Search This Blog

Wednesday, 11 January 2017

Rpp Qur'dis kelas 5 semester 1 dan 2 terbaru 2017

Rounded Rectangle: RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

MATA PELAJARAN:
QUR’AN HADITS
KELAS V SEMESTER 1
 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : V ( Lima )  / 1  ( Ganjil )
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit


A.       STANDAR KOMPETENSI
1.      Memahami arti surat pendek

B.       Kompetensi Dasar
1.1    Menerjemahkan surat al-kafirun , surat al-Ma’un ,dan surat at-Takatsur

C.       MATERI PELAJARAN
§  surat al-Kafirun
§  surat al-Ma’un
§  surat at-Takatsur

D.       METODE PEMBELAJARAN
§  Drill
§  Imla’
§  Demonstrasi




E.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pertemuan I:
Pendahuluan
§  Memberikan motivasi betapa pentingnya belajar al Qur’an
§  Guru mengajak siswa mengingat kembali bacaan surat-surat pendek yang pernah dipelajari ke kelas 3.

Kegiatan Inti
§  Menggali informasi tentang terjemah lafdhiyah surat al-Kafirun melalui membaca /bertanya
§  Bermain game mencocokkan terjemah lafdhiyah  dengan ayat dalam surat al-Kafirun
§  Secara berpasangan siswa bergantian menterjemahkan masing-masing ayat.  

Kegiatan Penutup
§  Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
§  Guru memberikan reward kepada siswa yang hafal dengan lancar dan menulis dengan rapi dan benar.

5 Menit





60 Menit





5 Menit


2.
Pertemuan II:
Pendahuluan
§   Memberikan kembali motivasi betapa pentingnya  belajar al    Qur’an.
§  Guru mengajak siswa membacakan kembali secara bersama-sama bacaan surat al Insyiraah yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Kegiatan Inti
§  Menggali informasi tentang terjemah lafdhiyah surat al-Ma’un melalui membaca /bertanya
§  Bermain game mencocokkan terjemah lafdhiyah  dengan ayat dalam surat al-Ma’un
§  Secara berpasangan siswa bergantian menterjemahkan masing-masing ayat

Kegiatan Penutup
§  Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
§  Guru memberikan reward kepada siswa yang hafal dengan lancar dan menulis dengan rapi dan benar.

5 Menit




60 Menit





5 Menit



                        
3.
Pertemuan III:
Pendahuluan
§  Memberikan motivasi betapa pentingnya belajar al Qur’an. Apalagi sampai mengerti betul maknanya.
§   Guru mengajak siswa membacakan kembali secara bersama-sama bacaan  surat al Adiyat dan  al Insyiraah yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

Kegiatan Inti
§  Menggali informasi tentang terjemah lafdhiyah surat at-Takatsur melalui membaca /bertanya
§  Bermain game mencocokkan terjemah lafdhiyah  dengan ayat dalam surat at-Takatsur
§  Secara berpasangan siswa bergantian menterjemahkan masing-masing ayat
Kegiatan Penutup
§  Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
§  Guru memberikan reward kepada siswa yang telah menulis kaligrafi dengan rapi dan benar.

5 Menit






60 Menit




5 Menit



F.        MEDIA / SUMBER
§  Kartu ayat dan tafsir Al-Qur’an

G.       PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Menyebutkan terjemahan ayat-ayat dalam  surat al-kafirun , surat al-Ma’un ,dan surat at-Takatsur secara urut dan acak
§  Meneruskan terjemahan ayat-ayat dalam  surat al-kafirun , surat al-Ma’un ,dan surat at-Takatsur
§  Menterjemahkan surat al-kafirun , surat al-Ma’un ,dan surat at-Takatsur secara keseluruhan
Tes tulis
 

Tes subyektif
§  Sebutkan surat Al-‘Adiyat secara keseluruhan!

§  Sebutkan surat Al- Insyiroh secara keseluruhan!







Mengetahui,
Kepala Madrasah





................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits





................................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : V ( Lima )  / 1  ( Ganjil )
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit


A.       STANDAR KOMPETENSI
1.      Memahami arti surat pendek

B.       Kompetensi Dasar
1.2    Menjelaskan isi kandungan surat al-Kafirun,surat al-Ma’un,dan surat at-Takatsur secara sedarhana

C.       MATERI PELAJARAN
§  surat al-Kafirun
§  surat al-Ma’un
§  surat at-Takatsur

D.       METODE PEMBELAJARAN
§  Drill
§  Imla’
§  Demonstrasi




E.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pertemuan I:
Pendahuluan
§  Memberikan motivasi betapa pentingnya belajar al Qur’an
§  Guru mengajak siswa mengingat kembali bacaan surat-surat pendek yang pernah dipelajari ke kelas 3.

Kegiatan Inti
§  Menggali informasi tentang terjemah lafdhiyah surat al-Kafirun melalui membaca /bertanya
§  Bermain game mencocokkan terjemah lafdhiyah  dengan ayat dalam surat al-Kafirun
§  Secara berpasangan siswa bergantian menterjemahkan masing-masing ayat.  

Kegiatan Penutup
§  Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
§  Guru memberikan reward kepada siswa yang hafal dengan lancar dan menulis dengan rapi dan benar.

5 Menit





60 Menit





5 Menit


2.
Pertemuan II:
Pendahuluan
§   Memberikan kembali motivasi betapa pentingnya  belajar al    Qur’an.
§  Guru mengajak siswa membacakan kembali secara bersama-sama bacaan surat al Insyiraah yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Kegiatan Inti
§  Menggali informasi tentang terjemah lafdhiyah surat al-Ma’un melalui membaca /bertanya
§  Bermain game mencocokkan terjemah lafdhiyah  dengan ayat dalam surat al-Ma’un
§  Secara berpasangan siswa bergantian menterjemahkan masing-masing ayat

Kegiatan Penutup
§  Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
§  Guru memberikan reward kepada siswa yang hafal dengan lancar dan menulis dengan rapi dan benar.

5 Menit




60 Menit





5 Menit



                        
3.
Pertemuan III:
Pendahuluan
§  Memberikan motivasi betapa pentingnya belajar al Qur’an. Apalagi sampai mengerti betul maknanya.
§   Guru mengajak siswa membacakan kembali secara bersama-sama bacaan  surat al Adiyat dan  al Insyiraah yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

Kegiatan Inti
§  Menggali informasi tentang terjemah lafdhiyah surat at-Takatsur melalui membaca /bertanya
§  Bermain game mencocokkan terjemah lafdhiyah  dengan ayat dalam surat at-Takatsur
§  Secara berpasangan siswa bergantian menterjemahkan masing-masing ayat
Kegiatan Penutup
§  Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
§  Guru memberikan reward kepada siswa yang telah menulis kaligrafi dengan rapi dan benar.

5 Menit






60 Menit




5 Menit



F.        MEDIA / SUMBER
§  Buku paket dan tafsir Al-Qur’an

G.       PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Meyebutkan  makna-makna umum yang terkandung dalam surat Al-Kafirun
§  Menjelaskan isi kandungan surat Al-Kautsar tentang larangan mencampuradukkan ajaran agama  secara sederhana
§  Menyebutkan contoh perilaku mencampuradukkan ajaran agama
§  Meyebutkan isi yang terkandung dalam surat al-Ma’un
§  Menjelaskan isi kandungan surat al-Ma’un tentang mendustakan agama secara sederhana
§  Menyebutkan contoh perilaku orang yang mendustakan agama
§  Menyebutkan makna-makna umum  yang terkandung dalam surat at-Takatsur
§  Menjelaskan isi kandungan surat at-Takatsur tentang bermegah-megah dalam hal harta sampai melupakan Allah secara sederhana
§  Menyebutkan contoh perilaku orang yang bermegah-megah dalam hal harta sampai melupakan Allah
Tes tulis
 

Tes subyektif
§  Sebutkan makna-makna umum yang terkandung dalam surat al-Kafirun,surat al-Ma’un,dan surat at-Takatsur!
§  Jelaskan isi kandungan surat al-Kafirun,surat al-Ma’un,dan surat at-Takatsur tentang larangan mencampuradukkan ajaran agama  secara sederhana
§  Sebutkan contoh perilaku mencampuradukkan ajaran agama
§  Sebutkan contoh perilaku orang yang mendustakan agama
§  Sebutkan contoh perilaku orang yang bermegah-megah dalam hal harta sampai melupakan Allah







Mengetahui,
Kepala Madrasah






................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits






................................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : V ( Lima )  / 1  ( Ganjil )
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit


A.   STANDAR KOMPETENSI
2.      Memahami arti hadits tentang tentang menyayangi anak yatim

B.   Kompetensi Dasar
2.1    Menerjemahkan hadits tentang menyayangi anak yatim

C.   MATERI PELAJARAN
§  Hadits tentang menyayangi anak yatim

D.   METODE PEMBELAJARAN
§  Pemodelan
§  Penugasan

E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang hadits yang akan di pelajari

Teknik pembagian kelompok


3 menit
2 menit
5 menit
2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Menggali informasi tentang terjemah lafdhiyah hadits tentang menyayangi anak yatim
§  Bermain game mencocokkan terjemah dengan kata dalam hadits

Buku paket
Lafal hadits tentang menyayangi anak yatim

3.
PENUTUP

5 menit

§  Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan hadits dengan benar
§  Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan menghafalkan hadits
Instrumen tugas individu



F.    MEDIA / SUMBER
§  Buku paket
§  Buku yang relevan

G.   PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Menyebutkan terjemahan hadits tentang menyayangi anak yatim tiap kata
§  Meneruskan terjemahan hadits tentang menyayangi anak yatim secara acak
§  Menterjemahkan hadits tentang menyayangi anak yatim secara keseluruhan
Tes tulis
Unjuk kerja
§  Sebutkan terjemahan hadits tentang menyayangi anak yatim tiap kata!
§  Sebutkan hadits tentang menyayangi anak yatim secara keseluruhan!




Mengetahui,
Kepala Madrasah






................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits






................................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : V ( Lima )  / 1  ( Ganjil )
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit


A.   STANDAR KOMPETENSI
2.      Memahami arti hadits tentang tentang menyayangi anak yatim

B.   Kompetensi Dasar
2.2    Menjelas-kan isi kandungan hadits ten-tang me-nyayangi anak yatim secara sedarhana

C.   MATERI PELAJARAN
§  Kandungan hadits tentang menyayangi anak yatim

D.   METODE PEMBELAJARAN
§  Pemodelan
§  Penugasan

E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang hadits yang akan di pelajari

Teknik pembagian kelompok


3 menit
2 menit
5 menit
2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Mendengarkan penjelasan isi kandungan hadits tentang menyayangi anak yatim
§  Siswa dibimbing guru menyimpulkan hasil diskusi

Buku paket
Lafal hadits tentang menyayangi anak yatim

3.
PENUTUP

5 menit

§  Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan hadits dengan benar
§  Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan menghafalkan hadits
Instrumen tugas individu



F.    MEDIA / SUMBER
§  Buku paket
§  Buku yang relevan

G.   PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Menyebutkan arti yatim
§  Menunjukkan contoh perilaku mencintai anak yatim
§  Menyebutkan hikmah mencintai anak yatim
§  Menjelaskan akibat mengabaikan anak yatim
Tes tulis
Unjuk kerja
§  Jelaskan arti arti yatim!
§  Sebutkan contoh perilaku mencintai anak yatim!
§  Sebutkan hikmah mencintai anak yatim!





Mengetahui,
Kepala Madrasah






................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits






................................................
NIP.




Rounded Rectangle: RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

MATA PELAJARAN:
QUR’AN HADITS
KELAS V SEMESTER 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : V ( Lima )  / 2  ( Genap
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit


A.       STANDAR KOMPETENSI
3.      Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih

B.       Kompetensi Dasar
3.1    Membaca surat al-‘Alaq secara benar dan fasih

C.       MATERI PELAJARAN
§  Surat al-‘Alaq

D.       METODE PEMBELAJARAN
§  Pemodelan
§  Penugasan

E.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/
SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa dalam melafalkan surat al-‘Alaq

Teknik pembagian kelompok

2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Siswa menyimak penjelasan guru tentang, surat al-‘Alaq mulai dari identitas surat, pengertian surat, nama surat, dan tempat diturunkannya surat.
§  Melalui mendengar, siswa menirukan setiap pelafalan surat al-‘Alaq yang dilakukan oleh guru
§  Secara berulang-ulang (drill), siswa menirukan pelafalan surat al-‘Alaq dengan benar dan fasih
§  Dengan tehnik adu cepat, secara berkelompok siswa melafalkan surat al-‘Alaq
§  Dengan cara bermain game tebak yang dipandu langsung oleh guru, siswa melafalkan surat al-‘Alaq secara acak.
§  Secara berkelompok siswa melafalkan surat al-‘Alaq dengan cara bergantian disemak oleh teman kelompoknya.
§  Secara berkelompok dan indifidu, siswa bergantian untuk melafalkan surat al-‘Alaq dengan benar dan fasih.

Guru, slide, tape recorder

Instrumen kuis

Instrument kuis dan kartu ayat

Papan penilaian


Papan penilaian

3.
PENUTUP

5 menit

§  Guru mengulang kembali pelafalan surat al-‘Alaq ayat demi ayat yang diikuti oleh siswa.
§  Mengadakan tanya jawab secara klasikal tentang materi yang dipelajarai.

Instrumen tugas individu




F.        MEDIA / SUMBER
§  Kaset VCD Al-Qur’an

G.       PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Melafalkan tiap ayat dari surat Al-‘Alaq
§  Membaca tiap ayat surat Al-‘Alaq
§  Membaca surat Al-‘Alaq secara keseluruhan
Tes lisan 
Unjuk kerja
§  Sebutkan surat Al-‘Alaq secara keseluruhan!




Mengetahui,
Kepala Madrasah






................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits






................................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : V ( Lima )  / 2  ( Genap
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit


A.       STANDAR KOMPETENSI
3.      Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih

B.   Kompetensi Dasar
3.2    Menghafal surat al-‘Alaq secara benar dan fasih

C.   MATERI PELAJARAN
§  Hafalan surat al-‘Alaq

D.   METODE PEMBELAJARAN
§  Menyimak berulang-ulang bacaan surat al-‘Alaq
§  Bermain “Rubu’iyah”atau kwartet dengan kartu ayat dari surat al-‘Alaq
§  Menghafal surat al-‘Alaq secara benar dan fasih secara berkelompok







E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/
SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa dalam melafalkan surat al-‘Alaq

Teknik pembagian kelompok

2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Siswa menyimak penjelasan guru tentang, surat al-‘Alaq mulai dari identitas surat, pengertian surat, nama surat, dan tempat diturunkannya surat.
§  Melalui mendengar, siswa menirukan setiap pelafalan surat al-‘Alaq yang dilakukan oleh guru
§  Secara berulang-ulang (drill), siswa menirukan pelafalan surat al-‘Alaq dengan benar dan fasih
§  Dengan tehnik adu cepat, secara berkelompok siswa melafalkan surat al-‘Alaq
§  Dengan cara bermain game tebak yang dipandu langsung oleh guru, siswa melafalkan surat al-‘Alaq secara acak.
§  Secara berkelompok siswa melafalkan surat al-‘Alaq dengan cara bergantian disemak oleh teman kelompoknya.
§  Secara berkelompok dan indifidu, siswa bergantian untuk surat al-‘Alaq dengan benar dan fasih.

Guru, slide, tape recorder

Instrumen kuis

Instrument kuis dan kartu ayat

Papan penilaian


Papan penilaian

3.
PENUTUP

5 menit

§  Guru mengulang kembali pelafalan surat al-‘Alaq ayat demi ayat yang diikuti oleh siswa.
§  Mengadakan tanya jawab secara klasikal tentang materi yang dipelajarai.

Instrumen tugas individu


F.    MEDIA / SUMBER
§  Kartu ayat

G.   PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Melanjutkan potongan ayat secara acak dalam surat ‘Al-‘Alaq tanpa melihat Al-Qur’an
§  Menyebutkan nomor ayat ketika surat al-‘Alaq dibaca secara acak
§  Menghafal surat al-‘Alaq
Tes lisan 
Unjuk kerja
§  Sebutkan nomor ayat ketika surat al-‘Alaq dibaca secara acak!



Mengetahui,
Kepala Madrasah






................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits






................................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : V ( Lima )  / 2  ( Genap
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit


A.   STANDAR KOMPETENSI
4.      Memahami arti surat pendek

B.   Kompetensi Dasar
4.1    Menterjemahkan surat Al-Qadr

C.   MATERI PELAJARAN
§  Surat al-Qadr

D.   METODE PEMBELAJARAN
§  Pemodelan
§  Penugasan

E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/
SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa dalam melafalkan surat al-Qadr

Teknik pembagian kelompok

2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Siswa menyimak penjelasan guru tentang, surat al-Qadr mulai dari identitas surat, pengertian surat, nama surat, dan tempat diturunkannya surat.
§  Melalui mendengar, siswa menirukan setiap pelafalan surat al-Qadr yang dilakukan oleh guru
§  Secara berulang-ulang (drill), siswa menirukan pelafalan surat al-Qadr dengan benar dan fasih
§  Dengan tehnik adu cepat, secara berkelompok siswa melafalkan surat al-Qadr
§  Dengan cara bermain game tebak yang dipandu langsung oleh guru, siswa melafalkan surat al-Qadr secara acak.
§  Secara berkelompok siswa melafalkan surat al-Qadr dengan cara bergantian disemak oleh teman kelompoknya.
§  Secara berkelompok dan indifidu, siswa bergantian untuk surat al-Qadr dengan benar dan fasih.

Guru, slide, tape recorder

Instrumen kuis

Instrument kuis dan kartu ayat

Papan penilaian


Papan penilaian

3.
PENUTUP

5 menit

§  Guru mengulang kembali pelafalan surat al-Qadr ayat demi ayat yang diikuti oleh siswa.
§  Mengadakan tanya jawab secara klasikal tentang materi yang dipelajarai.

Instrumen tugas individu




F.    MEDIA / SUMBER
§  Kaset VCD Al-Qur’an

G.   PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Menyebutkan terjemahan ayat surat Al-Qadr secara acak
§  Meneruskan terjemahan ayat surat Al-Qadr
§  Menterjemahkan surat Al-Qadr secara keseluruhan
Tes lisan 
Unjuk kerja
§  Sebutkan terjemahan ayat surat Al-Qadr secara acak!



Mengetahui,
Kepala Madrasah






................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits






................................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : V ( Lima )  / 2  ( Genap
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit


A.   STANDAR KOMPETENSI
4.      Memahami arti surat pendek

B.   Kompetensi Dasar
4.2    Menjelaskan isi kandungan surat Al-Qadr tentang malam Lailatul Qadr secara sederhana

C.   MATERI PELAJARAN
§  Surat al-Qadr

D.   METODE PEMBELAJARAN
§  Pemodelan
§  Penugasan

E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/
SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa dalam melafalkan surat al-Qadr

Teknik pembagian kelompok

2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Siswa menyimak penjelasan guru tentang, surat al-Qadr mulai dari identitas surat, pengertian surat, nama surat, dan tempat diturunkannya surat.
§  Melalui mendengar, siswa menirukan setiap pelafalan surat al-Qadr yang dilakukan oleh guru
§  Secara berulang-ulang (drill), siswa menirukan pelafalan surat al-Qadr dengan benar dan fasih
§  Dengan tehnik adu cepat, secara berkelompok siswa melafalkan surat al-Qadr
§  Dengan cara bermain game tebak yang dipandu langsung oleh guru, siswa melafalkan surat al-Qadr secara acak.
§  Secara berkelompok siswa melafalkan surat al-Qadr dengan cara bergantian disemak oleh teman kelompoknya.
§  Secara berkelompok dan indifidu, siswa bergantian untuk surat al-Qadr dengan benar dan fasih.

Guru, slide, tape recorder

Instrumen kuis

Instrument kuis dan kartu ayat

Papan penilaian


Papan penilaian

3.
PENUTUP

5 menit

§  Guru mengulang kembali pelafalan surat al-Qadr ayat demi ayat yang diikuti oleh siswa.
§  Mengadakan tanya jawab secara klasikal tentang materi yang dipelajarai.

Instrumen tugas individu




F.    MEDIA / SUMBER
§  Kaset VCD Al-Qur’an
G.   PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Menyebutkan terjemahan ayat surat Al-Qadr secara acak
§  Meneruskan terjemahan ayat surat Al-Qadr
§  Menterjemahkan surat Al-Qadr secara keseluruhan
Tes lisan 
Unjuk kerja
§  Sebutkan terjemahan ayat surat Al-Qadr secara acak!



Mengetahui,
Kepala Madrasah






................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits






................................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : V ( Lima )  / 2  ( Genap
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit


A.   STANDAR KOMPETENSI
5.      Memahami arti hadits tentang taqwa dan ciri-ciri orang munafik

B.   Kompetensi Dasar
5.1    Menterjemahkan Hadits tentang taqwa dan ciri-ciri orang munafik

C.   MATERI PELAJARAN
§  Hadits tentang taqwa
§  Hadits tentang ciri-ciri orang munafiq

D.   METODE PEMBELAJARAN
§  Pemodelan
§  Penugasan

E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang hadits yang akan di pelajari

Teknik pembagian kelompok


3 menit
2 menit
5 menit
2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Menggali informasi lafdziah hadits tentang taqwa
§  Bermain game mencocokkkan terjemah secara lafdhiyah dari hadits tentang taqwa
§  Bermain game mencocokkkan terjemah secara lafdhiyah dari hadits tentang ciri orang yang munafik
§  Bergantian dengan teman saling menyimak terjemahan hadits tentang taqwa

Buku paket
Lafal hadits tentang menyayangi anak yatim

3.
PENUTUP

5 menit

§  Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan hadits dengan benar
§  Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan menghafalkan hadits
Instrumen tugas individu



F.    MEDIA / SUMBER
§  Buku paket

G.   PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Menyebutkan terjemahan hadits tentang taqwa
§  Meneruskan terjemahan hadits tentang taqwa secara acak
§  Menterjemahkan hadits tentang taqwa secara keseluruhan
§  Menyebutkan terjemahan hadits tentang menyayangi anak yatim tiap kata
§  Meneruskan terjemahan hadits tentang menyayangi anak yatim secara acak
§  Menterjemahkan hadits tentang menyayangi anak yatim secara keseluruhan
Tes lisan 
Unjuk kerja
§  Jelaskan terjemahan hadits tentang taqwa!

§  Sebutkan terjemahan hadits tentang menyayangi anak yatim tiap kata!





Mengetahui,
Kepala Madrasah






................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits






................................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : V ( Lima )  / 2  ( Genap
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit


A.   STANDAR KOMPETENSI
5.      Memahami arti hadits tentang taqwa dan ciri-ciri orang munafik

B.   Kompetensi Dasar
5.2    Menjelaskan isi kandungan hadits tentang taqwa dan ciri-ciri orang munafik

C.   MATERI PELAJARAN
§  Hadits tentang taqwa
Hadits tentang taqwa
§  Hadits tentang ciri-ciri orang munafik

D.   METODE PEMBELAJARAN
§  Pemodelan
§  Penugasan

E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang hadits yang akan di pelajari

Teknik pembagian kelompok


3 menit
2 menit
5 menit
2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Studi literatur tentang taqwa
§  Siswa secara bersama dibimbing guru menyimpulkan hasil diskusi
§  Studi literatur tentang munafik
§  Siswa secara bersama dibimbing guru menyimpulkan hasil diskusi

Buku paket
Lafal hadits tentang menyayangi anak yatim

3.
PENUTUP

5 menit

§  Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan hadits dengan benar
§  Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan menghafalkan hadits
Instrumen tugas individu



F.    MEDIA / SUMBER
§  Kartu ayat terjemah dan tafsir Al-Qur’an

G.   PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Menyebutkan arti taqwa
§  Menunjukkan contoh perilaku orang bertaqwa
§  Menyebutkan hikmah taqwa
§  Menjelaskan akibat tidak bertaqwa
§  Menyebutkan arti munafik
§  Menunjukkan contoh perilaku orang munafik
§  Menjelaskan akibat munafik
Tes tulis
Tes lisan 
Tes subyektif
§  Jelaskan arti taqwa!
§  Sebutkan contoh perilaku orang bertaqwa!

§  Jelaskan arti munafik!
§  Sebutkan contoh perilaku orang munafik!






Mengetahui,
Kepala Madrasah






................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits






................................................
NIP.




No comments:

Post a Comment