RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah
|
:
|
Mata Pelajaran
|
: Aqidah Aklaq
|
Kelas /
Semester
|
: I / 1
|
Standar Kompetensi
|
: Mengenal Rukun Iman
yang Enam dan Sifat-sifat Allah yang Terkandung dalam Asma’ul Husna
|
Kompetensi Dasar
|
: Mengenal Allah melalui pengenalan terhadap rukun Iman
|
Indikator
|
:
·
Dapat menyebutkan rukun
iman
·
Menghafal rukun iman
secara berurutan
·
Siswa mampu mengurutkan
rukun iman melalui card short yang telah diacak
·
Dapat menyatakan perasaan
beriman kepada Allah, Malaiakat, Kitab, Rasul, Hari Akhir dan di aplikasikan
dalam sikap/ perilakukehiodupan sehari-hari
|
Alokasi Waktu
|
: 10 x 35 menit
|
A. Tujuan
Pembelajaran
|
:
Siswa dapat menyebut, hafal, menyatakan perasaan dan mengurutkan rukun
iman dengan baik dan benar
|
B. Materi Pokok
|
: Rukun
Iman
|
C. Metode Pembelajaran
|
: Tanya jawab
Short Card
Informasi
Pemberian tugas
Demontrasi
|
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
|
|
Pertemuan ke-1
|
2 x 35 menit
|
I. Kegiatan Pendahuluan :
|
1. Salam
2. Berdoa
3. menyanyikan lagu “Rukun Islam” dengan wazan lagu
balonku
|
II. Kegiatan Inti :
|
1. Melihat, menyimak
dan menirukan rukun iman
2. Membentuk kelas
menjadi beberapa kelompok
3. Menemukan urutan rukun
iman melalui sort card dalam kelompok masing-masing
4. Menirukan urutan rukun iman secara kelompok dalam
kelompok ada yang menyimak ada yang melafalkan
5. Masing-masing
kelompok menyebutkan urutan rukun iman di depan kelas
6. Guru mengoreksi urutan
yang masih belum sesuai
7. Secara individu menghafalkan
rukun iman di depan kelas dengan melihat
|
III. Kegiatan
Penutup :
|
1.
Memberikan penegasan pentingnya menghafalkan
rukun iman secara benar
2.
Memberi tugas menghafalkan lagi di rumah
3.
Berdo’a
|
Pertemuan ke-2
|
: 2 x 35 menit
|
I. Kegiatan Pendahuluan
:
|
1. Salam
2. berdoa
3. Mengulang hafalan rukun iman secara klasikal
|
II. Kegiatan Inti :
|
1.
Secara individu menulis urutan
rukun iman yang ada di alat peraga atau di papan tulis
2.
Menyebutkan ciptaan Allah yang
ada di alam secara kelompok, di dalam kelompok itu ada yang menyimak ada yang
mencari
3.
maju satu-persatu menyebutkan
ciptaan Allah dan yang bukan ciptaan Allah
4.
Menyebutkan kekuasaan Allah atas
ciptaanya itu secara individu
|
III. Kegiatan Penutup :
|
1. Memberi tugas
menghafal rukun iman lagi di rumah
2. Berdo’a
|
E. Sumber Belajar
|
: Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas I, Alat peraga, dll yang
relevan
|
F. Penilaian
|
: Tertulis
, Tes lisan dan demonstrasi
|
Instrumen
penilaian :
|
|
|
Bancangan,
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran/Kelas I
Kepala Madrasah
____________________ ________________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah
|
:
|
Mata Pelajaran
|
: Aqidah Aklaq
|
Kelas /
Semester
|
: I / 1
|
Standar Kompetensi
|
: Mengenal Rukun Iman
yang Enam dan Sifat-sifat Allah yang Terkandung dalam Asma’ul Husna
|
Kompetensi Dasar
|
: Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang etrkandung dalam asma ul
husna
|
Indikator
|
:
·
Mengetahui dan memahami
pengertian Asma’ul Husna
·
Mengetahui arti Arrahman, al Wahid, al Khaliq,
dan al Qudus
·
Menghafal Asma’ul Husna (Arrahman, al Wahid, al
Khaliq dan al Quddus)
|
Alokasi Waktu
|
: 10 x 35 menit
|
A. Tujuan
Pembelajaran
|
:
Siswa dapat
·
Menyebut
pengertian Asma’ul Husna , mengartikan Arrahman, al Wahid, al Khaliq, dan al
Qudus dan hafal Asma’ul Husna (Arrahman, al Wahid, al Khaliq dan al Quddus)
dengan baik dan benar
|
B. Materi Pokok
|
: Asma’ul
Husna
|
C. Metode Pembelajaran
|
: Tanya jawab
Short Card
Diskusi
Informasi
Pemberian tugas
Demontrasi
Inkuiri
|
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
|
|
Pertemuan ke-1
|
10 x 35 menit
|
I. Kegiatan Pendahuluan :
|
1. Salam
2. Berdoa
3. mengabsen
|
II. Kegiatan Inti :
|
·
Menyebutkan pengertian
Asma’ul Husna melalui bimbingan guru
·
Melafalkan Asma’ul Husna
dari Arrahman, al Wahid, al Khaliq dan al Quddus secara bersama-sama
·
Mengartikan Asma’ul Husna dari Arrahman, al
Wahid, al Khaliq dan al Quddus secara kelompok dipandu guru
·
Melafalkan Asma’ul Husna dari Arrahman, al
Wahid, al Khaliq dan al Quddus secara sendiri-sendiri yang dipandu guru
·
Siswa menghafal Asma’ul Husna (Arrahman, al
Wahid, al Khaliq dan al Qudus)
·
Mencontohkan kasih sayang keesaan Allah, Maha
Pencipta dan Maha Suci, kemudian di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
III. Kegiatan
Penutup :
|
1. Memberikan
penegasan pentingnya menghafalkan Asmaul Husna secara benar
2. Memberi tugas
menghafalkan lagi di rumah
3. Berdo’a
|
E. Sumber Belajar
|
: Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas I, Alat peraga, dll yang
relevan
|
F. Penilaian
|
: Tertulis
, Tes lisan dan demonstrasi
|
Instrumen
penilaian :
|
|
|
Bancangan,
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran/Kelas I
Kepala Madrasah
___________________ ________________________
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah
|
:
|
|
Mata Pelajaran
|
: Aqidah Aklaq
|
|
Kelas /
Semester
|
: I / 1
|
|
Standar Kompetensi
|
: Mengenal Rukun Iman
yang Enam dan Sifat-sifat Allah yang Terkandung dalam Asma’ul Husna
|
|
Kompetensi Dasar
|
Membiasakan
berakhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Indikator
|
:
·
Siswa dapat memberi pengertian
hidup bersih, kasih sayang dan rukun
·
Siswa dapat meninggalkan
perilaku orang yang tidak hidup bersih, kasih sayang dan rukun
·
Siswa mampu berperilaku
dan berakhlak terpuji
|
|
Alokasi Waktu
|
: 10 x 35 menit
|
|
A. Tujuan
Pembelajaran
|
:
Siswa dapat
·
Menyebut pengertian hidup bersih, kasih
sayang dan rukun
·
Mengartikan
hidup bersih, kasih sayang dan rukun
dengan baik dan benar
|
|
B. Materi Pokok
|
: Akhlak
terpuji
|
|
C. Metode Pembelajaran
|
: Tanya jawab
Short Card
Diskusi
Informasi
Pemberian tugas
Demontrasi
Inkuiri
|
|
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
|
||
Pertemuan ke-1
|
10 x 35 menit
|
|
I. Kegiatan Pendahuluan :
|
1. Salam
2. Berdoa
3. mengabsen
|
|
II. Kegiatan Inti :
|
·
Menyebutkan pengertian
hidup bersih, kasih sayang dan rukun secara kelompok
·
Menyebutkan ciri-ciri
sikap dan perilaku hidup yang bersih, kasih sayang dan rukun secara kelompok
·
Memberikan contoh sikap, perilaku orang yang
tidak hidup bersih, kasih sayang dan rukun
·
Melaporkan hasil kelompok dalam kelas untuk
penilaian
·
Membiasakan diri bersikap dan perilaku hidup
yang bersih, kasih sayang dan rukun
|
|
III. Kegiatan
Penutup :
|
1. Memberi tugas
menghafalkan pengertian kasih sayang lagi di rumah
2. Berdo’a
|
|
E. Sumber Belajar
|
: Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas I, Alat peraga, dll yang
relevan
|
|
F. Penilaian
|
: Tertulis
, Tes lisan dan demonstrasi
|
|
Instrumen
penilaian :
|
||
1. Apa arti kasih
sayang ?Sebutkan 5 contohnya !
|
Bancangan,
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran/Kelas I
Kepala Madrasah
___________________ ________________________
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah
|
:
|
|
Mata Pelajaran
|
: Aqidah Aklaq
|
|
Kelas /
Semester
|
: I / 1
|
|
Standar Kompetensi
|
: Mengenal Rukun Iman
yang Enam dan Sifat-sifat Allah yang Terkandung dalam Asma’ul Husna
|
|
Kompetensi Dasar
|
Membiasakan
diri untuk menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Indikator
|
:
·
menjelaskan pengertian
hidup kotor (kumuh), dusta / bohong dan berbicara kotor
·
menjelaskan ciri-ciri hidup
kotor (kumuh), dusta / bohong dan berbicara kotor
·
membedakan hidup bersih
dan kotor
·
menunjukkan akibat dari
hidup kotor (kumuh), dusta / bohong dan berbicara kotor
|
|
Alokasi Waktu
|
: 10 x 35 menit
|
|
A. Tujuan
Pembelajaran
|
:
Siswa dapat
·
menjelaskan
pengertian hidup kotor (kumuh), dusta / bohong dan berbicara kotor
·
menjelaskan ciri-ciri hidup kotor (kumuh), dusta
/ bohong dan berbicara kotor
·
membedakan hidup bersih
dan kotor
·
menunjukkan akibat dari
hidup kotor (kumuh), dusta / bohong dan berbicara kotor
|
|
B. Materi Pokok
|
: Akhlak
tercela
|
|
C. Metode Pembelajaran
|
: Tanya jawab
Short Card
Diskusi
Informasi
Pemberian tugas
Demontrasi
Inkuiri
|
|
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
|
||
Pertemuan ke-1
|
10 x 35 menit
|
|
I. Kegiatan Pendahuluan :
|
1. Salam
2. Berdoa
3. mengabsen
|
|
II. Kegiatan Inti :
|
·
Menjelaskan pengertian
hidup kotor (kumuh), dusta / bohong dan berbicara kotor
·
Menjelaskan ciri-ciri
hidup kotor (kumuh), dusta / bohong dan berbicara kotor
·
Memberikan contoh orang
hidup kotor (kumuh), dusta / bohong dan berbicara kotor
·
Menunjukkan akibat hidup
kotor (kumuh), dusta / bohong dan berbicara kotor
·
Membedakan tempat-tempat
antara yang kotor dan yang bersih
|
|
III. Kegiatan
Penutup :
|
1. Memberi tugas
menghafalkan hidup kotor lagi di rumah
2. Berdo’a
|
|
E. Sumber Belajar
|
: Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas I, Alat peraga, dll yang
relevan
|
|
F. Penilaian
|
: Tertulis
, Tes lisan dan demonstrasi
|
|
Instrumen
penilaian :
|
||
1. Apa arti hidup
kotor ?Sebutkan 5 contohnya !
2. Apa arti tercela ?
|
Bancangan,
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran/Kelas I
Kepala Madrasah
___________________ ________________________
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah
|
:
|
|
Mata Pelajaran
|
: Aqidah Aklaq
|
|
Kelas /
Semester
|
: I / 2
|
|
Standar Kompetensi
|
: Terbiasa
beradab secara Islami ketika bergaul dengan orang tua, guru dan teman, ketika
mandi, berpakaian, makan, minum, belajar, bermaian, dan tidur, serta
mengambil nilai-nilai keteladanan akhlak tokoh atau orang/binatang
|
|
Kompetensi Dasar
|
Membiasakan
beradab secara Islami kepada orang tua, guru dan teman di rumah maupun di
sekolah
|
|
Indikator
|
:
·
Memberi pengertian tata cara berbuat/ beradab
kepada orang tua, guru dan teman
·
Berterima kasih kepada orang tua di rumah,
hormat kepada guru di sekolah
·
Menerapkan rasa saling hormat menghormati dan
menyayangi
·
Berprilaku hormat, berterima kasih dan
menyayangi terhadap kepada orang tua, guru
|
|
Alokasi Waktu
|
: 10 x 35 menit
|
|
A. Tujuan
Pembelajaran
|
:
Siswa dapat
·
Memberi
pengertian tata cara berbuat/ beradab kepada orang tua, guru dan teman
·
Berterima kasih kepada orang tua di rumah,
hormat kepada guru di sekolah
·
Menerapkan rasa saling hormat menghormati dan
menyayangi
·
Berprilaku hormat, berterima kasih dan
menyayangi terhadap kepada orang tua, guru
|
|
B. Materi Pokok
|
: Adab kepada
orang tua, guru dan teman di sekolah
|
|
C. Metode Pembelajaran
|
: Tanya jawab
Short Card
Diskusi
Informasi
Pemberian tugas
Demontrasi
Inkuiri
|
|
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
|
||
Pertemuan ke-1
|
10 x 35 menit
|
|
I. Kegiatan Pendahuluan :
|
1. Salam
2. Berdoa
3. mengabsen
|
|
II. Kegiatan Inti :
|
·
Menjelaskan pengertian berterima kasih kepada
orang tua,
·
Menjelaskan pengertian berterima kasih kepada
guru
·
Menjelaskan pengertian berterima kasih
kepada teman
·
Menunjukkan cara berterima kasih hormat kepada
orang tua ketika di rumah, berangkat sekolah dan datang dari sekolah
·
Menunjukkan cara hormat kepada guru ketika di
sekolah dan pulang dari sekolah
·
Menunjukkan cara berterima kasih dan hormat dan
guru ketika di sekolah
·
Menunjukkan cara saling
menghormati dan menyayangi sesama teman
·
Mencontohkan sikap
hormat, berterima kasih dan menyayangi terhadap orang tua, guru dan teman
|
|
III. Kegiatan
Penutup :
|
1. Memberi mempraktekkan
hidup hormat dan berterima kasih
kepada orang tua di rumah
2. Berdo’a
|
|
E. Sumber Belajar
|
: Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas I, Alat peraga, dll yang
relevan
|
|
F. Penilaian
|
: Tertulis
, Tes lisan dan demonstrasi
|
|
Instrumen
penilaian :
|
||
1. Apa arti berterima
kasih ?
2. Bagaimana cara
berterima kasih kepada orang tua ?
3. Bagaimana
cara hormat kepada orang tua ?
4. Bagaimana cara berterima kasih pada guru ?
5. Bagaimana
cara hormat kepada guru ?
6. Bagaimana
cara berterima kasih dan hormat pada teman ?
7. Dimana kita harus
hormat kepada orang tua,guru dan teman ?
|
Bancangan,
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran/Kelas I
Kepala Madrasah
___________________ ________________________
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah
|
:
|
|
Mata Pelajaran
|
: Aqidah Aklaq
|
|
Kelas /
Semester
|
: I / 2
|
|
Standar Kompetensi
|
: Terbiasa
beradab secara Islami ketika bergaul dengan orang tua, guru dan teman, ketika
mandi, berpakaian, makan, minum, belajar, bermaian, dan tidur, serta
mengambil nilai-nilai keteladanan akhlak tokoh atau orang/binatang
|
|
Kompetensi Dasar
|
Membiasakan beradab secara Islami ketika mandi dan
berpakaian
|
|
Indikator
|
:
·
Hafal do’a mandi dan
berpakaian
·
Memahami pengertian mandi
dan berpakaian
·
Siswa mampu melakukan dan
beradab secara Islami katika mandi dan berpakaian
|
|
Alokasi Waktu
|
: 4 x 35 menit
|
|
A. Tujuan
Pembelajaran
|
:
Siswa dapat
·
Hafal do’a mandi dan
berpakaian
·
Memahami pengertian mandi
dan berpakaian
·
Siswa mampu melakukan dan
beradab secara Islami katika mandi dan berpakaian
|
|
B. Materi Pokok
|
Adab mandi dan berpakaian
|
|
C. Metode Pembelajaran
|
: Tanya jawab
Short Card
Diskusi
Informasi
Pemberian tugas
Demontrasi
Inkuiri
|
|
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
|
||
Pertemuan ke
|
4 x 35 menit
|
|
I. Kegiatan Pendahuluan :
|
1. Salam
2. Berdoa
3. mengabsen
|
|
II. Kegiatan Inti :
|
·
Melafalkan doa mandi dan
berpakaian
·
Menjelaskan pengertian
adab mandi dan berpakaian
·
Menjelaskan tatacara
mandi dan berpakaian yang baik
·
Memberikan contoh dan
akibatnya mandi dan berpakaian yang tidak baik
·
Memberikan contoh adab
mandi dan berpakaian dengan baik
|
|
III. Kegiatan
Penutup :
|
1. Memberi
mempraktekkan tatacara mandi dan
berpakaian yang baik di rumah
2. Berdo’a
|
|
E. Sumber Belajar
|
: Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas I, Alat peraga, dll yang
relevan
|
|
F. Penilaian
|
: Jenis
Tagihan:
1.
Tugas perorangan
2.
Tugas kelompok
3.
TSS I
Bentuk Tagihan:
1.
Performance (skala sikap)
2.
Pilihan ganda dan uraian
singkat/ essay
|
|
Instrumen
penilaian :
|
||
1. Apa arti adab ?
2. Bagaimana adab
mandi ?
3. Bagaimana cara berpakaian
?
4. Bagaimana jadinya
jika cara mandi kita tidak baik ?
5. Bagaimana jadinya
jika cara berpakaian kita tidak baik ?
|
Bancangan,
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran/Kelas I
Kepala Madrasah
___________________ ________________________
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah
|
:
|
|
Mata Pelajaran
|
: Aqidah Aklaq
|
|
Kelas /
Semester
|
: I / 2
|
|
Standar Kompetensi
|
: Terbiasa
beradab secara Islami ketika bergaul dengan orang tua, guru dan teman, ketika
mandi, berpakaian, makan, minum, belajar, bermaian, dan tidur, serta
mengambil nilai-nilai keteladanan akhlak tokoh atau orang/binatang
|
|
Kompetensi Dasar
|
Membiasakan
beradab secara islami ketika makan dan minum
|
|
Indikator
|
:
·
Siswa hafal doa sebelum
makan dan sesudah makan dan minum
·
Dapat menjelaskan arti
dari adab makan dan minum
·
Mampu dan memahami cara
makan dan minum yang baik
·
Terbiasa untuk makan dan
minum dengan baik menurut adab dan etika Islami
|
|
Alokasi Waktu
|
: 4 x 35 menit
|
|
A. Tujuan
Pembelajaran
|
:
Siswa dapat
·
Siswa hafal doa sebelum
makan dan sesudah makan dan minum
·
Dapat menjelaskan arti
dari adab makan dan minum
·
Mampu dan memahami cara
makan dan minum yang baik
·
Terbiasa untuk makan dan
minum dengan baik menurut adab dan etika Islami
|
|
B. Materi Pokok
|
Adab makan dan minum
|
|
C. Metode Pembelajaran
|
: Tanya jawab
Short Card
Diskusi
Informasi
Pemberian tugas
Demontrasi
Inkuiri
|
|
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
|
||
Pertemuan ke
|
4 x 35 menit
|
|
I. Kegiatan Pendahuluan :
|
1. Salam
2. Berdoa
3. mengabsen
|
|
II. Kegiatan Inti :
|
·
Siswa menghafal doa
sebelum makan dan minum
·
Siswa menghafal doa sesudah makan dan minum
·
Menjelaskan pengertian
adab makan dan minum
·
Menunjukkan kepada siswa
tata cara makan dan minum yang baik
·
Menunjukkan dan menjelaskan
akibat makan dan minum terlalu berlebihan (makan dan minum yang kurang baik)
·
Mengajak untuk
membiasakan siswa untuk makan dan minum yang baik
|
|
III. Kegiatan
Penutup :
|
1. Memberi
mempraktekkan adab makan dan
minum di rumah
2. Berdo’a
|
|
E. Sumber Belajar
|
: Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas I, Alat peraga, dll yang
relevan
|
|
F. Penilaian
|
: Jenis
Tagihan:
1.
Tugas perorangan
2.
Tugas kelompok
3.
TSS I
Bentuk Tagihan:
1.
Performance (skala sikap)
2.
Pilihan ganda dan uraian
singkat/ essay
|
|
Instrumen
penilaian :
|
||
1. Bagaimana bunyi doa
sebelum makan dan minum ?
2. Bagaimana bunyi doa
sesudah makan dan minum ?
3. Bagaimana adab
makan dan minum yang baik ?
|
Bancangan,
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran/Kelas I
Kepala Madrasah
___________________ ________________________
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah
|
:
|
|
Mata Pelajaran
|
: Aqidah Aklaq
|
|
Kelas /
Semester
|
: I / 2
|
|
Standar Kompetensi
|
: Terbiasa
beradab secara Islami ketika bergaul dengan orang tua, guru dan teman, ketika
mandi, berpakaian, makan, minum, belajar, bermaian, dan tidur, serta
mengambil nilai-nilai keteladanan akhlak tokoh atau orang/binatang
|
|
Kompetensi Dasar
|
Membiasakan
beradab secara islami ketika tidur
|
|
Indikator
|
:
·
Hafal doa sebelum dan
sesudah tidur
·
Memahami arti dari adab
sebelum dan sesudah tidur
·
Memahami tata cara adab sebelum dan sesudah
tidur secara islami
·
Dapat menghindari an
menjauhi tidur yang kurang baik
·
Dapat menerapkan
kebiasaan tidur yang baik secara islami
|
|
Alokasi Waktu
|
: 4 x 35 menit
|
|
A. Tujuan
Pembelajaran
|
:
Siswa dapat
·
Hafal doa sebelum dan sesudah tidur
·
Memahami arti dari adab sebelum dan sesudah
tidur
·
Memahami tata cara adab sebelum dan sesudah
tidur secara islami
·
Dapat menghindari an
menjauhi tidur yang kurang baik
·
Dapat menerapkan
kebiasaan tidur yang baik secara islami
|
|
B. Materi Pokok
|
Adab tidur
|
|
C. Metode Pembelajaran
|
: Tanya jawab
Short Card
Diskusi
Informasi
Pemberian tugas
Demontrasi
Inkuiri
|
|
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
|
||
Pertemuan ke
|
4 x 35 menit
|
|
I. Kegiatan Pendahuluan :
|
1. Salam
2. Berdoa
3. mengabsen
|
|
II. Kegiatan Inti :
|
·
Siswa menghafal doa
sebelum secara kelompok
·
dan menghafal doa sesudah
tidursecara kelompok
·
Menjelaskan pengertian adab sebelum dan sesudah
tidur
·
Menjelaskan tata cara adab sebelum dan sesudah
tidur
·
Menunjukkan dan menjelaskan akibat dari tidur
yang kurang baik serta contohnya
·
Mengajak siswa agar
membiasakan tidur yang baik dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari
|
|
III. Kegiatan
Penutup :
|
1. Memberi
mempraktekkan adab tidur di rumah
2. Berdo’a
|
|
E. Sumber Belajar
|
: Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas I, Alat peraga, dll yang
relevan
|
|
F. Penilaian
|
: Jenis
Tagihan:
1.
Tugas perorangan
2.
Tugas kelompok
3.
TSS I
Bentuk Tagihan:
1.
Performance (skala sikap)
2.
Pilihan ganda dan uraian
singkat/ essay
|
|
Instrumen
penilaian :
|
||
1. Bagaimana bunyi doa
sebelum tidur ?
2. Bagaimana bunyi doa
sesudah bangun tidur ?
3. Bagaimana adab tidur
yang baik ?
|
Bancangan,
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran/Kelas I
Kepala Madrasah
___________________ ________________________
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah
|
:
|
|
Mata Pelajaran
|
: Aqidah Aklaq
|
|
Kelas /
Semester
|
: I / 2
|
|
Standar Kompetensi
|
: Terbiasa
beradab secara Islami ketika bergaul dengan orang tua, guru dan teman, ketika
mandi, berpakaian, makan, minum, belajar, bermaian, dan tidur, serta
mengambil nilai-nilai keteladanan akhlak tokoh atau orang/binatang
|
|
Kompetensi Dasar
|
Membiasakan
beradab secara islami ketika belajar dan bermain
|
|
Indikator
|
:
·
Siswa hafal doa belajar
·
Memahami arti belajar yang baik dan bermain yang
baik
·
Dapat memahami cara belajar yang baik dan main
yang baik dan mampu membagi waktu-waktunya
·
Memahami manfaat belajar yang baik dan yang
tidak baik
|
|
Alokasi Waktu
|
: 4 x 35 menit
|
|
A. Tujuan
Pembelajaran
|
:
Siswa dapat
·
Siswa hafal doa belajar
·
Memahami arti belajar yang baik dan bermain yang
baik
·
Dapat memahami cara belajar yang baik dan main
yang baik dan mampu membagi waktu-waktunya
·
Memahami manfaat belajar yang baik dan yang
tidak baik
|
|
B. Materi Pokok
|
Adab belajar dan bermain
|
|
C. Metode Pembelajaran
|
: Tanya jawab
Short Card
Diskusi
Informasi
Pemberian tugas
Demontrasi
Inkuiri
|
|
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
|
||
Pertemuan ke
|
4 x 35 menit
|
|
I. Kegiatan Pendahuluan :
|
1. Salam
2. Berdoa
3. mengabsen
|
|
II. Kegiatan Inti :
|
·
Siswa melafalkan dan
menghapalkan doa belajar
·
Menjelaskan pengertian dari adab belajar dan
bermain
·
Menjelaskan cara belajar yang baik dan memberi
contoh cara membagi waktu belajar dan waktu bermain
·
Menjelaskan manfaat belajar
dan bermain yang baik dan yang tidak baik
·
Mengajak untuk selalu
membiasakan dan menerapkan adab belajar dan bermain dengan baik
|
|
III. Kegiatan
Penutup :
|
1. Memberi
mempraktekkan adab belajar dan bermain di rumah
2. Berdo’a
|
|
E. Sumber Belajar
|
: Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas I, Alat peraga, dll yang
relevan
|
|
F. Penilaian
|
: Jenis
Tagihan:
1.
Tugas perorangan
2.
Tugas kelompok
3.
TSS I
Bentuk Tagihan:
1.
Performance (skala sikap)
2.
Pilihan ganda dan uraian
singkat/ essay
|
|
Instrumen
penilaian :
|
||
1. Bagaimana bunyi doa
sebelum belajar ?
2. Bagaimana bunyi doa
sesudah belajar ?
3. Bagaimana adab belajar
yang baik ?
|
Bancangan,
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran/Kelas I
Kepala Madrasah
___________________ ________________________
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah
|
:
|
|
Mata Pelajaran
|
: Aqidah Aklaq
|
|
Kelas /
Semester
|
: I / 2
|
|
Standar Kompetensi
|
: Terbiasa
beradab secara Islami ketika bergaul dengan orang tua, guru dan teman, ketika
mandi, berpakaian, makan, minum, belajar, bermaian, dan tidur, serta
mengambil nilai-nilai keteladanan akhlak tokoh atau orang/binatang
|
|
Kompetensi Dasar
|
Mencintai dan
meneladani sifat-sifat tokoh/orang yang berakhlak mulia (kasih sayang
Rasulullah)
|
|
Indikator
|
:
·
Memahami dan meneladani
sifat-sifat kasih sayang Rasulullah
·
Dapat menyebutkan
sifat-sifat Rasulullah
·
Merasakan senang/cinta terhadap Rasulullah
|
|
Alokasi Waktu
|
: 4 x 35 menit
|
|
A. Tujuan
Pembelajaran
|
:
Siswa dapat
·
Memahami dan meneladani sifat-sifat kasih sayang
Rasulullah
·
Dapat menyebutkan
sifat-sifat Rasulullah
·
Merasakan senang/cinta terhadap Rasulullah
|
|
B. Materi Pokok
|
Sifat kasih sayang Rasulullah
|
|
C. Metode Pembelajaran
|
: Tanya jawab
Short Card
Diskusi
Informasi
Pemberian tugas
Demontrasi
Inkuiri
|
|
D. Langkah-langkah Pembelajaran :
|
||
Pertemuan ke
|
4 x 35 menit
|
|
I. Kegiatan Pendahuluan :
|
1. Salam
2. Berdoa
3. mengabsen
|
|
II. Kegiatan Inti :
|
·
Menjelaskan tentang kasih
sayang Rasulullah melalui cerita
·
Mendiskusikan perangai
dan sifat-sifat kasih sayang Rasulullah melalui masing-masing kelompok
·
Mengarahkan kepada siswa
agar mempunyai rasa senang/cinta kepada rasulullah dan dapat mengikuti
sifat-sifatnya
|
|
III. Kegiatan
Penutup :
|
1. Memberi
mempraktekkan berkasih sayang seperti
Rasulullah di rumah dan semua tempat
2. Berdo’a
|
|
E. Sumber Belajar
|
: Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas I, Alat peraga, dll yang
relevan
|
|
F. Penilaian
|
: Jenis
Tagihan:
1.
Tugas perorangan
2.
Tugas kelompok
3.
TSS I
Bentuk Tagihan:
1.
Performance (skala sikap)
2.
Pilihan ganda dan uraian
singkat/ essay
|
|
Instrumen
penilaian :
|
||
Bancangan,
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran/Kelas I
Kepala Madrasah
___________________ _____________________
No comments:
Post a Comment