajar al Qur’an.
§
Guru mengajak siswa membacakan kembali secara
bersama-sama bacaan
Kegiatan Inti
§
Menggali informasi tentang terjemah lafdhiyah
§
Bermain game mencocokkan terjemah lafdhiyah dengan ayat dalam
§ Secara berpasangan siswa bergantian menterjemahkan
masing-masing ayat
Kegiatan
Penutup
§
Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari.
§
Guru memberikan reward kepada siswa yang hafal dengan
lancar dan menulis dengan rapi dan benar.
|
5 Menit
60
Menit
5 Menit
|
|
3.
|
Pertemuan III:
Pendahuluan
§ Memberikan motivasi betapa pentingnya belajar al
Qur’an. Apalagi sampai mengerti betul maknanya.
§
Guru
mengajak siswa membacakan kembali secara bersama-sama bacaan
Kegiatan Inti
§
Menggali informasi tentang terjemah lafdhiyah
§
Bermain game mencocokkan terjemah lafdhiyah dengan ayat dalam
§ Secara berpasangan siswa bergantian menterjemahkan
masing-masing ayat
Kegiatan
Penutup
§
Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari.
§
Guru memberikan reward kepada siswa yang telah menulis
kaligrafi dengan rapi dan benar.
|
5 Menit
60
Menit
5 Menit
|
F.
MEDIA / SUMBER
§ Buku paket dan tafsir Al-Qur’an
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Meyebutkan
makna-makna umum yang terkandung dalam surat Al-Kafirun
§ Menjelaskan isi kandungan surat Al-Kautsar tentang
larangan mencampuradukkan ajaran agama
secara sederhana
§ Menyebutkan contoh perilaku mencampuradukkan ajaran
agama
§ Meyebutkan isi yang terkandung dalam surat al-Ma’un
§ Menjelaskan isi kandungan surat al-Ma’un tentang
mendustakan agama secara sederhana
§ Menyebutkan contoh perilaku orang yang mendustakan
agama
§ Menyebutkan makna-makna umum yang terkandung dalam surat at-Takatsur
§ Menjelaskan isi kandungan surat at-Takatsur tentang
bermegah-megah dalam hal harta sampai melupakan Allah secara sederhana
§ Menyebutkan contoh perilaku orang yang bermegah-megah
dalam hal harta sampai melupakan Allah
|
Tes tulis
|
Tes subyektif
|
§ Sebutkan makna-makna umum yang terkandung dalam surat
al-Kafirun,surat al-Ma’un,dan surat at-Takatsur!
§ Jelaskan isi kandungan surat
al-Kafirun,surat al-Ma’un,dan surat at-Takatsur tentang
larangan mencampuradukkan ajaran agama
secara sederhana
§ Sebutkan contoh perilaku mencampuradukkan ajaran agama
§ Sebutkan contoh perilaku orang yang mendustakan agama
§ Sebutkan contoh perilaku orang yang bermegah-megah
dalam hal harta sampai melupakan Allah
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : V ( Lima ) / 1 ( Ganjil
)
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
2. Memahami
arti hadits tentang tentang menyayangi anak yatim
B.
Kompetensi Dasar
2.1 Menerjemahkan
hadits tentang menyayangi anak yatim
C. MATERI PELAJARAN
§ Hadits tentang menyayangi anak yatim
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Penugasan
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
10
menit
|
|
§
Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan
keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan
kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§ Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang hadits
yang akan di pelajari
|
Teknik
pembagian kelompok
|
3 menit
2 menit
5 menit
|
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
45
menit
|
|
§ Menggali informasi tentang terjemah lafdhiyah hadits
tentang menyayangi anak yatim
§ Bermain game mencocokkan terjemah dengan kata dalam
hadits
|
Buku paket
Lafal hadits tentang menyayangi
anak yatim
|
||
3.
|
PENUTUP
|
5
menit
|
|
§ Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan hadits dengan
benar
§ Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan
menghafalkan hadits
|
Instrumen
tugas individu
|
F. MEDIA / SUMBER
§ Buku paket
§ Buku yang relevan
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menyebutkan terjemahan hadits tentang menyayangi anak
yatim tiap kata
§ Meneruskan terjemahan hadits tentang menyayangi anak
yatim secara acak
§ Menterjemahkan hadits tentang menyayangi anak yatim
secara keseluruhan
|
Tes tulis
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan terjemahan hadits tentang menyayangi anak
yatim tiap kata!
§ Sebutkan hadits tentang menyayangi anak yatim secara
keseluruhan!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : V ( Lima ) / 1 ( Ganjil
)
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
2. Memahami
arti hadits tentang tentang menyayangi anak yatim
B.
Kompetensi Dasar
2.2 Menjelas-kan
isi kandungan hadits ten-tang me-nyayangi anak yatim secara sedarhana
C. MATERI PELAJARAN
§ Kandungan hadits tentang menyayangi anak
yatim
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Penugasan
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
10
menit
|
|
§
Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan
keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan
kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§ Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang hadits
yang akan di pelajari
|
Teknik
pembagian kelompok
|
3 menit
2 menit
5 menit
|
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
45
menit
|
|
§ Mendengarkan penjelasan isi kandungan hadits tentang
menyayangi anak yatim
§ Siswa dibimbing guru menyimpulkan hasil diskusi
|
Buku paket
Lafal hadits tentang menyayangi anak
yatim
|
||
3.
|
PENUTUP
|
5
menit
|
|
§ Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan hadits dengan
benar
§ Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan
menghafalkan hadits
|
Instrumen
tugas individu
|
F. MEDIA / SUMBER
§ Buku paket
§ Buku yang relevan
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menyebutkan arti yatim
§ Menunjukkan contoh perilaku mencintai anak yatim
§ Menyebutkan hikmah mencintai anak yatim
§ Menjelaskan akibat mengabaikan anak yatim
|
Tes tulis
|
Unjuk kerja
|
§ Jelaskan arti arti yatim!
§ Sebutkan contoh perilaku mencintai anak yatim!
§ Sebutkan hikmah mencintai anak yatim!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : V ( Lima ) / 2 (
Genap
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
3. Menghafal
surat-surat pendek secara benar dan fasih
B. Kompetensi Dasar
3.1 Membaca
surat al-‘Alaq secara benar dan fasih
C. MATERI PELAJARAN
§ Surat al-‘Alaq
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Penugasan
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/
SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
10
menit
|
|
§
Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan
keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan
kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§ Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa dalam
melafalkan
|
Teknik
pembagian kelompok
|
||
2.
|
KEGIATAN INTI
|
45
menit
|
|
§ Siswa menyimak penjelasan guru tentang,
§ Melalui mendengar, siswa menirukan setiap pelafalan
§ Secara berulang-ulang (drill), siswa menirukan
pelafalan
§ Dengan tehnik adu cepat, secara berkelompok siswa
melafalkan
§
Dengan cara bermain game tebak yang dipandu langsung
oleh guru, siswa melafalkan
§ Secara berkelompok siswa melafalkan
§
Secara berkelompok dan indifidu, siswa bergantian untuk
melafalkan
|
Guru, slide, tape recorder
Instrumen kuis
Instrument kuis dan kartu ayat
Papan penilaian
Papan penilaian
|
||
3.
|
PENUTUP
|
5
menit
|
|
§
Guru mengulang kembali pelafalan
§
Mengadakan tanya jawab secara klasikal tentang materi
yang dipelajarai.
|
Instrumen
tugas individu
|
F.
MEDIA / SUMBER
§ Kaset VCD Al-Qur’an
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Melafalkan tiap ayat dari surat Al-‘Alaq
§
Membaca tiap ayat surat Al-‘Alaq
§
Membaca surat Al-‘Alaq secara keseluruhan
|
Tes lisan
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan surat Al-‘Alaq secara keseluruhan!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : V ( Lima ) / 2 (
Genap
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
3. Menghafal
surat-surat pendek secara benar dan fasih
B. Kompetensi Dasar
3.2 Menghafal
surat al-‘Alaq secara benar dan fasih
C. MATERI PELAJARAN
§ Hafalan surat al-‘Alaq
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Menyimak berulang-ulang bacaan surat al-‘Alaq
§ Bermain “Rubu’iyah”atau kwartet dengan kartu
ayat dari surat al-‘Alaq
§ Menghafal surat al-‘Alaq secara benar dan
fasih secara berkelompok
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/
SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
10
menit
|
|
§
Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan
keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan
kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§ Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa dalam
melafalkan
|
Teknik
pembagian kelompok
|
||
2.
|
KEGIATAN INTI
|
45
menit
|
|
§ Siswa menyimak penjelasan guru tentang,
§ Melalui mendengar, siswa menirukan setiap pelafalan
§ Secara berulang-ulang (drill), siswa menirukan
pelafalan
§ Dengan tehnik adu cepat, secara berkelompok siswa
melafalkan
§
Dengan cara bermain game tebak yang dipandu langsung
oleh guru, siswa melafalkan
§ Secara berkelompok siswa melafalkan
§ Secara berkelompok dan indifidu, siswa bergantian untuk
|
Guru, slide, tape recorder
Instrumen kuis
Instrument kuis dan kartu ayat
Papan penilaian
Papan penilaian
|
||
3.
|
PENUTUP
|
5
menit
|
|
§
Guru mengulang kembali pelafalan
§
Mengadakan tanya jawab secara klasikal tentang materi
yang dipelajarai.
|
Instrumen
tugas individu
|
F. MEDIA / SUMBER
§ Kartu ayat
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Melanjutkan potongan ayat secara acak dalam surat
‘Al-‘Alaq tanpa melihat Al-Qur’an
§ Menyebutkan nomor ayat ketika surat al-‘Alaq dibaca
secara acak
§ Menghafal surat al-‘Alaq
|
Tes lisan
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan nomor ayat ketika surat al-‘Alaq dibaca secara
acak!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : V ( Lima ) / 2 (
Genap
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A. STANDAR KOMPETENSI
4. Memahami
arti surat pendek
B. Kompetensi Dasar
4.1 Menterjemahkan
surat Al-Qadr
C. MATERI PELAJARAN
§ Surat al-Qadr
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Penugasan
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/
SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
10
menit
|
|
§
Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan
keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan
kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§ Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa dalam
melafalkan
|
Teknik
pembagian kelompok
|
||
2.
|
KEGIATAN INTI
|
45
menit
|
|
§
Siswa menyimak penjelasan guru tentang,
§ Melalui mendengar, siswa menirukan setiap pelafalan
§ Secara berulang-ulang (drill), siswa menirukan
pelafalan
§ Dengan tehnik adu cepat, secara berkelompok siswa
melafalkan
§
Dengan cara bermain game tebak yang dipandu langsung
oleh guru, siswa melafalkan
§
Secara berkelompok siswa melafalkan
§
Secara berkelompok dan indifidu, siswa bergantian untuk
|
Guru, slide, tape recorder
Instrumen kuis
Instrument kuis dan kartu ayat
Papan penilaian
Papan penilaian
|
||
3.
|
PENUTUP
|
5
menit
|
|
§
Guru mengulang kembali pelafalan
§
Mengadakan tanya jawab secara klasikal tentang materi
yang dipelajarai.
|
Instrumen
tugas individu
|
F. MEDIA / SUMBER
§ Kaset VCD Al-Qur’an
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menyebutkan terjemahan ayat surat Al-Qadr secara acak
§ Meneruskan terjemahan ayat surat Al-Qadr
§ Menterjemahkan surat Al-Qadr secara keseluruhan
|
Tes lisan
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan terjemahan ayat surat Al-Qadr secara acak!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : V ( Lima ) / 2 (
Genap
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A. STANDAR KOMPETENSI
4. Memahami
arti surat pendek
B. Kompetensi Dasar
4.2 Menjelaskan
isi kandungan surat Al-Qadr tentang malam Lailatul Qadr secara sederhana
C. MATERI PELAJARAN
§ Surat al-Qadr
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Penugasan
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/
SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
10
menit
|
|
§
Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan
keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan
kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§ Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa dalam
melafalkan
|
Teknik
pembagian kelompok
|
||
2.
|
KEGIATAN INTI
|
45
menit
|
|
§
Siswa menyimak penjelasan guru tentang,
§ Melalui mendengar, siswa menirukan setiap pelafalan
§ Secara berulang-ulang (drill), siswa menirukan
pelafalan
§ Dengan tehnik adu cepat, secara berkelompok siswa
melafalkan
§
Dengan cara bermain game tebak yang dipandu langsung
oleh guru, siswa melafalkan
§
Secara berkelompok siswa melafalkan
§
Secara berkelompok dan indifidu, siswa bergantian untuk
|
Guru, slide, tape recorder
Instrumen kuis
Instrument kuis dan kartu ayat
Papan penilaian
Papan penilaian
|
||
3.
|
PENUTUP
|
5
menit
|
|
§
Guru mengulang kembali pelafalan
§
Mengadakan tanya jawab secara klasikal tentang materi
yang dipelajarai.
|
Instrumen
tugas individu
|
F. MEDIA / SUMBER
§ Kaset VCD Al-Qur’an
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menyebutkan terjemahan ayat surat Al-Qadr secara acak
§ Meneruskan terjemahan ayat surat Al-Qadr
§ Menterjemahkan surat Al-Qadr secara keseluruhan
|
Tes lisan
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan terjemahan ayat surat Al-Qadr secara acak!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : V ( Lima ) / 2 (
Genap
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
5. Memahami
arti hadits tentang taqwa dan ciri-ciri orang munafik
B.
Kompetensi Dasar
5.1 Menterjemahkan
Hadits tentang taqwa dan ciri-ciri orang munafik
C. MATERI PELAJARAN
§ Hadits tentang taqwa
§ Hadits tentang ciri-ciri orang munafiq
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Penugasan
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
10
menit
|
|
§
Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan
keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan
kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§ Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang hadits
yang akan di pelajari
|
Teknik
pembagian kelompok
|
3 menit
2 menit
5 menit
|
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
45
menit
|
|
§ Menggali informasi lafdziah hadits tentang taqwa
§
Bermain game mencocokkkan terjemah secara lafdhiyah
dari hadits tentang taqwa
§
Bermain game mencocokkkan terjemah secara lafdhiyah
dari hadits tentang ciri orang yang munafik
§ Bergantian dengan teman saling menyimak terjemahan
hadits tentang taqwa
|
Buku paket
Lafal hadits tentang menyayangi
anak yatim
|
||
3.
|
PENUTUP
|
5
menit
|
|
§ Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan hadits dengan
benar
§ Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan
menghafalkan hadits
|
Instrumen
tugas individu
|
F. MEDIA / SUMBER
§ Buku paket
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Menyebutkan terjemahan hadits tentang taqwa
§ Meneruskan terjemahan hadits tentang taqwa secara acak
§ Menterjemahkan hadits tentang taqwa secara keseluruhan
§ Menyebutkan terjemahan hadits tentang menyayangi anak
yatim tiap kata
§ Meneruskan terjemahan hadits tentang menyayangi anak
yatim secara acak
§ Menterjemahkan hadits tentang menyayangi anak yatim
secara keseluruhan
|
Tes lisan
|
Unjuk kerja
|
§ Jelaskan terjemahan hadits tentang taqwa!
§ Sebutkan terjemahan hadits tentang menyayangi anak
yatim tiap kata!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : V ( Lima ) / 2 (
Genap
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
5. Memahami
arti hadits tentang taqwa dan ciri-ciri orang munafik
B.
Kompetensi Dasar
5.2 Menjelaskan isi kandungan
hadits tentang taqwa dan ciri-ciri orang munafik
C. MATERI PELAJARAN
§ Hadits tentang taqwa
Hadits tentang taqwa
§ Hadits
tentang ciri-ciri orang munafik
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Penugasan
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
10
menit
|
|
§
Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan
keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan
kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§ Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang hadits
yang akan di pelajari
|
Teknik
pembagian kelompok
|
3 menit
2 menit
5 menit
|
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
45
menit
|
|
§
Studi literatur tentang taqwa
§ Siswa secara bersama dibimbing guru menyimpulkan hasil
diskusi
§
Studi literatur tentang munafik
§ Siswa secara bersama dibimbing guru menyimpulkan hasil
diskusi
|
Buku paket
Lafal hadits tentang menyayangi
anak yatim
|
||
3.
|
PENUTUP
|
5
menit
|
|
§ Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan hadits dengan
benar
§ Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan
menghafalkan hadits
|
Instrumen
tugas individu
|
F. MEDIA / SUMBER
§ Kartu ayat terjemah dan tafsir Al-Qur’an
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Menyebutkan arti taqwa
§
Menunjukkan contoh perilaku orang bertaqwa
§
Menyebutkan hikmah taqwa
§
Menjelaskan akibat tidak bertaqwa
§
Menyebutkan arti munafik
§
Menunjukkan contoh perilaku orang munafik
§ Menjelaskan
akibat munafik
|
Tes tulis
Tes lisan
|
Tes subyektif
|
§ Jelaskan arti
taqwa!
§ Sebutkan contoh perilaku orang bertaqwa!
§ Jelaskan arti
munafik!
§ Sebutkan contoh perilaku orang munafik!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
No comments:
Post a Comment