Search This Blog

Sunday, 27 November 2016

RPP KELAS 5 SEMESTER 2 K13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
Mata Pelajaran                         :      Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester                      :      V / II
Waktu                                     :      15 Jam Pelajaran
Pertemuan                               :      1, 2, 3, 4, 5
                                       Pelaksanaan                         :

Standar Kompetensi

2.            Menghargai peran tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonasia

Kompetensi Dasar

2.1    Mendiskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang

 

Indikator

1.            Menceritakan tokoh perjuangan pada masa penjajahan Belanda

2.            Mendeskripsikan penderitaan rakyat Indonesia pada masa penjajahan Belanda
3.            Menceritakan tokoh perjuangan pada masa penjajahan Jepang
4.            Mendeskripsikan penderitaan rakyat Indonesia pada masa penjajahan Jepang
PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
Religius: Senang bergaul dengan teman sekelas dan satu sekolah dengan berbagai perbedaan yang telah diciptakan-Nya.
Hidup rukun: Bersedia duduk sebangku dengan teman sekelas yang mana saja
Bersahabat/komunikatif: Bekerja sama dalam kelompok di kelas
Rasa ingin tahu: mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan fungsi anggota tubuh  dan perawatan nya
Menghargai prestasi: Memberikan penghargaan kepada teman yang berprestasi

I.             Tujuan Pembelajaran

1.      Melalui penjelasan guru dan diskusi, siswa dapat menceritakan tokoh perjuangan pada masa penjajahan Belanda

2.      Melalui penjelasan guru dan diskusi, siswa dapat mendeskripsikan penderitaan rakyat Indonesia pada masa penjajahan Belanda
3.      Melalui penjelasan guru dan diskusi, siswa dapat menceritakan tokoh perjuangan pada masa penjajahan Jepang
4.      Melalui penjelasan guru dan diskusi, siswa dapat mendeskripsikan penderitaan rakyat Indonesia pada masa penjajahan Jepang

II.          Materi Pokok

1.      Perjuangan pada masa penjajahan Belanda
2.      Perjuangan pada masa penjajahan Jepang

III.       Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab, diskusi, tugas

IV.        Langkah – Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
A.     Kegiatan Awal
Pengkondisian kelas
Absensi kelas
Apersepsi: (eksplorasi)
      Bagaimana kondisi bangsa kita sebelum merdeka?
      Bangsa mana saja yang pernah menjajah negara kita ?
B.     Kegiatan Inti
1.      Siawa mengkaji materi tentang tokoh perjuangan pada masa penjajahan Belanda (elaborasi)
2.      Secara berkelompok yang berperspektif gender, siswa mengerjakan tugas dari guru mendiskusikan tokoh sejarah di daerahnya (elaborasi)
3.      Melaporkan tugas dari guru (elaborasi)
4.      Presentasi hasil tugas secara acak (konfirmasi)
5.      Guru memberi penguatan materi (konfirmasi)
C.     Kegiatan Akhir
1.      Menyusun dan mencatat simpulan materi
2.      Guru menutup pelajaran

Pertemuan 2
A.      Kegiatan Awal
Pengkondisian kelas
Absensi kelas
Apersepsi: Apa nama kerja paksa pada jaman Belanda? (eksplorasi)
B.       Kegiatan Inti
1.      Siswa mengkaji buku untuk memperoleh informasi tentang perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda (eksplorasi)
2.      Secara berkelompok yang berperspektif gender, siswa membuat catatan kegiatan pertama (elaborasi)
3.      Membacakan hasil catatan secara acak (elaborasi)
4.      Guru dan siswa menyusun simpulan materi (konfirmasi)
5.      Guru memberi penguatan materi (konfirmasi)
C.       Kegiatan Akhir
1.      Mencatat materi pelajaran
2.      Pemberian PR

Pertemuan 3
A.     Kegiatan Awal
Pengkondisian kelas
Absensi kelas
Apersepsi: Siapa tokoh Indonesia yang berjuang melawan Belanda? (eksplorasi)
B.     Kegiatan Inti
1.         Siswa mengkaji buku untuk memperoleh informasi tentang penderitaan rakyat Indonesia pada masa penjajahan Jepang (eksplorasi)
2.         Secara berkelompok yang berperspektif gender, siswa mengerjakan tugas dari guru  (elaborasi)
3.         Melaporkan tugas dari guru (elaborasi)
4.         Presentasi hasil tugas secara acak (konfirmasi)
5.         Guru memberi penguatan materi (konfirmasi)
C.     Kegiatan Akhir
1.     Menyusun dan mencatat simpulan materi (konfirmasi)
2.     Guru menutup pelajaran

Pertemuan 4
A.     Kegiatan Awal
Pengkondisian kelas
Absensi kelas
Apersepsi: Apa nama kerja paksa pada jaman Jepang? (eksplorasi)
B.     Kegiatan Inti
1.         Mendengarkan cerita sejarah untuk memperoleh informasi tentang perjuangan para tokoh  pejuang pada masa penjajahan Jepang (elaborasi)
2.         Secara berkelompok yang berperspektif gender, siswa membuat catatan hasil kegiatan pertama (elaborasi)
3.         Guru memberi penguatan Diskusi kelas (elaborasi)
4.         Guru memberi umpan balik materi (elaborasi)
5.         Menyusun simpulan (konfirmasi)
C.     Kegiatan Akhir
1.      Mencatat simpulan materi
2.      Pemberian tugas rumah
3.      Guru menutup pelajaran

Pertemuan 5
A.     Kegiatan Awal
Pengkondisian kelas
Absensi kelas
Apersepsi: Siapa saja tokoh Indonesia yang berjuang melawan Jepang? (eksplorasi)
B.     Kegiatan Inti
1.      Siswa mengkaji materi tentang penderitaan rakyat Indonesia pada masa penjajahan Jepang (elaborasi)
2.      Menyusun resum hasil bacaan (elaborasi)
3.      Membacakan hasil resum secara dipilih oleh guru (elaborasi)
4.      Siswa memberikan komentar (konfirmasi)
C.     Kegiatan Akhir
1.      Menyimpulkan materi (konfirmasi)
2.      Melakukan refleksi
3.      Guru menutup pelajaran

V.           Sumber
Endang Susilaningsih, dkk. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas V, Depdiknas (2008) bse, kaset, tape recorder, gambar

VI.        Penilaian
Prosedur : Pre Tes dan Post Tes
Jenis tes  : Tes Tertulis, Lisan, dan Unjuk Kerja


Mengetahui,
Kepala Sekolah



....................................................
    NIP. ...................................................
......................, ………………………..
Guru Kelas V



....................................................
               NIP. ...................................................












































Soal Evaluasi
Pertemuan 1
Tes Tulis
1.      Perlawanan rakyat Minangkabau terhadap Belanda di pimpin oleh…
2.      Perang Diponegoro berkobar dari tahun 1825 sampai…
3.      Patimura adalah tokoh perlawanan terhadap Belanda di daerah…
4.      Tokoh pejuang wanita dari daerah Maluku adalah…

Pertemuan 2
Tes Uraian
1.      Di daerah Banjar terjadi perlawanan terhadap Belanda yang dipimpin oleh….
2.      Tokoh pejuang wanita dari Bumi Serambi Mekah adalah….
3.      Gusti Jelantik mengadakan perlawanan terhadap Belanda di daerah….
4.      Sisingamangaraja XII adalah tokoh perlawanan terhadap Belanda dari daerah….

Pertemuan 3
Tes Uraian
1.      Apa yang kamu ketahui tentang rodi ?
2.      Sebutkan 3 contoh bentuk penderitaan rakyat Indonesia pada masa penjajahan Belanda !

Pertemuan 4
Tes Tulis
1.      Perlawanan rakyat Singaparna terhadap Belanda dipimpin oleh….
2.      Pemimpin Putera adalah….
3.      Pemimpin Putera sering disebut….


Pertemuan 5
Tes Tulis
1.      Mengapa pada masa penjajahan Jepang rakyat Indonesia menderita kelaparan ?
2.      Berikan 3 contoh penderitaan rakyat Indonesia pada masa penjajahan Jepang !

Unjuk Kerja ( Proses )
Ceritakan perjuangan Ir. Soekarno pada masa penjajahan Jepang !
No
Nama Anak
Unsur Penilaian
Isi
Keruntutan
………………
1




2




3




4




dst






No comments:

Post a Comment