
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah :
Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran :
Fiqih
Kelas/Semester : IV / 1
Alokasi Waktu :
1 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
1. Mengenal ketentuan zakat
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Menjelaskan ketentuan zakat
maal
C.
Tujuan
Pembelajaran :
§ Membaca buku / artikel tentang zakat, siswa mencari arti
zakat
§ Mendiskusikan pengertian zakat
§ Mendengarkan penjelasan guru tentang hukum menunaikan
zakat
§ Mendengarkan penjelasan guru tentang macam-macam zakat
§ Mengelompokkan harta yang wajib dizakati
§ Membaca buku / artikel tentang nisab
§ Membaca buku / artikel tentang haul
§
Mengidentifikasi
tentang orang yang berhak menerima zakat
D.
Materi
Pembelajaran
§
Tata cara zakat
maal
E.
Metode
Pembelajaran
§
Ceramah
§
Tanya jawab
§
Penugasan
F.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
§
Memulai dengan
salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§
Appersepsi,
mengajukan pertanyaan tentang zakat
§
Motivasi,
membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa untuk menguasai materi
tentang zakat.
§
Meminta siswa
menyiapkan buku teks Fiqih.
- Kegiatan Inti
§
Eksplorasi: Guru
meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang zakat.
§
Elaborasi: Siswa
mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang zakat
§
Konfirmasi: Guru
meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang zakat
§
Elaborasi: Guru
melakukan tanya jawab tentang zakat.
§
Elaborasi: Guru
menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema zakat
§
Elaborasi:
Meminta siswa untuk membaca dalil tentang zakat.
- Kegiatan Penutup
§
Guru memberikan
penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang zakat
§
Melontarkan
beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi zakat
§
Siswa menyalin
kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
G.
Alat/Sumber
Belajar
§
Kamus,
ensiklopedi islam, buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin
H.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§ Menyebutkan pengertian zakat maal
§ Menyebutkan hukum menunaikan zakat maal
§ Menyebutkan harta yang wajib dizakati
§ Menyebutkan jumlah harta yang wajib dizakati (Nisab)
§ Menyebutkan jumlah zakat maal yang harus dikeluarkan
§ Menyebutkan batas waktu untuk mengeluarkan zakat (Haul)
|
Tes
Tulis
Tes
lisan
|
Uraian
|
§ Jelaskan pengertian zakat maal!
§ Sebutkan hukum menunaikan zakat maal!
§ Sebutkan harta yang wajib dizakati!
§ Sebutkan batas waktu untuk mengeluarkan zakat (Haul)!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru bidang
studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah :
Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran :
Fiqih
Kelas/Semester : IV / 1
Alokasi Waktu :
1 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
1. Mengenal ketentuan zakat
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Menjelaskan ketentuan zakat
fitrah
C.
Tujuan
Pembelajaran :
§ Membaca buku / artikel dan mencari arti dari zakat fitrah
§ Mendengarkan penjelasan guru tentang hukum menunaikan
zakat fitrah
§ Mendengarkan penjelasan guru tentang waktu mengeluarkan
zakat fitrah
§ Mendengarkan uraian guru tentang jumlah zakat fitrah
§
Mencermati
penjelasan guru tentang orang-orang yang berhak menerima zakat fitrah
D.
Materi
Pembelajaran
§
zakat fitrah
E.
Metode
Pembelajaran
§
Ceramah
§
Tanya jawab
§
Penugasan
F.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
§
Memulai dengan
salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§
Appersepsi,
mengajukan pertanyaan tentang zakat
§
Motivasi,
membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa untuk menguasai materi
tentang zakat.
§
Meminta siswa
menyiapkan buku teks Fiqih.
- Kegiatan Inti
§
Eksplorasi: Guru
meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang zakat.
§
Elaborasi: Siswa
mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang zakat
§
Konfirmasi: Guru
meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang zakat
§
Elaborasi: Guru
melakukan tanya jawab tentang zakat.
§
Elaborasi: Guru
menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema zakat
§
Elaborasi:
Meminta siswa untuk membaca dalil tentang zakat.
- Kegiatan Penutup
§
Guru memberikan
penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang zakat
§
Melontarkan
beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi zakat
§
Siswa menyalin
kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
G.
Alat/Sumber
Belajar
§
Kamus,
ensiklopedi islam, buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin
H.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§ Menyebutkan pengertian zakat fitrah
§ Menyebutkan hukum menunaikan zakat fitrah
§ Mendiskripsikan waktu mengeluarkan zakat fitrah
§ Menyebutkan jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan
§ Menyebutkan 8 golongan
yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat maal
|
Tes
Tulis
|
Uraian
|
§ Sebutkan pengertian zakat fitrah!
§ Sebutkan hukum menunaikan zakat fitrah!
§ Sebutkan jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan!
§ Sebutkan batas waktu untuk mengeluarkan zakat (Haul)!
§ Sebutkan 8 golongan
yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat maal!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru bidang
studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah :
Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran :
Fiqih
Kelas/Semester : IV / 1
Alokasi Waktu :
1 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
1. Mengenal ketentuan zakat
B.
Kompetensi Dasar
1.3 Mempraktekkan tata cara zakat maal dan zakat fitrah
C.
Tujuan
Pembelajaran :
§ Siswa dapat memperagakan menyerahkan zakat fitrah
§ Siswa dapat melafalkan niat menunaikan zakat fitrah
§ Siswa dapat menyerahkan zakat fitrah langsung kepada yang
berhak menerima
§
Berdiskusi
tentang hikmah zakat fitrah
D.
Materi
Pembelajaran
§
Praktek
menunaikan zakat fitrah
§
Hikmah zakat
fitrah
E.
Metode
Pembelajaran
§
Ceramah
§
Tanya jawab
§
Penugasan
F.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
§
Memulai dengan
salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§
Appersepsi,
mengajukan pertanyaan tentang zakat
§
Motivasi,
membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa untuk menguasai materi
tentang zakat.
§
Meminta siswa
menyiapkan buku teks Fiqih.
- Kegiatan Inti
§
Eksplorasi: Guru
meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang zakat.
§
Elaborasi: Siswa
mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang zakat
§
Konfirmasi: Guru
meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang zakat
§
Elaborasi: Guru
melakukan tanya jawab tentang zakat.
§
Elaborasi: Guru
menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema zakat
§
Elaborasi:
Meminta siswa untuk membaca dalil tentang zakat.
- Kegiatan Penutup
§
Guru memberikan
penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang zakat
§
Melontarkan
beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi zakat
§
Siswa menyalin
kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
G.
Alat/Sumber
Belajar
§
Kamus,
ensiklopedi islam, buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin
H.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§ Mensimulasikan tatacara mengeluarkan zakat maal
§ Mendemonstrasikan cara mengeluarkan zakat fitrah
§ Melafalkan niat menunaikan zakat maal
§ Melafalkan niat menunaikan zakat fitrah
§ Menyebutkan hikmah zakat fitrah
§
Menyebutkan
hikmah zakat maal
|
Performan
Tes
Tulis
|
Uraian
|
§ Jelaskan tatacara mengeluarkan zakat maal dan zakat
fitrah!
§ Sebutkan niat menunaikan zakat maal dan zakat fitrah!
§ Sebutkan hikmah zakat fitrah dan zakat maal!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru bidang
studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah :
Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran :
Fiqih
Kelas/Semester : IV / 1
Alokasi Waktu :
1 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
2. Mengenal ketentuan infaq dan
shodaqah
B.
Kompetensi Dasar
2.1 Menjelaskan ketentuan infaq dan
shadaqah
C.
Tujuan
Pembelajaran :
§ Mencari pengertian dan ketentuan infaq dari berbagai
sumber / media
§ Mencari pengertian dan ketentuan shodaqah dari berbagai
sumber / media
§
Berdiskusi
tentang perbedaan antara infaq dan shodaqah
D.
Materi
Pembelajaran
§
Infaq dan
shodaqoh
E.
Metode
Pembelajaran
§
Ceramah
§
Tanya jawab
§
Penugasan
F.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
§
Memulai dengan
salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§
Appersepsi,
mengajukan pertanyaan tentang infaq dan shodaqah
§
Motivasi,
membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa untuk menguasai materi
tentang infaq dan shodaqah.
§
Meminta siswa
menyiapkan buku teks Fiqih.
- Kegiatan Inti
§
Eksplorasi: Guru
meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang infaq dan shodaqah.
§
Elaborasi: Siswa
mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang infaq dan
shodaqah
§
Konfirmasi: Guru
meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang infaq dan
shodaqah
§
Elaborasi: Guru
melakukan tanya jawab tentang infaq dan shodaqah.
§
Elaborasi: Guru
menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema infaq
dan shodaqah
§
Elaborasi:
Meminta siswa untuk membaca dalil tentang infaq dan shodaqah.
- Kegiatan Penutup
§
Guru memberikan
penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang infaq dan shodaqah
§
Melontarkan
beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi infaq dan shodaqah
§
Siswa menyalin kesimpulan
dalam buku catatan masing-masing
G.
Alat/Sumber
Belajar
§
Kamus,
ensiklopedi islam, buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin
H.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§ Menyebutkan pengertian infaq
§ Menyebutkan hukum infaq
§ Menyebutkan pengertian shodaqah
§ Menyebutkan hukum shodaqoh
§
Membedakan
antara infaq dan shodaqah
|
Tes
Tulis
|
Uraian
|
§ Sebutkan pengertian infaq dan shodaqah!
§ Sebutkan hukum infaq dan shodaqah!
§ Jelaskan perbedaan antara infaq dan shodaqah!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru bidang
studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah :
Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran :
Fiqih
Kelas/Semester : IV / 1
Alokasi Waktu :
1 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
2. Mengenal ketentuan infaq dan
shodaqah
B.
Kompetensi Dasar
2.2 Mempraktekkan tata cara infaq
dan shadaqah
C.
Tujuan
Pembelajaran :
§ Pratek berinfaq sesuai dengan kemampuan, misalnya pada
hari jum’at
§ Praktek bershodaqah sesuai keadaan dan kemampuan misalnya
dengan senyum, menyingkirkan sesuatu yang menghalangi
§
Berdiskusi,
menyampaikan hikmah infaq dan shodaqah
D.
Materi
Pembelajaran
§
Praktik infaq dan
shodaqah
E.
Metode
Pembelajaran
§
Ceramah
§
Tanya jawab
§
Penugasan
F.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
§
Memulai dengan
salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§
Appersepsi,
mengajukan pertanyaan tentang infaq dan shodaqah
§
Motivasi,
membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa untuk menguasai materi
tentang infaq dan shodaqah.
§
Meminta siswa
menyiapkan buku teks Fiqih.
- Kegiatan Inti
§
Eksplorasi: Guru
meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang infaq dan shodaqah.
§
Elaborasi: Siswa
mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang infaq dan
shodaqah
§
Konfirmasi: Guru
meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang infaq dan
shodaqah
§
Elaborasi: Guru
melakukan tanya jawab tentang infaq dan shodaqah.
§
Elaborasi: Guru
menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema infaq
dan shodaqah
§
Elaborasi:
Meminta siswa untuk membaca dalil tentang infaq dan shodaqah.
- Kegiatan Penutup
§
Guru memberikan
penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang infaq dan shodaqah
§
Melontarkan
beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi infaq dan shodaqah
§
Siswa menyalin
kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
G.
Alat/Sumber
Belajar
§
Kamus,
ensiklopedi islam, buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin
H.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§ Mendemostrasikan cara berinfaq
§ Mendemonstrasikan cara bershodaqoh
§
Menyebutkan
hikmah berinfaq dan bershodaqah
|
Performan
Tes
Tulis
|
Uraian
|
§ Bagaimanakah cara berinfaq dan bershodaqoh!
§ Sebutkan hikmah berinfaq dan bershodaqah!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru bidang
studi Fiqih
..........................................
NIP.
|

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah :
Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran :
Fiqih
Kelas/Semester : IV / 2
Alokasi Waktu :
1 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
3. Mengenal ketentuan sholat id
B.
Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan tatacara sholat Id
C.
Tujuan
Pembelajaran :
§ Dengan membaca berbagai artikel siswa mencari pengertian
sholat id
§ Mendengarkan penje-lasan tentang macam-macam sholat id
§
Mencermati
penjelasan guru tentang waktu pelaksanaan sholat id
D.
Materi
Pembelajaran
§
Sholat idul fitri
dan idul adha
E.
Metode
Pembelajaran
§
Ceramah
§
Tanya jawab
§
Penugasan
F.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
§
Memulai dengan
salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§
Appersepsi,
mengajukan pertanyaan tentang sholat id
§
Motivasi,
membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa untuk menguasai materi
tentang sholat id.
§
Meminta siswa
menyiapkan buku teks Fiqih.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi: Guru
meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang sholat id.
§
Elaborasi: Siswa
mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang sholat id
§
Konfirmasi: Guru
meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang sholat id
§
Elaborasi: Guru
melakukan tanya jawab tentang sholat id.
§
Elaborasi: Guru
menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema sholat
id
§
Elaborasi:
Meminta siswa untuk membaca dalil tentang sholat id.
- Kegiatan Penutup
§
Guru memberikan
penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang sholat id
§
Melontarkan
beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi sholat id
§
Siswa menyalin
kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
G.
Alat/Sumber
Belajar
§
Kamus,
ensiklopedi islam, buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin
H.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§ Menyebutkan pengertian sholat idul fitri dan idul adha
§ Menyebutkan hukum shalat idain
§
Menyebutkan
waktu pelaksanaan sholat idul fitri dan shalat idul adha
|
Tes
Tulis
|
Uraian
|
§ Jelaskan pengertian pengertian sholat idul fitri dan
idul adha!
§ Sebutkan hukum shalat idain!
§ Sebutkan waktu pelaksanaan sholat idul fitri dan shalat
idul adha!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru bidang
studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah :
Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran :
Fiqih
Kelas/Semester : IV / 2
Alokasi Waktu :
1 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
3. Mengenal ketentuan sholat id
B.
Kompetensi Dasar
3.2 Mendemonstrasikan tatacara
shalat idul fitri dan idul adha
C.
Tujuan
Pembelajaran :
§
Melihat tayangan
VCD tentang pelaksanaan sholat id
D.
Materi
Pembelajaran
§
Cara shalat idul
fitrih dan idul adha
E.
Metode
Pembelajaran
§
Ceramah
§
Tanya jawab
§
Penugasan
F.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
§
Memulai dengan
salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§
Appersepsi,
mengajukan pertanyaan tentang sholat id
§
Motivasi,
membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa untuk menguasai materi
tentang sholat id.
§
Meminta siswa
menyiapkan buku teks Fiqih.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi: Guru
meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang sholat id.
§
Elaborasi: Siswa
mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang sholat id
§
Konfirmasi: Guru
meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang sholat id
§
Elaborasi: Guru
melakukan tanya jawab tentang sholat id.
§
Elaborasi: Guru
menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema sholat
id
§
Elaborasi: Meminta
siswa untuk membaca dalil tentang sholat id.
- Kegiatan Penutup
§
Guru memberikan
penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang sholat id
§
Melontarkan
beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi sholat id
§
Siswa menyalin
kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
G.
Alat/Sumber
Belajar
§
Kamus,
ensiklopedi islam, buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin
H.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§
Memperagakan
sholat idul fitri dan idul adha
|
Perforaman
|
Uraian
|
§ Bagaimanakah sholat idul fitri dan idul adha?
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru bidang
studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
No comments:
Post a Comment