RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : V / II
Waktu : 15 Jam Pelajaran
Pertemuan : 1, 2, 3, 4, 5
Pelaksanaan :
Standar Kompetensi
2.
Menghargai peran tokoh pejuang
dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonasia
Kompetensi
Dasar
2.1 Mendiskripsikan perjuangan
para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang
Indikator
1.
Menceritakan
tokoh perjuangan pada masa penjajahan Belanda
2.
Mendeskripsikan penderitaan
rakyat Indonesia pada masa penjajahan Belanda
3.
Menceritakan tokoh perjuangan
pada masa penjajahan Jepang
4.
Mendeskripsikan penderitaan
rakyat Indonesia pada masa penjajahan Jepang
PENDIDIKAN BUDAYA DAN
KARAKTER BANGSA
Religius: Senang bergaul dengan teman sekelas dan satu sekolah
dengan berbagai perbedaan yang telah diciptakan-Nya.
Hidup rukun: Bersedia duduk sebangku
dengan teman sekelas yang mana saja
Bersahabat/komunikatif: Bekerja sama dalam kelompok di
kelas
Rasa ingin tahu: mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan
fungsi anggota tubuh dan perawatan nya
Menghargai prestasi: Memberikan penghargaan
kepada teman yang berprestasi
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui penjelasan guru dan diskusi, siswa dapat menceritakan
tokoh perjuangan pada masa penjajahan Belanda
2. Melalui
penjelasan guru dan diskusi, siswa dapat mendeskripsikan
penderitaan rakyat Indonesia pada masa penjajahan Belanda
3. Melalui
penjelasan guru dan diskusi, siswa dapat menceritakan tokoh
perjuangan pada masa penjajahan Jepang
4. Melalui
penjelasan guru dan diskusi, siswa dapat mendeskripsikan
penderitaan rakyat Indonesia pada masa penjajahan Jepang
II.
Materi Pokok
1.
Perjuangan pada masa penjajahan Belanda
2.
Perjuangan pada masa penjajahan Jepang
III.
Metode Pembelajaran
Ceramah,
Tanya jawab, diskusi, tugas
IV.
Langkah – Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
A. Kegiatan Awal
Pengkondisian kelas
Absensi kelas
Apersepsi: (eksplorasi)
−
Bagaimana kondisi bangsa kita
sebelum merdeka?
−
Bangsa mana saja yang pernah
menjajah negara kita ?
B. Kegiatan Inti
1.
Siawa mengkaji materi tentang tokoh perjuangan
pada masa penjajahan Belanda (elaborasi)
2.
Secara berkelompok
yang berperspektif gender, siswa mengerjakan tugas dari guru mendiskusikan tokoh
sejarah di daerahnya (elaborasi)
3.
Melaporkan tugas dari guru (elaborasi)
4. Presentasi hasil tugas secara
acak (konfirmasi)
5.
Guru memberi penguatan materi
(konfirmasi)
C. Kegiatan Akhir
1. Menyusun dan mencatat simpulan
materi
2. Guru menutup pelajaran
Pertemuan 2
A. Kegiatan Awal
Pengkondisian kelas
Absensi kelas
Apersepsi: Apa nama kerja paksa pada jaman
Belanda? (eksplorasi)
B. Kegiatan Inti
1.
Siswa mengkaji buku untuk memperoleh
informasi tentang perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda (eksplorasi)
2.
Secara berkelompok
yang berperspektif gender, siswa membuat catatan kegiatan pertama (elaborasi)
3. Membacakan hasil catatan secara
acak (elaborasi)
4.
Guru dan siswa menyusun simpulan
materi
(konfirmasi)
5.
Guru memberi penguatan materi
(konfirmasi)
C. Kegiatan Akhir
1. Mencatat materi pelajaran
2. Pemberian PR
Pertemuan 3
A. Kegiatan Awal
Pengkondisian kelas
Absensi kelas
Apersepsi: Siapa tokoh Indonesia yang
berjuang melawan Belanda? (eksplorasi)
B. Kegiatan Inti
1.
Siswa mengkaji buku untuk memperoleh
informasi tentang penderitaan rakyat Indonesia pada masa penjajahan Jepang (eksplorasi)
2.
Secara berkelompok
yang berperspektif gender, siswa mengerjakan tugas dari guru (elaborasi)
3.
Melaporkan tugas dari guru (elaborasi)
4.
Presentasi hasil tugas secara acak (konfirmasi)
5.
Guru memberi penguatan materi
(konfirmasi)
C. Kegiatan Akhir
1. Menyusun
dan mencatat simpulan materi (konfirmasi)
2. Guru menutup pelajaran
Pertemuan 4
A. Kegiatan Awal
Pengkondisian kelas
Absensi kelas
Apersepsi: Apa nama kerja paksa pada jaman
Jepang? (eksplorasi)
B. Kegiatan Inti
1.
Mendengarkan cerita sejarah untuk
memperoleh informasi tentang perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang (elaborasi)
2.
Secara berkelompok
yang berperspektif gender, siswa membuat catatan hasil kegiatan
pertama
(elaborasi)
3.
Guru memberi penguatan Diskusi kelas (elaborasi)
4.
Guru memberi umpan balik materi
(elaborasi)
5.
Menyusun simpulan (konfirmasi)
C. Kegiatan Akhir
1. Mencatat simpulan materi
2. Pemberian tugas rumah
3. Guru menutup pelajaran
Pertemuan 5
A. Kegiatan Awal
Pengkondisian kelas
Absensi kelas
Apersepsi: Siapa saja tokoh Indonesia yang
berjuang melawan Jepang? (eksplorasi)
B. Kegiatan Inti
1.
Siswa mengkaji materi tentang penderitaan
rakyat Indonesia pada masa penjajahan Jepang (elaborasi)
2. Menyusun resum hasil bacaan (elaborasi)
3. Membacakan hasil resum secara
dipilih oleh guru (elaborasi)
4. Siswa memberikan komentar (konfirmasi)
C. Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan
materi (konfirmasi)
2. Melakukan
refleksi
3. Guru menutup pelajaran
V.
Sumber
Endang
Susilaningsih, dkk. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas
V, Depdiknas (2008) bse, kaset, tape recorder, gambar
VI.
Penilaian
Prosedur : Pre Tes dan Post Tes
Jenis tes : Tes Tertulis, Lisan, dan Unjuk Kerja
Mengetahui,
Kepala Sekolah
....................................................
NIP. ...................................................
|
......................, ………………………..
Guru Kelas V
....................................................
NIP. ...................................................
|
Soal Evaluasi
Pertemuan 1
Tes Tulis
1.
Perlawanan rakyat Minangkabau
terhadap Belanda di pimpin oleh…
2.
Perang Diponegoro berkobar dari
tahun 1825 sampai…
3.
Patimura adalah tokoh perlawanan
terhadap Belanda di daerah…
4.
Tokoh pejuang wanita dari daerah
Maluku adalah…
Pertemuan 2
Tes Uraian
1.
Di daerah Banjar terjadi perlawanan
terhadap Belanda yang dipimpin oleh….
2.
Tokoh pejuang wanita dari Bumi
Serambi Mekah adalah….
3.
Gusti Jelantik mengadakan
perlawanan terhadap Belanda di daerah….
4.
Sisingamangaraja XII adalah tokoh
perlawanan terhadap Belanda dari daerah….
Pertemuan 3
Tes Uraian
1.
Apa yang kamu ketahui tentang
rodi ?
2.
Sebutkan 3 contoh bentuk
penderitaan rakyat Indonesia pada masa penjajahan Belanda !
Pertemuan 4
Tes Tulis
1.
Perlawanan rakyat Singaparna
terhadap Belanda dipimpin oleh….
2. Pemimpin Putera adalah….
3. Pemimpin Putera sering disebut….
Pertemuan 5
Tes Tulis
1.
Mengapa pada masa penjajahan
Jepang rakyat Indonesia menderita kelaparan ?
2.
Berikan 3 contoh penderitaan
rakyat Indonesia pada masa penjajahan Jepang !
Unjuk Kerja ( Proses )
Ceritakan perjuangan Ir. Soekarno
pada masa penjajahan Jepang !
No
|
Nama Anak
|
Unsur Penilaian
|
||
Isi
|
Keruntutan
|
………………
|
||
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
dst
|
No comments:
Post a Comment